Berapa sih biaya ganti velg jari-jari beat fi racing?

Beat fi velg jari-jari

Pasti kalian penasaran kan Berapa biaya yang dihabiskan untuk mengganti velg Honda Beat fi yang notabene velg racing menjadi velg jari-jari?

Di jaman sekarang ini rata-rata sepeda motor sudah menggunakan velg racing, sudah jarang sekali yang menggunakan velg jari-jari, mungkin alasan pabrikan sepeda motor menggunakan velg racing adalah agar si motor bisa menggunakan ban tubeless sehingga mempermudah saat terjadi kebocoran.

Beat fi sebelum diganti velg jari-jari

Siapa bilang velg jari-jari tidak bisa menggunakan ban tubeless, tentu saja bisa walau mesti diakalin dengan memberikan lapisan lagi di dalam nya atau memaksakan ban tubeless menggunakan ban dalam bisa jadi solusi mudah nya, hhe..

Kali ini buayajalan coba sedikit bernostalgia dengan masa sekolah om buaya yang dulunya memang anggota genk motor sejak masih kinyis-kinyis mencari jati diri, yaitu Anugerah Racing Team (ART) Batam yang berdiri pada tanggal 08 Agustus 2008 dengan mekanik sekaligus ketuanya Andre Irawan atau yang akrab dipanggil Andre Jeazz, Alhamdulillah gengtor anak komplek ini masih berdiri hingga saat tulisan ini dibuat, atau sudah berusia 14 tahun pada tanggal 08 Agustus 2022 nanti, ternyata om buaya sudah tua ya, wkwkwk...

Anugerah Racing Team (ART) 08

Oke, mari kita ulas Berapa biaya yang dihabiskan untuk menyulap beat injeksi velg racing menjadi beat velg jari-jari seperti beat karbu zaman dahulu awal-awal Honda Beat keluar.

Apa saja yang dibutuhkan?

Untuk mengubah velg racing menjadi velg jari-jari sudah pasti perlu velg, setelah velg tromol, setelah itu jari-jari dan ban dalam. Seperti yang sudah kukatakan diatas, aku ngga mau ribet pake lapisan-lapisan segala, jadi pake ban dalam saja, hhe...

1. Tromol

Ini merupakan bagian terpenting dari velg jari-jari. Usahakan tromolnya harus asli pabrikan Honda jika tidak mau nanti bermasalah dikemudian hari. 

Tromol variasi atau tromol palsu biasanya akan membawa petaka dikemudian hari, yaitu biasanya agak sedikit oblak. Apabila ngga kuat beli yang asli, beli yang asli untuk tromol belakang saja tidak apa, yang depan boleh lah imitasi, tapi ya itu, segala sesuatu kalo nanggung itu ngga enak, wkwkwk...

Tromol belakang beat original

Saya sendiri membeli tromol asli original honda bekas dari Tokopedia, tromol asli Honda beat itu kode nya MAX DIA atau kode lengkapnya tromol depan 44601-KVB-911 sementara tromol belakang kodenya 42601-KVG-900. Jadi tidak ada bacaan AHM di blok beat original honda ini kecuali di tromol depan saja.

Tromol depan beat fi original

Pasti kalian pada cari-cari di google kan, Apakah tromol beat karbu masuk di beat fi/injeksi? Jawaban nya masuk atau PNP istilah kids jaman now alias Plug N Play atau tinggal pasang aja.

Jadi ngga usah bingung-bingung kalo mau cari tromol beat untuk beat injeksi, silahkan gunakan saja tromol beat karbu, masuk kok.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk tromol beat original ini? Jika beli yang baru maka biayanya 500k, berhubung ini tromol mau saya cat, jadi mending beli yang original bekas saja, biasanya dibawah 300k. 

Tidak usah ragu membeli tromol bekas, tromol itu jarang rusak tidak seperti velg yang sering bengkang karena masuk lubang.

Biaya yang dikeluarkan untuk tromol

Jadi untuk tromol ini, saya menghabiskan biaya 250k belum termasuk ongkir, silahkan gunakan fitur gratis ongkir untuk menghemat biaya.

