poin-poin penting cara menerbangkan drone (dji mavic pro)


Sebagian orang mungkin takut menerbangkan drone sangat tinggi karena terdapat resiko jatuh/hilang nya drone karena satu dan lain hal, namun sebenarnya drone itu sangatlah aman asalkan kita tahu cara menggunakannya. 

Kali ini saya ingin sharing cara menerbangkan drone yang sebenarnya saya buat sebagai pengingat bagi diri saya sendiri karena jujur saja saya tidak punya drone tapi lumayan sering menerbangkannya. Lho kok bisa? Bisa dong. Seorang pilot tidak perlu membeli pesawat untuk menjadi seorang pilot bukan!

Langsung saja, catat poin-poin penting dalam menerbangkan drone berikut (ini tidak hanya berlaku bagi DJI Mavic Pro tapi juga drone-drone lain keluarga DJI):

1. Pastikan batre mu cukup

Ini yang sangat penting. Drone itu memiliki batre remote drone dan batre yang menempel di drone itu sendiri. Sekelas DJI Mavic Pro yang katanya bisa terbang hingga 30 menit, nyata nya tidak sebegitu juga. Paling 15 menitan udah tewas batre nya, jadi Anda harus pastikan batre Anda cukup baik batre remote maupun batre yang menempel di drone itu sendiri.

Jangan lupa membuat batas batre minimum drone akan Return To Home (RTH), saya biasa membuat di level 25%. Jadi ketika batre sudah tersisa 25%, tombol peringatan habis batre akan keluar di layar remote dan akan meminta konfirmasi Anda untuk Return To Home, jangan lupa ditekan OK ya ketika drone meminta RTH atau bisa juga menekan tombol RTH yang ada di remote drone.

Mengapa banyak banget 25%? Ya itu terserah Anda, saya sengaja membuat 25% untuk jaga-jaga misalkan maennya jauh jadi masih tersisa cukup batre untuk drone pulang, sekalian jaga-jaga misalkan batre drone udah soak. Jadi 25% level batre saya rasa cukup.

2. Pastikan Ceklist Return To Home sudah terceklsis sebelum terbang

Saat Anda baru saja menghidupkan remote dan menghidupkan drone, biasanya drone akan otomatis masuk ke Aplikasi DJI GO 4 yang merupakan aplikasi untuk menerbangkan drone keluarga DJI. Saat awal-awal terhubung akan banyak sekali notifikasi-notifikasi, pastikan Anda membaca semua notifikasi yang ada agar tahu Apakah ada masalah atau tidak di drone kita sebelum terbang.

Ada beberapa ciri drone sudah siap diterbangkan:
  • Di remote sudah ada bacaan ready to go
  • Drone sudah berada di posisi GPS Mode. Ada beberapa mode terbang, seperti ATTI (artinya drone terbang tanpa GPS, biasanya ditandai dengan warna kuning dan ada bacaan di remote drone ATTI), ada juga GPS Mode (artinya drone terbang sudah dengan panduan GPS, ini sangat aman, saat ada apa-apa drone akan kembali ke lokasi dimana dia awal terbang), mode sport (di mode ini drone akan lebih liar)
  • Pastikan sebelum terbang di remote sudah tertera bacaan yang intinya Return To Home sudah ditetapkan dengan ada tanda ceklis, bacaan nya warna hijau, saya lupa tulisan nya. Bacaan ini akan otomatis keluar setelah beberapa lama drone dihidupkan, sebelum bacaan ini keluar di remote drone, maka sebainya jangan terbang dulu, sebab drone belum menentukan titik Return To Home nya
  • Lampu drone (Dji Mavic Pro) sudah menyala kedip-kedip hijau. Jika masih kedip-kedip kuning jangan diterbangkan dulu. artinya masih ada masalah atau drone belum siap

3. Pastikan compass sudah terkalibrasi dan berstatus normal

Saat drone pertama kali dihidupkan akan ada banyak sekali notifikasi. Itulah pentingnya Mengapa harus membaca detail notifikasi yang ada, terutama compass. Compass error atau yang need calibration jika dihiraukan maka siap-siap saja Anda kehilangan drone Anda saat terbang.

Jadi selain GPS yang sudah aktif agar Return To Home sudah bisa ditetapkan saat terbang, compass drone tak kalah penting. Terbang di daerah yang banyak terdapat besi akan membuat drone Anda kebingungan karena medan magnet yang besar.

GPS itu sebenarnya bukan masalah berarti, sebab biasanya ketika sudah di langit dan cuaca cerah, GPS drone itu sangat tinggi bisa 17 keatas, yang sering jadi masalah adalah signal remote drone yang lemah yang membuat drone tidak bisa dikendalikan.

Ini sebenarnya yang sering membuat deg-degan ketika di udara, remote signal weak menjadi momok menakutkan bagi pilot drone.

Cobalah Anda terbang di dekat jembatan yang full dari besi, kemungkinan sinyal remote drone Anda akan lemah.

