Pengalaman menginap di Swiss-Belhotel Pangkalpinang


Sudah lama, akhirnya saya kembali sharing pengalaman menginap di hotel. Kali ini yang saya bagikan adalah pengalaman menginap di Swiss-Belhotel Pangkalpinang. 

Sebuah hotel bintang empat dengan 114 kamar dengan 11 lantai, meskipun hingga saat tulisan ini dibuat, lantai 10 dan 11 Swiss-Belhotel Pangkalpinang tidaklah digunakan.

Kesan pertama yang saya dapatkan ketika menginjakkan kaki di hotel kepunyaan Swiss-Belhotel group ini adalah hotel ini sesuai standar hotel bintang empat. 

Untuk yang belum tahu Apa saja standar hotel bintang 4, beberapa yang saya tahu adalah pertama lobi nya luas minimal 100 meter, minimal 50 kamar, kamar terkecil minimal 24m2, memiliki minimal 3 kamar suite, terdapat air panas air dingin, tv, AC, fasilitas olahraga, bar, dan masih banyak lagi.

A. Kamar

Swiss-Belhotel Pangkalpinang menyediakan tiga tipe kamar dengan dua jenis kasur yaitu twin bed dan double bed. Ketiga jenis kamar yang tersedia di hotel Swiss-Belhotel Pangkalpinang adalah:

1. Suite


Ini adalah tipe kamar tertinggi. Terdapat 6 kamar tipe suite di hotel yang pada bagian depannya terdapat restoran La Terasse ini. Fasilitas yang tersedia untuk kamar suite adalah:
  1. Luas kamar 50 meter persegi
  2. Kamar mandi shower
  3. TV LED 40" dengan saluran internasional
  4. Kulkas mini
  5. WiFi
  6. Brankas 14"
  7. Tempat tidur king size
  8. AC 
  9. Sambungan telepon IDD/NDD
  10. Fasilitas pembuat kopi dan teh
  11. Sambungan daya listrik
  12. Kunci pintu elektronik
  13. Sarapan gratis
  14. Cek-in/out 24 jam
Satu malam menginap di kamar tipe suite ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.500.000,-

2. Grand deluxe


Tipe kamar selanjutnya yang tersedia di Swiss-Belhotel Pangkalpinang adalah grand deluxe. Tipe kamar ini satu kelas dibawah tipe suite. Fasilitas yang tersedia di tipe kamar ini adalah:
  1. Luas kamar 30 meter persegi
  2. Pemandangan kota atau sungai Rangkui
  3. AC
  4. Sambungan telepon IDD/NDD
  5. Fasilitas pembuatan teh/kopi
  6. Steker integritasi
  7. Kunci kamar elektronik
  8. Bed ukuran queen atau twin
  9. Kamar mandi shower
  10. TV LED 32" saluran internasional
  11. Kulkas kecil
  12. WiFi
  13. Brankas 14"
Biaya menginap satu malam di kamar tipe Grand deluxe ini berkisar Rp900.000-1.000.000

3. Deluxe


Tipe kamar terakhir yang tersedia di Swiss-Belhotel Pangkalpinang adalah tipe deluxe. Terdapat 103 kamar tipe ini. Fasilitas yang tersedia di kamar deluxe adalah:
  1. Luas kamar 24 meter persegi
  2. Pemandangan kota atau sungai Rangkui
  3. AC
  4. Sambungan telepon IDD/NDD
  5. Fasilitas pembuatan teh/kopi
  6. Steker integritasi
  7. Kunci kamar elektronik
  8. Bed ukuran king atau twin
  9. Kamar mandi shower
  10. TV LED 32" saluran internasional
  11. Kulkas kecil
  12. WiFi
  13. Brankas 14"
Tidak banyak perbedaan fasilitas antara grand deluxe dengan deluxe, perbedaannya hanya terletak pada ukuran luas kamar dan ranjang tidur saja.

Biaya menginap di kamar tipe deluxe untuk satu malam berkisar Rp 700.000 - 850.000

B. Fasilitas

Seperti sudah saya jelaskan diatas, hotel bintang empat sudah barang tentu dengan berbagai fasilitas yang wajib menyertainya, sebab bintang memang melekat pada fasilitas yang tersedia.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Swiss-Belhotel Pangkalpinang:

1. Kolam renang


Yang namanya hotel bintang empat pasti memiliki kolam renang. Tersedia paket renang bagi Anda yang bukan tamu hotel. Anda hanya cukup membayar sebesar Rp65.000/pack untuk bisa berenang.

