Translate

Cek sudah bayar pajak kendaraan atau belum

Cek sudah bayar pajak kendaraan atau belum
Kali ini saya akan share Bagaimana cara mengecek Apakah kita sudah bayar pajak kendaraan atau belum? Lantas, ada yang bertanya, "Lah, kalo kita sudah bayar di samsat ya pasti sudah bayar dong!", "Ya memang benar, namun ada beberapa situasi Mengapa kita tetap harus mengecek kebenaran Apakah kita sudah bayar pajak kendaraan apa belum, misalkan:

  • Saat ingin membeli mobil bekas
  • Saat keseringan minta tolong orang alias pake calo untuk bayar pajak motor/mobil.
Jadi begini, saya berencana membeli mobil bekas, saya sudah coba mencari di situs jual beli barang bekas, sudah datang ke showroom-showroom dan akhirnya memutuskan tidak membeli nya di showroom melainkan langsung membeli kepada orang empunya mobil langsung yang saya dapatkan dari situs jual beli mobil bekas.

Mengapa saya ambil langkah ini? Jawabannya simpel saja, saya ingin mendapatkan harga lebih murah daripada harga showroom. Orang yang berjualan mobil di showroom sudah barang tentu juga membeli mobil jualan mereka dari orang yang menjual mobil mereka.

Disini saya mengambil jalan tengah, kata si empunya mobil, jika saya jual ke showroom yang notabene mobil saya untuk dijual lagi, mereka mematok harga terlalu murah, karena mereka juga ingin menjual lagi mobil yang mereka beli.

Lalu, Bagaimana dengan membeli di showroom, saya pasti dapat harga yang lebih mahal daripada harga pasaran yang dijual oleh orang pribadi si pemilik mobil langsung. 

Jadi saya memutuskan membeli langsung ke orang pribadi yang berniat menjual mobil mereka, sehingga saya memutus satu mata rantai pemasaran.

Nah, tapi disini sering terjadi masalah. Kita harus benar-benar memastikan keabsahan surat-surat dari si pemilik mobil serta harus pandai melihat kondisi mobil.

Ketika saya melihat kondisi mobil, meskipun saya kurang terlalu paham soal mobil, berhubung saya sudah banyak mencari ke showroom, sedikit banyak saya paham kondisi mobil, karena sudah ada perbandingan.

Tapi ketika melihat STNK mobil, disini saya mulai curiga. Pajak mobil tertera sudah dibayar, dengan bukti adanya bukti pembayaran. Namun, yang aneh adalah "Mengapa pada lembar STNK tidak diberi cap". 

Sepengetahuan ku, setiap kali selesai membayar pajak kendaraan, entah itu mobil atau motor, selain lembar bukti pembayaran pajak pada STNK yang diperbaharui, lembar STNK itu sendiri akan di cap oleh petugas. 

Namun Mengapa STNK mobil ini tidak di cap ya? Serta bukti pembayaran pajak nya juga tertera di kota berbeda untuk tahun pajak terakhir nya, meskipun masih dalam provinsi yang sama.

Setelah aku googling, ternyata memang bisa membayar pajak kendaraan di kota berbeda dengan kota plat nomor polisi itu diterbitkan, asal masih dalam provinsi yang sama.

Karena aku penasaran akhirnya aku pergi ke Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Cek pajak kendaraan di samsat

Tiba di samsat, aku diarahkan ke helpdesk. Setiba nya di helpdesk, aku utarakan keperluan ku. 

Ternyata, si mbak hanya perlu plat nomor polisi nya saja, setelah aku sebutkan, ternyata mobil tersebut benar sudah bayar pajak.

Ternyata semudah itu mengecek kebenaran Apakah mobil atau motor Anda sudah bayar pajak atau belum di samsat.

Pikirku, mungkin saja ketika dulu si empunya mobil bayar pajak mobilnya, si petugas lupa memberikan cap pada STNK nya atu bisa jadi dulu bayar pajaknya pake calo, hhhe...

Karena aku sudah puas dengan jawaban petugas samsat, akhirnya aku memutuskan untuk jadi membeli mobil orang tersebut.

Bukan tanpa alasan, harga nya lebih murah daripada harga showroom dan juga si penjual juga untung, karena katanya jika dia jual ke showroom mobilnya ditawar lebih murah.

Selain itu, kondisi mobilnya juga sangat bagus, jarang dibawa hingga berdebu dan ban nya sudah kempes, maklum saja, orang tersebut punya banyak mobil di rumah nya. Dia katakan jika mobil ini sesekali dipakai sang istri hanya untuk beli sayur ke pasar.

Ketika itu jiwa misqueen ku meronta-meronta mendengar perkataan si Bapak, wkwkwk..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cek sudah bayar pajak kendaraan atau belum"