pengalaman menginap di hotel harper by aston palembang

Hotel harper by aston palembang
merupakan hotel bintang 4 yang masih satu grup dengan hotel aston, fave dan beberapa hotel lainnya (Archipelago Group). Berlokasi di Jalan Basuki Rahmat Palembang membuatnya sangat mudah ditemui. Kali ini buayajalan.com akan membagikan sedikit pengalaman menginap di hotel yang punya lantai 10 ini.

A. Fasilitas

Sesuai standarnya yang bintang 4 sudah barang tentu hotel ini memiliki segudang fasilitas mulai dari fasilitas publik hingga fasilitas bisnis. Disini saya tidak akan mengulas seluruh fasilitas yang dimiliki Hotel Harper ini, sebab juga tidak semua nya saya datangi. Sekelas hotel bintang empat sudah barang tentu fasilitasnya lengkap mulai dari fasilitas publik hingga fasilitas bisnis pasti tersedia disini.

Dari aplikasi traveloka sudah dijelaskan bahwa fasilitas yang terdapat di hotel Harper Palembang antara lain: kolam renang outdoor, parkir valet, parkir yang luas, lift, layanan kamar 24 jam, restoran, layanan kamar, brankas, wifi, fasilitas rapat, resepsionis 24 jam, laundry, hingga penitipan bagasi.

Ada beberapa yang belum disebutkan diatas tapi saya temukan, yaitu tempat gym dan spa.

Mushola Tempat Spa, Gym, kolam renang, dan tempat sarapan (restoran) semuanya terletak di lantai 3 hotel harper palembang.

Kolam renang mulai dibuka pukul 06.00 pagi hingga pukul 07.00 malam, sementara tempat gym mulai dibuka pukul 07.00 hingga pukul 09.00 malam. Silahkan para pengunjung hotel menikmati fasilitas yang disediakan gratis ini, namun untuk fasilitas spa, saya tidak yakin itu gratis, Anda harus membayar jika ingin melakukan spa disini.

B. Pengalaman menginap

Saya rasa tidak usah terlalu banyak membahas fasilitas, karena itu sudah banyak tersedia baik di situs resmi harper maupun situs lainnya yang tersedia di internet. Mari kita membahas pengalaman saya menginap di hotel bintang empat harper palembang ini.

Saya datang saat itu sekitar pukul 14.00 sesuai dengan jam diperkenankan cek-in hotel yaitu pukul 2 siang. Jadi kedatangan saya ke hotel harper ini sebenarnya hanya iseng saja ingin menikmati tinggal di hotel semalam dikarenakan sedang ada nya promo di traveloka.

Sebenarnya buayajalan sudah banyak mereview hotel, lihat disini, namun semenjak pandemi covid ini sudah jarang sekali saya jalan-jalan, akhirnya untuk mengatasi penat dari rutinitas kerja serta membahagiakan orang rumah, akhirnya kami memberanikan diri untuk menginap di hotel bintang empat di masa covid-19 ini.

kami datang menggunakan sepeda motor (wkwkwk, memalukan ya datang ke hotel bintang 4 naik motor, tapi tidak mengapa lah, buat apa malu, toh motornya bukan hasil maling dan mobil pun sebenarnya ada, dasar orang iseng saja pengen saja naik motor), ternyata parkiran motor itu ada di bawah tak jauh dari tempat parkir mobil. Lurus saja dari tempat mengambil karcis parkir, nanti akan ketemu dimana tempat parkiran motor berada.

Oh iya, setiap pengunjung tidak akan dikenakan biaya parkir asalkan mendaftarkan plat nomor kendaraan nya kepada petugas hotel.

Sebelum masuk lobi hotel, seperti biasa kami harus menerapkan protokol kesehatan ketat (menggunakan masker, cuci tangan, dan cek suhu tubuh). Tidak ada welcome drink disini (sama seperti kebanyakan hotel bintang 4, saya pernah menemukan welcome drink ini saat pergi ke hotel bintang 5, entah saat itu memang bentuk pelayanan dari hotel nya, atau memang karena saat itu sedang ada acara saja).

