pengalaman perpanjang SIM melalui mobil SIM keliling di Palembang


Kali ini saya akan sharing pengalaman perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) di layanan mobil SIM keliling yang ada di Kota Palembang. Perpanjang SIM melalui layanan mobil SIM keliling yang diadakan Ditlantas POLRI ini sangat memudahkan kita dalam memperpanjang SIM tanpa perlu berlama-lama antre di polrestabes Jakabaring.

Lokasi mobil SIM keliling Palembang

Sebelum kita membahas Bagaimana cara memperpanjang SIM ini, kita bahas dulu dimana saja mobil SIM keliling ini berada di Kota Palembang. Beberapa lokasi yang saya tahu dan terkonfirmasi untuk saat ini adalah:

1. Pujasera Veteran

Jika dahulu lokasi mobil SIM keliling berada di Celentang (depan hotel Sintesa Peninsula) atau di Lemabang, di tahun 2022 ini mobil SIM keliling pindah ke Pujasera Veteran, atau tepatnya didalam Pujasera Veteran.

Awalnya aku tidak percaya bahwa mobil ini berada didalam Pujasera Veteran, namun setelah bertanya-tanya ke beberapa orang, ternyata benar mobil ini buka gerai pelayanan perpanjangan SIM A dan C didalam Pujasera.

Silahkan datang mulai pukul 08.00 pagi, lebih pagi lebih baik agar tidak kehabisan formulir atau mengantre lama sepertiku dari 09.30 hingga 12.00, bukan apa-apa, lokasinya outdoor, jadi jika Anda datang kesiangan, selain lebih lama dilayani, juga lokasi akan semakin panas.

Jam buka Layanan Mobil SIM keliling Pujasera Veteran ini adalah 08.00 - 12.00, lalu mulai kembali 13.30 - 15.00.

2. Seberang TVRI Sumsel

Untuk lokasi yang satu ini saya rasa hampir semua warga palembang yang sering lewat depan PS tahu, sebab mobil pelayanan SIM keliling ini meman terpampang nyata di pinggir Jl POM IX.

Layanan SIM keliling TVRI ini lebih ramai lagi dari yang saya sebutkan sebelumnya, jika Anda datang pukul 09.00, bisa jadi formulir sudah habis, jadi datanglah lebih pagi, kalau perlu mobilnya belum tiba di lokasi Anda sudah disana, wkwkwk..

Lokasinya berada di Taman seberang TVRI Sumsel. Lokasinya lebih panas daripada yang di Pujasera Veteran, namun disini banyak penjual makanan.

3. Polda Sumsel

Mobil layanan SIM Keliling ini juga membuka gerai didalam Polda Sumsel. Lokasi persisnya dimananya polda Sumsel aku kurang paham. Namun dari cerita orang-orang yang akhirnya di oper ke Pujasera Veteran, layanan SIM keliling di Polda Sumsel ini juga sangat ramai, jadi jangan lupa untuk datang lebih pagi.

4. Mall Pelayanan Publik (MPP) Jakabaring

Pernah mendengar Mall Pelayanan Publik (MPP) Jakabaring? Kalau belum, silahkan datang kesana. Ada banyak layanan pengurusan perizinan ataupun berbagai hal yang berkaitan dengan pemerintahan tersedia disana, termasuk Layanan Pengurusan Perpanjangan SIM.

Perlu pembaca budiman sekalian ketahui bahwa SIM itu pengurusannya didapuk oleh Ditlantas POLRI, jadi bukan di Samsat ya, Samsat itu Singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap yang tugas utamanya adalah Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor.

Mengapa saya katakan demikian? Agar kalian tidak salah pergi ke loket pelayanan saat Anda tiba di Mall Pelayanan Publik.

Cara memperpanjang SIM

Cara memperpanjang SIM disini maksudnya adalah cara memperpanjang jangka waktu SIM yang habis 5 tahun sekali. Jangka waktu SIM (Surat Izin Mengemudi) itu adalah 5 tahun sejak kita buat pertama kali. Kapan habisnya? Habisnya adalah 5 tahun tepat saat tanggal lahir Anda.

Jadi misalkan Anda lahir di 11 Oktober. Lalu Anda mengurus/memperpanjang SIM Anda di tahun 2022, maka SIM Anda akan mati di tanggal 11 Oktober 2027.

Perlu pembaca sekalian ketahui bahwa SIM hanya bisa diperpanjang sebelum mati, seperti contoh diatas, maka SIM hanya bisa diperpanjang sebelum tanggal 11 Oktober 2027.

Syarat Memperpanjang SIM


Syarat memperpanjang SIM sangatlah mudah, yaitu:
  • SIM Asli dan fotocopy 2 lembar
  • KTP Asli dan fotocopy 2 lembar
  • Surat Keterangan Kesehatan Asli
  • Surat Keterangan Lulus Psikologi Asli
Untuk dua syarat terbawah Anda tidak perlu datang ke puskesmas atau psikolog untuk mendapatkannya, Petugas kesehatan sudah tersedia di sekitar Mobil SIM Keliling.

Apakah yang dapat memperpanjang SIM di Palembang hanya orang dengan KTP Palembang? Jawabannya tidak, semua orang dengan KTP manapun dapat memperpanjang SIM di Mobil SIM Keliling ini. 

SIM Jenis Apa saja yang dilayani di Mobil SIM Keliling? Mobil SIM keliling hanya melayani perpanjangan SIM A dan SIM C

Langkah-langkah

  • Membawa KTP Asli dan SIM Asli + fotocopy nya masing-masing 2 lembar
  • Meminta formulir perpanjangan SIM kepada petugas
  • Mengisi Formulir tersebut
  • Setelah diisi lengkap, silahkan berikan formulir kepada petugas kesehatan
  • Anda akan dipanggil untuk tes kesehatan (Tes Mata, Tes Telinga)
  • Setelah tes kesehatan selesai, berikan formulir kepada petuga di Mobil SIM Keliling
  • Silahkan menunggu kembali, Anda akan dipangil untuk berfoto dan memasukkan sidik jari semua jari tangan Anda
  • Setelah foto selesai, maka tinggal menunggu SIM Anda selesai.

Biaya

Berapa biaya untuk sekali memperpanjang SIM? Biaya yang dikeluarkan tidak lebih dari 150 ribu, dengan rincian tes kesehatan 50 ribu, dan membayar biaya SIM 80 ribu untuk SIM A dan 75 ribu untuk SIM C.

Sekian dulu tulisan menenai cara memperpanjang SIM di Kota Palembang ini, jika ingin info lebih lanjut silahkan kunjungi http://www.ditlantas.sumsel.polri.go.id/ atau Youtube: Polantas Sumsel Facebook: @polantas Sumsel Instagram: @polantas_sumsel

Posting Komentar untuk "pengalaman perpanjang SIM melalui mobil SIM keliling di Palembang"