2. Velg

Untuk velg, velg standar dealer beat dari dealer adalah ukuran ring 14 dengan lebar untuk velg depan adalah 14 x 1.60 dan velg belakang 14 x 1.85

Dalam hal ini saya sengaja menaikkan satu tingkat ukuran velg nya, biar asyik aja keliatan, namun tetap tidak berlebihan.

Jadi saya menggunakan velg merk champ dengan ukuran velg depan 14 x 1.85 dan velg belakang 14 x 2.15
Velg champ ring 14

Kenapa velg champ? Jawaban nya adalah untuk nostalgia, motor ku dulu pas jaman SMA menggunakan velg champ ini, karena harga nya memang murah dan kualitas nya lumayan lah, hhe... Saya menghabiskan 465k untuk sepasang velg champ ring 14 warna hitam ini.

Si Vega badai, jagonya standing2, soalnya per sama kampas koplingnya kuganti racing, wkwwk..

Sedih kalo ingat motor pertama ku ini yang dulu pas mamak masih hidup dan sering naik motor ini, mamak sering marah karena jok nya licin gara-gara kukasih kit, dulu kujual karena pengen punya f1zr, tapi Alhamdulillah akhirnya ngga jadi beli f1zr karena duitnya dipake buat daftar STAN, wkwkwk...

Kembali ke topik, sebenarnya ada banyak merk velg yang bagus, seperti TK racing, TDR, Comet, V-rossi, dsb..jadi untuk velg ini harga nya relatif ya, yang jelas ada harga ada rupa, jangan lupa itu.

3. Jari-jari

Untuk jari-jari saya pribadi prefer ke jari-jari krom, alasan nya simpel biar bisa bling-bling di malam hari.

Sebenarnya ada banyak merk jari-jari krom, tapi yang paling mengkilat menurutku adalah Bina Parts, ini jari-jari mata nya anti karat, dan bling-bling pooolll pas malam hari, dengan syarat harus rajin nyuci ya, hhe..

Saya menggunakan jari-jari TDR, Kenapa TDR? Alasan nya TDR juga lumayan mengkilat walau mata jari-jari nya mudah berkarat, dan satu yang paling penting, seller nya sama dengan toko tempat aku beli velg, wkwkkw...jadi irit ongkos.

Ukuran jari-jari untuk ring 14 tromol Beat original depan belakang adalah 9 x 89 untuk belakang dan 9 x 130 untuk depan, jangan salah kode jari-jari, nanti fatal akibatnya, wkwkwk...

4. Ban dalam

Lalu selanjutnya ban dalam. Lah, kok pakai ban dalam? Bukannya beat itu tubeless. Iya tubeless itu untuk velg racing, kalo mau pakai velg jari-jari ya harus dimodifikasi.

Ada dua cara, pertama tetap menjadi ban tubeless dengan melapis ban nya, lihat di YouTube banyak tutorial nya, atau cara kedua seperti yang saya lakukan, yaitu memberikan ban dalam pada ban tubeless.

Saya beli ban dalam swallow yang ukuran 2.75/3.00 dua buah (depan belakang) totalnya 70k

Bagaimana biar lebih cantik?

Nah, untuk lebih cantik, saya mengecat tromol nya terlebih dahulu dengan warna merah Ferrari, alasan nya sama, yaitu untuk nostalgia, dulu teman-teman ku banyak mengecat tromol nya dengan warna ini, walau dulu tromol Vega badai tidak ku cat karena tidak sabar nunggu Mamang cat ngecat tromol yang bisa 2-3 hari.

Biaya cat tromol depan belakang yang saya habiskan adalah 150k.

Ada tips biar cat tromol mu awet, terutama tromol belakang karena sering digunakan untuk mengerem dan jadi panas, yaitu adalah dengan merontokkan terlebih dahulu cat lama dengan paint remover sebelum ditimpa cat baru. Penyimpanan cat akan memperlambat penguapan panas yang menyebabkan cat baru menggembung.

