PIN Google Adsense tak kunjung tiba? Ini dia solusinya!

amplop PIN Google dari kantor POS

PIN Google Adsense tak kunjung Tiba?

Setiap konten kreator yang memanfaatkan google adsense sebagai sarana penghasilannya pasti pernah galau karena lamanya menunggu PIN Google Adsense tiba. Hal ini juga sempat saya alami, hampir tiga bulan www.buayajalan.com ditangguhkan iklan google nya sampai saya berhasil memverifikasi alamat dengan cara memasukkan PIN Google Adsense.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tersebut kepada pembaca sekalian yang mungkin sedang galau karena iklan di blog atau Youtube miliknya tiba-tiba hilang hanya karena belum berhasil memverifikasi alamat yang disebabkan belum tibanya PIN Google Adsense.

Sebelum kita berbicara lebih jauh, kita bahas sedikit terlebih dahulu mengenai Pin google Adsense ini.

Jadi, setiap blogger atau youtuber atau model lainnya yang memanfatkan Google Adsense sebagai salah satu sumber penghasilan sebagai konten kreator, pastinya diwajibkan oleh google untuk memverifikasi alamat di akun google adsense nya. 

Verifikasi alamat ini biasanya baru muncul setelah jumlah uang yang sudah si konten kreator peroleh dari google Adsense sudah dirasa cukup atau bisa untuk ditarik ke rekening yang bersangkutan.

Jauh sebelum verifikasi PIN ini, hal yang dulu sekali harus kita dapatkanlah adalah Bagaimana cara agar akun Youtube atau situs kita dipercaya google untuk menampilkan iklan google dari para klien google di Google Ads, jadi berbeda ya antara Google Adsense dengan Google Ads.

Google Adsense adalah akun google milik konten kreator dimana si google membayar si konten kreator karena google telah memasang iklan di website atau youtube si konten kreator. Sementara Google Ads adalah sarana yang disediakan oleh Google bagi siapapun yang ingin memasang iklan di situs atau youtube orang lain, sederhananya adalah mirip dengan Facebook Ads atau Instagram Ads.

ID Penayang google Adsense

Untuk bisa google percaya memasang iklan di situs atau Youtube milik konten kreator sudah barang tentu ada syarat-syaratnya. Berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri dari situs buayajalan yang Alhamdulillah sudah dipercaya google untuk menampilkan iklan Google sejak 2020 atau tepat dua tahun setelah buayajalan saya buat dan rutin isi konten, beberapa kriteria Google agar mereka mau memasang iklan di sebuah situs adalah situs tersebut satu niche (bukan situs gado-gado yang semuanya dibahas di situs itu, buayajalan niche nya adalah situs jalan-jalan), minimal trafik harian situs tersebut antara 500-1000 klik, seluruh tulisan yang ada di situs tersebut adalah asli ditulis oleh penulis, bukan comotan dari situs lain (ingat gaes, google itu sudah canggih sekali sekarang, jika Anda mencomot tulisan atau foto dari situs orang lain, google pasti tahu), dan yang terakhir adalah konten situs tersebut diperbaharui secara rutin oleh si penulis.

Sementara untuk Youtube saya tidak tahu banyak, sebab akun Youtube bos ganteng saya juga pun belum berhasil dimonetisasi. Namun setahu saya syarat sederhananya adalah minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang setahun.

Kembali ke PIN Google Adsense. Saya rasa sebagian orang yang akan membaca tulisan ini adalah orang-orang galau yang menunggu PIN Google nya tidak kunjung datang.

A. Verifikasi PIN Google melalui kiriman Pos

Seperti sudah saya katakan diatas, bahwa PIN Google ini berfungsi untuk memverifikasi alamat kita di akun google adsense kita. Ketika sudah tiba saatnya google meminta verifikasi alamat, itu artinya uang kita dianggap sudah cukup untuk diambil atau dipindahkan ke rekening yang sudah kita tentukan di Google Adsense. 

Google akan mengirimkan PIN tersebut ke alamat yang sudah kita tuliskan di info pembayaran. Kita diberikan 3x kesempatan untuk verifikasi ulang. Lama pengiriman PIN Google ini bisa 2 minggu, sebulan, atau berbulan-bulan, tergantung lokasi alamat kita.

Google akan mengirimkan PIN nya melalui POS Indonesia. Ada trik yang patut dicoba jika setelah 2-3 minggu setelah meng-klik verifikasi alamat namun PIN google tidak kunjung tiba. Caranya adalah datangi kantor pos terdekat rumah kita, jika Anda beruntung biasanya PIN Google ini ada di Kantor POS, positive thingking nya adalah mungkin kurir sudah pernah mengantarkan ke alamat kita, namun alamat tidak ditemukan, jadi tidak ada salahnya untuk mendatangi kantor pos terdekat.

B. Verifikasi PIN Google melalui KTP

Cara kedua ini bisa dibilang adalah jalan terakhir sekaligus jalan ninja ku. Jika sudah sampai 3x berusaha memverifikasi alamat dengan melakukan kirim ulang pin google namun pin tak kunjung tiba, google tidak mengizinkan kembali kita untuk meng-klik kirim ulang pin untuk yang keempat kalinya.

