Translate

Jualan foto di eyeem

Jualan foto di eyeem
Eyeem
Jualan foto sudah menjadi tren saat ini, daripada stok foto Anda hanya disimpan di hp atau harddisk Anda, tidak ada salah nya foto-foto tersebut dijual saja di situs/aplikasi microstock seperti eyeem.

Eyeem adalah aplikasi jualan foto dari jerman yang juga berafiliasi dengan getty images, alamy dan beberapa situs macrostock lainnya. Tahukah Anda satu foto di getty images itu dihargai US $ 500 untuk ukuran terbesar. Bayangkan saja jika Anda berhasil menjual satu foto saja satu bulan, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sebulan.

Namun untuk masuk di getty images bukanlah perkara mudah, foto-foto terseleksi di eyeem saja lah yang akan eyeem jadikan "selected for partner" di getty images.

Lantas, Bagaimana cara berjualan foto di eyeem:

1. Siapkan foto Anda

Foto yang dapat dijual di eyeem tidaklah harus foto yang diambil menggunakan kamera. Jika Anda merasa kualitas foto dari hp Anda sudah mumpuni, saya rasa menggunakan hp saja cukup.

Dan tahukah Anda, hampir seluruh foto hasil jepretan hp jaman sekarang tidak ada lagi kualitas nya yang buruk. Selama Anda memotret di situasi cukup cahaya dan subjek yang Anda foto bukan lah benda yang bergerak cepat, saya rasa tidak ada masalah memotret menggunakan hp.

Foto yang akan diterima eyeem harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • Kualitas foto bagus
  • Usahakan tidak ada orang atau property yang sekira nya memerlukan property/model release
  • Foto harus fokus
  • Tidak perlu di edit berlebihan, bahkan fotoku yang masuk eyeem kebanyakan tidak ku edit

2. Download aplikasi eyeem di playstore/applestore

Aplikasi eyeem tersedia dj playstore, silahkan klik link download eyeem untuk langsung menuju playstore.

3. Upload foto

Setelah mendownload aplikasi eyeem dan membuat akun di eyeem, berarti saat nya Anda meng-upload foto Anda di eyeem. Cara upload foto di eyeem:
  • Klik gambar kamera dibagian kanan bawah aplikasi eyeem
  • Pilih foto yang Anda ingin upload
  • Masukkan judul foto, pakai bahasa inggris ya!
  • Masukkan tag, tag ini sangat penting. Tag berfungsi agar orang lain dapat menemukan foto Anda dengan tag yang dipasang. Tag ini layaknya tag pada instagram
  • Masukkan seluruh suggest tag yang dipilihkan eyeem. Ketika Anda meng upload sebuah foto, eyeem akan secara otomatis mencarikan tag untuk foto tersebut, silahkan masukkan seluruh tag yang sudah diberikan eyeem.
  • Setelah itu upload, dan selesai

4. Memasukkan model/property release

Jika foto yang Anda upload mengandung unsur orang atau benda yang menurut eyeem merupakan kepemilikan seseorang atau benda yang membuat eyeem dapat dituntut jika itu dimuat tanpa izin, maka beberapa hari setelah foto diupload, Anda akan diminta memasukkan model/property release.

Silahkan klik tombol lonceng pada aplikasi eyeem yang merupakan tombol pemberitahuan dari eyeem atau Anda bisa mengklik bacaan "on market" pada foto Anda dan lihat Apakah ada permintaan untuk mengisi model/property release. Jika ada silahkan isikan release nya.

Lalu, Apa yang terjadi jika foto yang diminta eyeem untuk diisi release, tapi tidak Anda isi? Jawabannya foto tersebut tetap bisa dijual selama status foto tersebut "on market", hanya saja statusnya editorial, bukan royalty free. 

Foto editorial hanya bisa digunakan untuk keperluan berita dan sebagainya, sementara foto royalty free dapat digunakan untuk apa saja, misal untuk keperluan iklan dan sebagainya.

5. Harga foto

Jualan foto
Hasil penjualan foto hari ini
Harga foto di eyeem bervariasi dan kebanyakan dijual per paket. Terdapat dua jenis paket harga di eyeem, yaitu:

Essential

Harga paket tersebut adalah 29 euro per foto, 26 euro untuk 5 foto dan 23 euro untuk 10 foto

Premium

Harga paket premium lebih mahal daripada paket essential. Satu foto di paket ini dihargai 199 euro. Fantastis bukan!

Partner

Foto yang masuk dalam kategori "partner" adalah foto yang masuk juga di situs jual beli foto macrostock seperti getty images. Satu foto ukuran terbesar di getty images dihargai US $ 500.

Lantas, berapa yang akan Anda dapat dengan berjualan foto di eyeem, jawabnya adalah 50% dari harga penjualan setelah dikurangai dengan pajak.

6. Membuat akun paypal

Untuk mencairkan uang hasil penjualan foto di eyeem, Anda memerlukan paypal. Silahkan baca tulisan "cara membuat paypal" untuk mengetahui nya

Saya rasa sekian dulu pembahasan mengenai jualan foto di eyeem, jika masih ada pertanyaan kunjungi FAQ eyeem


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jualan foto di eyeem"

BleSky said...

Permisi kak izin bertanya. Saya sudah mengupload beberapa foto di eyeem tapi hanya beberapa detik di under review kemuadian saya scrol ulang fotonya langsung not selected for market itu kenapa ya?

buayajalan.com said...

Itu karena kualitas fotonya tidak memenuhi syarat eyeem, coba baca syarat2 eyeem