Ada beberapa cara menanggulangi hal tersebut:
  • ketika terbang, usahakan lokasi Anda terbang adalah lapangan yang bebas dari bangunan-bangunan tinggi yang bisa mengganggu hubungan antara remote drone dengan drone itu sendiri.
  • Ketika terpaksa terbang di tempat yang banyak terdapat medan magnet (banyak besi) usahakan Anda tidak terlalu jauh dengan drone dan drone Anda masih bisa terlihat mata, sehingga saat drone disconnect akibat hilang sinyal Anda masih bisa melihat drone Anda kemana. Seharusnya jika GPS Anda saat terbang kuat dan sebelum terbang sudah ditentukan titik return to home nya, maka drone akan kembali pulang ke tempat dimana dia awal terbang/dimana lokasi remote drone berada. Tapi ya itu, terkadang return to home ini tidak juga tepat di titik awal Anda terbang melainkan bisa saja drone RTH di sekitar diameter 30 meter dari titik awal Anda terbang. Kebayang kan misal Anda menerbangkannya dari atas jembatan yang dibawahnya air lalu tiba-tiba drone lost signal, ya bisa saja drone nyemplung ke air
  • Jangan lupa melakukan kalibrasi kompas jika dirasa kompas tidak normal
Jujur saja signal remote lemah ini hingga sekarang masih membuat jantung deg-degan saat menerbangkan drone, makanya ketika terbang di daerah banyak medan magnet atau gelombang radio sekali lagi usahakan koneksi antara drone dan remote Anda tidak terhalang sesuatu apapun.

4. Pastikan firmware drone dan remote drone update

Drone keluarga DJI sering sekali mengupdate firmware atau mudah nya kita bilang software drone nya. Mulai dari aplikasi DJI GO 4 yang ada di playstore, firmware drone, hingga firmware remote drone.

Untuk mengupdate aplikasi DJI GO 4 agar hp yang disandingkan di remote tetap moncer, maka Anda harus mengupdate nya di playstore/apple store.

Sementara itu untuk mengupdate firmware drone dan remote drone Anda harus mengupdate nya melalui laptop. Silahkan download aplikasi DJI Assistant 2 di situs dji. Cara update nya sangatlah mudah. Tinggal install aplikasi nya di laptop lalu sambungkan drone/remote nya ke laptop, nanti otomatis aplikasi DJI Assitant akan terhubung dengan drone/remote nya.

5. Kalibrasi sensor drone

Terkadang drone terdapat notifikasi kalibrasi sensor drone. Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan aplikasi DJI Assistant 2 juga. Sambungkan drone menggunakan kabel-kabel drone yang tersedia ke laptop. Buka Aplikasi DJI Assitant, maka drone secara otomatis akan tersambung dengan sendiri nya di aplikasi tersebut. Silahkan lakukan kalibrasi sensor mengikuti petunjuk yang ada.

6. Kalibrasi gimbal drone

Selain compass dan sensor, terkadang drone juga meminta Anda melakukan kalibrasi gimbal drone. Cara kalibrasi nya sangatlah mudah, Anda hanya perlu menghidupkan drone dan remote seperti saat Anda akan terbang, lalu masuk menu setting, cari menu gimbal callibration.

Salah satu penyakit DJI Mavic Pro adalah kabel fleksibel gimbal ini mudah error yang mengakbitkan gimbal abnormal. Saya pribadi sudah pernah mengganti kabel gimbal ini sendiri. Daripada bawa ke tukang servis biayanya mahal dan lama, mending bongkar sendiri drone nya. Harga kabel fleksibel gimbal DJI Mavic Pro ini sekitar 200 ribuan, ada banyak di toko online.

7. Belajar menerbangkan dan mendaratkan drone di tangan

Anda harus mampu menerbangkan dan mendaratkan drone di tangan Anda bukan di tanah. Mengapa demikian? sebab jika drone terbang/mendarat dari tanah maka akan banyak sekali debu di tanah yang bisa saja masuk ke badan drone yang mengakibatkan drone Anda cepat rusak. Jadi dari sekarang belajarlah untuk menerbangkan/mendaratkan drone Anda di tangan Anda.

7. Membuat drone terbang mulus

Settingan pabrik drone membuat drone Anda tidak bisa terbang mulus dan juga terbang tinggi. Agar bisa terbang tinggi maka matikan beginner mode dan juga tetapkan jarak ketinggian dan jangkauan drone.

Lalu Bagaimana untuk membuat drone terbang mulus? pengaturan nya silahkan liat di gambar ini, samakan saja pengaturan nya, tidak usaha banyak tanya, wkwkwk..

a. Setting EXP

b. Setting sensitivity


c. Gimbal setting


untuk lebih lengkap cara setting drone agar terbang mulus dan mengendalikannya mudah, tonton video lengkapnya disini:




Posting Komentar untuk "poin-poin penting cara menerbangkan drone (dji mavic pro)"