Lalu, Apa solusinya? Solusinya adalah dengan melakukan verifikasi melalui KTP. Bagaimana caranya? Simak baik-baik langkah-langkah berikut yang akhirnya sudah terbukti bisa saya lakukan sebab pin google saya juga tak kunjung tiba dari kantor pos.

Cara verifikasi pin google melalui KTP:
  • silahkan login terlebih dahulu ke akun google adsense Anda
  • setelahnya pastikan alamat yang tertera di akun google Adsense Anda sama dengan alamat yang ada di KTP Anda
  • Siapkan foto/scan KTP Anda
  • siapkan ID Penayang google adsense Anda, lokasinya berada di setelan, lalu informasi akun, ID penayang akan dimulai dengan kode pub-xxxxx
  • Lalu kunjungi link berikut  support.google.com/adsense/contact/id_verification 
    tampilan verifikasi pin google melalui KTP

  • Setelah link terbuka, silahkan masukkan nama Anda sesuai KTP, alamat email google adsense Anda, ID Penayang google Adsense Anda, lampirkan foto/scan KTP Anda, lalu klik kirim.
  • Setelahnya Anda akan menerima notifikasi di email Anda bahwa Anda sudah berhasil memverifikasi alamat di google Adsense.
  • Setelah berhasil memverifikasi alamat biasanya tidak langsung iklan google kembali tayang di situs/youtube kita, perlu waktu beberapa menit hingga notifikasi verifikasi alamat sukses di google adsense Anda sudah tertera.
    verifikasi alamat google adsense berhasil

C. Berapa penghasilan dari buayajalan

Bukan bermaksud sombong, namun daripada penasaran tentang Berapa penghasilan dari buayajalan.com? Saya akan share berapa uang yang sudah saya dapatkan dari google adsense di buayajalan selama dua tahun terpasang.
trafik google analytic untuk www.buayajalan.com


Perlu diketahui sudah ada sekitar 200 lebih tulisan yang sudah aku tulis sendiri di buayajalan ini, trafik buayajalan rata-rata 4.000-5.000 klik dalam sebulan, usia blog saat tulisan ini dibuat hampir 5 tahun dan rata-rata hanya 2-3 tulisan yang aku terbitkan dalam satu bulan.

Dari deskripsi diatas, Berapa hasil yang sudah aku dapatkan? silahkan lihat sendiri di gambar di bawah ini:
penghasilan www.buayajalan.com

Lantas, Mengapa aku masih menulis jika hanya memperoleh penghasilan sebanyak itu? Mari aku berikan beberapa alasannya:
  • Aku membuat situs bukan untuk mencari uang didalamnya, melainkan aku ingin berbagi mengenai apa yang aku tahu sehingga bisa menjadi hal yang bermanfaat bagi orang lain.
  • Aku menulis untuk sebagai pengingat untuk diriku sendiri atas suatu hal, otak manusia terbatas untuk mengingat suatu hal secara detail untuk sesuatu yang tidak rutin dilakukan, jadi dengan menuliskannya aku akan selalu ingat.
  • Aku menulis untuk mempengaruhi orang lain. Sebab fenomena masyarakat zaman sekarang mereka mudah percaya akan internet. Padahal, tahukah Anda internet itu adalah dunia maya yang penuh kepalsuan? hahaha... Siapapun bisa mengatakan apapun di internet meskipun itu awalnya hanya opini yang mungkin bisa saja akhirnya menjadi fakta karena dia menjadi viral.
  • Aku menulis agar otak ku bisa berjalan lancar dan mudah berkonsentrasi. Tahukah Anda Mengapa di jaman sekarang orang lebih sulit berkonsentrasi? Menurutku karena dijejali banyak hal dalam satu kesempatan, sadarilah ketika Anda bekerja atau melakukan sesuatu di jaman sekarang, Berapa kali Anda membuka HP sembari Anda mengerjakan sesuatu hal? Sering sekali bukan, dan HP itu memang akan merusak konsentrasi Anda yang akhirnya merusak hasil kerja Anda terhadap sesuatu karena dilakukan tidak dengan penuh konsentrasi. 
Jika diatas aku katakan aku tidak ingin mencari uang dari google adsense, lantas, Mengapa aku memasangi buayajalan dengan Google Adsense? Jawabannya adalah agar situsku dipandang bonafit karena google saja memasang iklannya di blog buaya ku ini. 

Sekian dulu tulisan kali ini, semoga Anda tidak galau lagi karena menunggu PIN Google Adsense yang tidak kunjung tiba. Untuk yang masih mengharap kaya dari google Adsense, saranku bekerjalah lebih keras lagi, jika situs atau youtube mu biasa-biasa saja, Anda tidak akan kaya dari google Adsense menurutku. 


Posting Komentar untuk "PIN Google Adsense tak kunjung tiba? Ini dia solusinya!"