Cara membuat label 100,101,103, dan 121


kali ini kita akan belajar cara membuat label 100,101,103, dan 121 dalam hal ini merk Tom & Jerry, Bona, V-Gen, dan Snowpeak. Sebenarnya merk apapun labelnya, asal kita tahu aturannya, saya rasa akan mudah saja. Beberapa pengaturan dalam label details yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuat label adalah:
pengaturan label 103 merk V-Gen

  • Label name: Terserah ingin dinamai apa.
  • Top Margin: Batas antara kertas kuning dengan ujung atas label
  • Side Margin: Batas antara kertas kuning (tempat stiker label menempel) dengan ujung sisi kiri label
  • Label Height: Berapa tinggi label
  • Label Width: Berapa lebar label
  • Vertical Pitch: Ukuran tinggi label + tinggi kertas kuning batas antara label dibawahnya
  • Horizontal Pitch: Ukuran panjang label + panjang kertas kuning batas antara label disebelahnya
  • Number Across: Berapa buah label memanjang ke kanan
  • Number Down: Berapa buah label menurun ke bawah
  • Page Width: Panjang Kertas kuning
  • Page Height: Tinggi Kertas Kuning
Jika Anda sudah paham semua aturan diatas, maka membuat label akan sangatlah mudah.

A. Membuat data undangan di Excel

Pertama-tama sebelum Anda membuat label, maka Anda harus membuat data undangan terlebih dahulu di excel. Data Undangannya bisa berupa "No.", Nama, "Di", dan "Tempat".
membuat file sumber data undangan di excel

B. Membuat pengaturan label


insert new labels

Setelah Data excel dibuat, maka Anda bisa membuka microsoft word, lalu pilih "Mailing - Start Mail Merge - Labels". Setelah itu Klik "New Labels". Setelahnya akan muncul menu labels details, silahkan masukkan data Label name sampai data page height seperti yang sudah saya sebutkan diatas.
pengaturan label 121 snowpeak

pengaturan label 103 bona

pengaturan label 101 tom & jerry

pengaturan label 100 tom & jerry

C. Merubah measurement menjadi centimeters

Gunakan penggaris untuk mengukur secara tepat berapa ukuran-ukuran label dan kertas kuningnya. Sebaiknya measurement microsoft word Anda diatur dalam bentuk centimeter (cm). Silahkan masuk ke "word option - Advance - lalu pada display, di style area pane width in draft and outlines view pilih centimeters".
merubah inch menjadi cm

D. Menetapkan recipients list

Setelah memasukkan pengaturan label, maka selanjutnya kita menentukan recipient list. Silahkan klik "Mailing - Select Recipients - Use Existing List - lalu masukkan file data undangan excel kita tadi. Maka setelah kita klik Ok, akan keluar tampilan word sesuai pengaturan label yang sudah kita buat. Cirinya adalah munculnya "<Next Record>" yang cukup banyak ditampilan satu menu halaman word kita sesuai dengan jumlah Number Across dan Number Down yang sudah kita tentukan saat membuat pengaturan label.


E. Mengatur Merge Field

Kita Wajib Mengatur Merge Field sesuai kolom data undangan yang sudah kita buat tadi. Pada menu "Mailings, silahkan klik insert Merge Field dan masukkan semua data sesuai kolom excel yang sudah kita buat. Pada bagian ini, untuk satu halaman label maka kita harus mengatur merge field satu-satu. Jika dalam satu halaman label terdapat 12 label maka kita harus mengatur 12 merge field.


F. Finish & Merge

Setelah pengaturan merge field selesai, maka saatnya untuk finish & merge. Masih pada menu mailings, klik "Finish & Merge - edit individual documents" lalu klik OK, maka akan terbuka word baru dengan label-label yang sudah sesuai dengan ukuran label yang akan kita cetak di printer. 


G. Merubah word menjadi pdf jika Anda berencana print di tempat lain

Jika Anda akan mem-print label ini di tempat lain, entah itu di percetakan atau dimana, saran saya adalah pada word yang sudah jadi (biasanya judulnya label), Anda harus convert menjadi pdf agar pengaturannya tidak berubah ketika Anda mem-print di tempat lain. Namun jika Anda akan mem-print di printer Anda sendiri yang sudah terkoneksi dengan komputer Anda, silahkan abaikan hal ini.

Sekian dulu mengenai cara membuat label 100,101,103, dan 121 nya, intinya ini sangat mudah asal Anda mengerti benar terkait pengaturan label. Jika Anda dalam waktu dekat berencana menikah, atau dari kantor Anda berencana mengundang para Undangan, pasti Anda akan sangat membutuhkan label ini. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara membuat label 100,101,103, dan 121"