Translate

Jual foto di shutterstock


Sekarang ini ada banyak sekali situs dan aplikasi untuk Anda menjual stok foto Anda di dunia maya, salah satunya shutterstock. 

Shutterstock adalah situs dan aplikasi jual beli foto online yang ditawarkan dalam mata uang dollar. 

satu foto di Shutterstock, sepengalaman saya dihargai US $ 0,1- 0,4, harga bervariasi tergantung ukuran dan kualitas foto. 

Meskipun dihargai sangat murah, bisa dibilang Shutterstock lah yang paling mudah laku jika dibandingkan microstock lainnya. 

A. Berjualan foto di shutterstock

Lantas, Bagaimana cara berjualan foto di Shutterstock? D

  • Download aplikasi Shutterstock contributor di play store atau apple Store. 
  • Buat akun sebagai contributor foto, biasanya disini Anda akan melalui proses seleksi terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar bisa menjadi kontributor Shutterstock. Anda akan diminta mengirimkan beberapa foto yang nantinya akan di review oleh Shutterstock. 
  • Setelah Anda berhasil melalui tahapan ini, maka Anda siap untuk menjadi kontributor Shutterstock. 

B. Cara upload foto di shutterstock

Setelah Anda berhasil menjadi kontributor Shutterstock, maka Anda harus tahu bagaimana cara mengupload foto di Shutterstock, caranya begini:

  • Pilih foto yang Anda ingin upload, syarat fotonya harus minimal 4mb dengan resolusi besar. 
  • Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih, pertama editorial (foto hanya bisa digunakan untuk keperluan berita) kemudian pilihan kedua adalah bebas royalti (artinya foto Anda bisa digunakan untuk kebutuhan apapun). 
  • Bagaimana menentukan foto editorial atau free royalti? Caranya adalah dengan Anda menilai Apakah di foto Anda terdapat orang atau property yang memerlukan model atau property release. Jika Anda memiliki semua release tersebut, tak masalah Anda masukkan foto Anda di kategori free royalty, namun jika Anda tidak memiliki release dan kekeuh tetap ingin memasukkan foto tersebut, saran saya masukkan ke kategori editorial saja. 
  • Untuk kategori editorial photo, maka Anda harus mengisi kolom informasi sedetail mungkin yang menceritakan tentang foto Anda sesuai prinsip berita 5W 1H dalam bahasa Inggris, jika tidak maka foto Anda akan ditolak oleh Shutterstock. 
  • Saya pribadi lebih suka mengambil kategori bebas royalti dan foto yang saya upload di shutter adalah foto yang memang benar-benar tidak ada orang nya sama sekali. Saya bisa saja memasukkan foto yang ada orang nya dan membuat model release palsu, tapi saya merasa berdosa jika saya mendapatkan uang dari kebohongan yang saya buat 🤣
  • Jangan lupa mengisikan tag pada foto Anda, semakin banyak tag akan semakin baik. Biasanya aplikasi Shutterstock contributor sudah menyediakan tag rekomendasi untuk foto Anda. Silahkan masukkan semua rekomendasi nya ditambah Anda menambahkan sendiri tag di foto Anda yang dirasa sesuai dengan foto tersebut. 
  • Setelahnya pilih juga kategori foto Anda, Apakah nature, abstract, art dan banyak lagi kategori lainnya. Ingat Anda hanya bisa memilih maksimal dia kategori saja. 
  • Setelah semuanya dirasa lengkap, tinggal upload deh, nanti pihak shutter akan melakukan review pada foto Anda. Jika statusnya "approve" artinya foto Anda sudah berhasil masuk dalam foto yang dijual di Shutterstock. Namun jika statusnya "not approved" itu berarti foto Anda ditolak. 

C. Tips foto cepat laku


Nah, ini yang paling banyak dicari orang, tips agar foto cepat laku di Shutterstock. Tips nya mudah saja, Anda download aplikasi shutterstock, kemudian Anda lihat di kolom trending, silahkan ikuti trending yang ada jika Anda ingin foto-foto Anda cepat laku. 

D. Harga foto

Seperti yang sudah saya singgung diatas, price list nya sangat lah murah, hanya berkisar 0,x dollar. Tapi Mengapa orang banyak berjualan di sini? Jawabnya adalah karena mudah nya foto untuk laku jika dibandingkan microstock lainnya. 

Jadi pilih mana? Pilih yang satu nya dihargai mahal tapi laku nya payah, atau pilih yang murah meriah tapi cepat laku, semua itu saya serahkan kepada Anda. 


Saya rasa sekian dulu tulisan saya kali ini, perlu diketahui bahwa shutterstock tidak hanya menjual foto, namun juga vector dan video, saranku bagi Anda yang sekarang ngaku nya masih sebagai fotografer, berhenti lah untuk idealis, jadilah juga videografer, ikuti kemauan pasar jika Anda ingin tetap bertahan, video itu lebih disukai pasar daripada foto serta dihargai lebih mahal.

Jadi kalo hunting foto, jangan cuma hunting foto doang, hunting lah juga video. Ambil footage-footage menarik sekitar beberapa detik. Spoiler sedikit, satu video itu kalo laku bisa sampe US $ 100 loh, wkwkwkk... 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jual foto di shutterstock"