Dengan membayar sejumlah uang tersebut, Anda yang bukan tamu hotel sudah bisa menikmati burger ayam, kentang goreng dan es teh gratis.

Untuk tamu hotel sendiri tidak perlu membayar paket renang alias gratis, yang penting Anda ingat jadwal berenang hanya tersedia pada pukul 06.00-18.00 WIB

Letak kolam renang Swiss-Belhotel Pangkalpinang berada di belakang sebelah kiri lobi hotel.

2. Gym


Tempat gym sendiri hanya tersedia bagi pengunjung hotel, dan hanya dapat digunakan pada pukul 06.00-21.00 WIB

Tempat gym berada tepat dibawah lobi hotel. 

3. Spa

Selain kolam renang dan gym, juga terdapat tempat spa yang juga tersedia tidak jauh dari kolam renang.

Anda yang kelelahan atau ingin relaksasi dapat menikmati spa yang aku sendiri tidak tahu jam buka dan tutup nya kapan, yang jelas aku pernah duduk-duduk di lobi dekat kolam renang sekitar pukul 22.00 WIB, tidak lama mba mba petugas spa nya lewat keluar dari tempat spa di bawah.

Untuk fasilitas yang ini, silahkan tanyakan sendiri ke petugas hotel

4. Ruang pertemuan


Terdapat 5 ruangan pertemuan, yaitu 4 ruang meeting dan satu ballroom. 

4 ruangan meeting yaitu Sri pinai yang terletak di lantai L, lalu Sri Menganti 1 dan 2 yang terletak di lantai 2, dan Sri pemandang yang terletak di lantai 3. Sementara itu Sriwijaya ballroom terletak di lantai 2 yang dapat menampung hingga 1.000 orang.

Selain itu Swiss-Belhotel Pangkalpinang juga menyediakan paket pernikahan mulai dari Rp150.000/pack untuk 300 tamu dan paket ulang tahun Rp120.000/pack minimum 30 tamu.

Untuk info lebih lanjut silahkan menghubungi via WA di: +62822 4697 8899, telepon di: (0717) 9105 999, atau surel di pangkalpinang@swiss-belhotel.com

5. La Terrasse


Ini adalah satu keunikan yang dimiliki oleh Swiss-Belhotel Pangkalpinang, yaitu terdapat sebuah restoran dan cafe dengan nuansa klasik yang bernama La Terasse.

Laterrasse sendiri merupakan ungkapan dalam bahasa Bangka untuk mengungkapkan sebuah makanan/minuman/suasana yang enak.

Restoran laterasee sendiri sepertinya dahulu adalah rumah saudagar di Pangkalpinang yang akhirnya dialihfungsikan menjadi resto.

Selain Anda dapat menikmati makanan yang lezat disini, Anda juga dapat melihat koleksi barang-barang jadul yang dimiliki resto yang juga dijadikan museum ini.

C. Review

Dari pengalaman saya pribadi menginap di Swiss-Belhotel Pangkalpinang, beberapa yang saya bisa sampaikan:
  1. Saya menginap di saat bulan puasa 1443H selama 4 malam
  2. Pelayanan hotelnya sudah standar hotel bintang empat
  3. Sebuah hotel yang unik sebab di bagian depannya terdapat sebuah cafe dan resto La Terasse yang punya arsitektur klasik
  4. Terletak di tengah kota, tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman, taman sari, Pangkalpinang sehingga memudahkan akses kemanapun
  5. AC hotel ini sangat dingin, AC sentral merk Daikin dengan kontrol pribadi
  6. Jadwal pembersihan kamar hotel di kamar saya yang terletak di lantai 8 bisa dikatakan cukup lambat, sekitar pukul setengah 12 tukang bersih-bersih baru datang

  7. Terdapat lobi hotel yang lebar dengan kursi-kursi yang keren dan bagus untuk difoto serta asyik nongkrong di lobi nya yang bersebelahan dengan kolam renang
  8. Penyambut tamu dan welcome drink selalu tersedia di lobi hotel
  9. Receptionist nya ramah
  10. Handuk di kamar saya tidak tiap hari diganti
  11. Lift tidak memerlukan access card
  12. Kebersihan mushola kurang diperhatikan
Saya rasa itu saja yang bisa saya review, dimanapun hotel pasti terdapat lebih dan kurangnya, jadi dinikmati saja sebagai pengunjung atas apa yang mereka berikan, saya yakin mereka pasti sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memuaskan pelanggan hotelnya.

Video review Swiss-Belhotel Pangkalpinang



Posting Komentar untuk "Pengalaman menginap di Swiss-Belhotel Pangkalpinang"