Berapa biaya pasangnya

Untuk pasang velg jari-jari, pergilah ke Mamang stel velg jari-jari yang telaten, yang ga asal congkel velg, yang bisa bikin velg alumunium kita lecet.

Saya pribadi untung Nemu Mamang stel velg yang mantul di daerah celentang, setel velg depan belakang 80k + ongkos pasang 10k, jadi total-total 90k.

Jadi, abis berapa semuanya?

Jadi, Berapa biaya yang dihabiskan untuk mengubah beat fi velg racing menjadi velg jari-jari?
  • Velg champ ring 14 dua buah ukuran 14x1.85 dan 14x2.15= 465k
  • Jari-jari krom TDR ukuran 9x89 dan 9x130= 120k
  • Tromol original bekas depan belakang=250k
  • Cat tromol depan belakang= 150k
  • Ban dalam depan belakang= 70k
  • Stel velg + pasang= 90k
Sehingga, total biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp1.145.000,- 

Tips dari buayajalan

Setelah memakai beat fi milik mantan pacar ini dari 2016, bisa disimpulkan motor ini sangat-sangat irit, tidak seperti awal kemunculan motor matic, dimana dicap sebagai motor boros, namun setelah menggunakan, "So, let's get the beat..." Ini ternyata motor ini sangat irit, 20k isi bensin bisa 4 hari PP Sako - kambang iwak, itu jika ditotal 4 hari PP = 102 km.

Namun, dibalik keiritannya, ada beberapa masalah menurut ku, yaitu:

1. Jok nya keras

Bukan hoaks kalo dikatakan busa jok beat fi ini keras, cobalah duduk agak lama di jok beat ini, sebentar aja udah panas bokong, wkwkwk...

Solusinya adalah dengan menambahkan busa latex di jok beat fi ini, di internet banyak yang jual, dan terbukti jok beat fi ku empuk

2. Shock nya kurang empuk

Ini juga bisa dikatakan bukan mitos, terbukti dari banyaknya shock belakang beat fi ini diganti orang dengan shock Yamaha X-Ride yang memang cocok.

Shock belakang X-Ride benar-benar empuk, saya juga pakai. FYI, shock bawaan X-Ride ini merk nya kayaba loh, bukan kaleng2.

3. Jangan lupa ganti oli dan servis rutin

Ini berlaku untuk semua kendaraan. Servis rutin dan ganti oli rutin ini wajib hukumnya jika ingin kendaraan Anda selalu dalam performa terbaik.

Apalagi motor matic, selain ada oli mesin juga ada oli gearbox yang mana oli ini bisa habis layaknya oli samping pada motor 2 tak. Saat motor matic kehabisan oli gearbox disitulah malapetaka itu muncul, gearbox nya akan menjadi berisik dan sukar diperbaiki, kecuali Anda ganti semua laher dan ratio-ratio yang menjadi aus didalam gearbox karena Anda lupa mengisi oli gearbox hingga kehabisan oli.

4. Standar saja

Ini juga tips penting, menurut aku pribadi, jika motor mu masih dibawa ngaspal untuk harian, sudahlah standar saja, ngga usah diotak-atik mesin nya, buat jadi cantik saja tampilan nya tapi mesin jangan diganggu gugat, termasuk gonta-ganti knalpot.

Setiap motor diciptakan pada posisi optimal, bukan maksimal, nah makanya motor bisa dimodifikasi dengan memasukkan sparepart racing yang bisa memaksimalkan performa nya.

Namun, Apa yang terjadi jika motor dibuat pada posisi maksimal nya? Motor tidak akan tahan lama, performa nya lambat lain akan turun dengan sendirinya akibat aus dan sebagainya.


Sekian dulu tulisan kali ini, ini dibuat sebagai pengingat diri sendiri dan sharing pengetahuan agar bisa menjadi ilmu yang bermanfaat.

Skuy, ganti velg racing beat jadi velg jari-jari! 





Posting Komentar untuk "Berapa sih biaya ganti velg jari-jari beat fi racing?"