Cara registrasi matkul UT di SIA baru

Merasa kesulitan dengan tampilan Sistem Informasi dan Administrasi Universitas Terbuka (SIA-UT) yang baru? Itu juga hal yang sama saya rasakan beberapa hari lalu sebelum akhirnya berhasil registrasi mata kuliah yang akan diikuti di semester ini di SIA UT yang baru.

Tulisan ini akan membahas Bagaimana cara me registrasi nya, cara mengisi form kesediaan tuton hingga Bagaimana cara membayar tagihan nya. 

Langsung saja, berikut adalah cara registrasi matkul UT di SIA baru:

1. Buka situs https://sia.ut.ac.id/

Untuk registrasi silahkan buka situs https://sia.ut.ac.id/ disana kita bisa melakukan registrasi matkul, SUO, melihat billing, bahkan sampai melihat nilai kita. 
Tampilan awal sia ut

Setelah masuk, silahkan pilih program "calon mahasiswa & mahasiswa" atau menyesuaikan, ada beberapa pilihan disana. 

Login menggunakan email dan password yang Anda buat saat pertama kali mendaftar.

2. Perbaiki profil terlebih dahulu

Halaman menu SIA UT

Setelah berhasil login, pada pojok kiri atas terdapat menu seperti garis-garis tepat disamping logo UT, di klik dan akan muncul menu nya, silahkan pilih "Profile"

Pada menu Profile ini kita hanya perlu memasukkan kembali alamat pengiriman buku, sebab jika tidak diinput di Profile, di menu registrasi mata kuliah, alamat tersebut tidak bisa kita klik dan menjadi error'.



Menu pengeditan alamat pengiriman

Pada gambar diatas terdapat gambar pensil, silahkan di klik dan diisi kembali alamat pengiriman buku Anda, setelah itu di klik alamat yang Anda pilih sehingga bertanda biru seperti sudah dipilih (lihat contoh gambar diatas).

3. Registrasi mata kuliah

Setelah berhasil memperbaharui alamat pengiriman, saat nya kita mulai registrasi mata kuliah. Kembali masuk ke menu UT dengan meng klik tombol yang ada di kiri atas tampilan laman UT, lalu pilih akademik - lalu pilih registrasi mata kuliah.
Klik menu akademik

Setelah masuk ke laman akademik, akan ada pilihan "Registrasi mata kuliah", setelah di klik maka tampilan nya akan seperti ini:
Registrasi UT

Perhatikan gambar diatas, yang harus menjadi perhatian sebelum registrasi mata kuliah adalah pastikan alamat yang Anda masukkan tadi sudah tertera di menu registrasi. Setelah alamat sudah ada, maka selanjutnya memilih lokasi ujian, letaknya tepat dibawah alamat.
Alamat ujian UT

Setelah alamat dan lokasi ujian terisi, maka barulah Anda bisa melakukan registrasi mata kuliah.

Silahkan masukkan kode mata kuliah yang ingin Anda ambil di semester ini, syarat nya adalah jadwal ujian nya tidak boleh bertabrakan.

Misalkan Anda mengambil mata kuliah pengantar akuntansi yang mempunyai kode jadwal ujian 30, maka di semester ini Anda tidak boleh mengambil mata kuliah lain yang punya jadwal ujian 30 juga (namun hal ini tidak berlaku untuk mata kuliah lab. (Laboratorium) yang punya kode ujian 99 seluruh nya, meskipun Anda mengambil 3-4 mata kuliah laboratorium (lab) di semester ini, itu tidak lah masalah, sebab mata kuliah lab tidak ada UAS (ujian akhir semester) nya.

Mata kuliah laboratorium hanyalah mengerjakan tugas selama 8 pertemuan saja.

Mudahnya adalah, seluruh mata kuliah yang kita ambil harus berstatus GO (artinya jadwal ujian nya tidak bertabrakan dengan mata kuliah lain yang juga kita ambil di semester ini).

Lalu, Bagaimana kita bisa melihat mana mata kuliah yang sudah kita ambil, mana yang belum?

Anda bisa melihatnya di LKAM umum yang hanya bisa dilihat di SIA dengan tampilan lama. Jangan khawatir SIA tampilan lama masih bisa diakses di laman ini:  https://sia.ut.ac.id/dnu/dnu

Menu pencarian LKAM umum di SIA lama

4. Pembayaran

Setelah kita memilih mata kuliah yang ingin diampu di semester ini, selanjutnya adalah melakukan pembayaran. 

Dibagian bawah registrasi akan terdapat nomor billing pembayaran beserta jumlah yang harus dibayarkan, pembayaran bisa dilakukan dengan beberapa cara pembayaran nya bisa melalui bank BRI/BNI/Mandiri/Alfamart/Indomaret/Tokopedia. Tinggal salin saja nomor billing nya.

Saya pribadi sering menggunakan mandiri online karena sangat mudah dan langsung terkonfirmasi.

5. Mengisi form kesediaan tuton

Setelah selesai registrasi, maka sebaiknya segera mengisi form kesediaan tuton, jika tidak maka Anda harus mengikuti TMK (Tugas Mata Kuliah), tapi jika Anda semester ini ada mengambil mata kuliah lab, maka wajib hukumnya mengikuti tutorial online (tuton) sebab matkul lab tidak bisa dikerjakan melalui TMK.

Form kesediaan tuton dapat diisi di e-learning UT, alamat nya disini: https://elearning.ut.ac.id/my/
Form kesediaan tuton

Yang saya lingkari biru itu silahkan di klik dan ikuti petunjuk bersedia mengikuti tuton nya

Jika Anda mengikuti seluruh petunjuk diatas, maka Anda tidak perlu lagi antre di kantor UT hanya untuk meregistrasi mata kuliah sebab dari hp saja bisa untuk registrasi matkul UT, semoga bermanfaat




Posting Komentar untuk "Cara registrasi matkul UT di SIA baru"