Kami disambut ramah petugas cek-in. Menurut saya petugas cek-in nya juga cepat dan sigap, tak perlu waktu lama, setelah saya menunjukkan bukti pesan saya di traveloka dan meminjamkan KTP saya sebagai data diri, kamar yang saya pesan pun segera diberikan kunci nya ke saya.

Saat itu saya memesan deluxe double bed, dan dapat di lantai atas, saya memesan non-smoking room, sebab saya tidak merokok dan memang tidak mau mencium bau bekas rokok yang ada di kebanyakan kamar smoking.

Sekedar info, terdapat 163 kamar di harper palembang dengan pembagian tipe kamar deluxe, deluxe premier, junior suite, dan executive suite.

Tidak jauh dari lobi hotel terdapat seperti mini bar atau resto (saya kurang tahu), taman outdoor yang langsung beratap langit, beberapa ruangan pertemuan, dan terdapat lift.

Ada 4 buah lift, namun saat itu yang tersedia untuk digunakan hanyalah dua lift. Seperti biasa, jangan lupa gunakan kartu kamar Anda untuk ditempelkan di sisi lift sebelum menekan tombol lantai yang Anda inginkan, jika tidak maka tombol lantai tidak bisa ditekan. Merk lift nya bagus (tidak usah menyebut merk, tapi saya tahu itu salah satu merk lift terkenal) dan juga cukup cepat.

Jangan menyepelekan lift yang terdapat di tempat umum, sebab ini cukup vital. Saya pernah menginap di hotel bintang 4 juga di palembang, dan lift nya itu bikin kesal, sudah lah bangunan nya sangat tinggi (lebih dari 20 lantai), namun lift yang tersedia hanya dua, dan lambat sekali.

Hotel ini sebenarnya hanya terdiri dari 9 lantai, namun karena tidak tersedia lantai 4, maka lantai nya menjadi 10 lantai.

Setiba nya di lantai kamar yang kami tuju, lorong-lorong hotel nya standar hotel seperti biasa nya, panjang dengan deretan kamar-kamar yang bisa terdengar dari luar apa yang orang dalam bicarakan walau tidak terlalu jelas, serta terdapat beberapa dispenser tempat mengisi ulang air minum.

Ini salah satu yang saya suka dari hotel grup aston ini. Jadi hotel-hotel grup aston ini (seperti fave dan harper, saya tidak tahu kalo aston Apakah menerapkan hal yang sama sebab belum pernah menginap di aston) mengunakan pitcher untuk air minum nya, sehingga tidak menggunakan botol plastik yang semakin lama semakin merusak alam. Ketika air di pitcher habis, kita bisa dengan bebas mengisi ulang pitcher di dispenser yang terdapat di sepanjang lorong hotel.

Ketika masuk ke kamar hotel, warna abu-abu mencolok pada hotel harper (menurutku ini branding). Terdapat brankas, kursi dan meja kerja, meja panjang, televisi, brankas, ceret dan teh kopi, kamar mandi shower dan wc duduk, beberapa colokan (ini saya juga suka, sebab terkadang hotel-hotel sangat lah pelit dengan hanya menyediakan satu colokan per kamar hotel), serta dapat dua sendal dan dua handuk.

Kamar yang kami tempati juga ternyata kamar dengan connecting door.

Satu yang aku kurang suka dari hotel harper ini, yaitu tingkat kekedapan nya yang menurutku sangat kurang untuk sekelas hotel bintang 4. Orang berbicara biasa pun bisa terdengar dari kamar sebelah, apabila yang teriak-teriak, hhe...

mushola berada di basement dan lantai 3

Aku sadar mungkin kamar ini sengaja dibuat kurang kedap agar sinyal ponsel tidak terganggu selama orang menginap, sebab saya pernah menginap di hotel yang menurut saya sangat baik kekedapan nya, namun ya itu kendala nya, sinyal ponsel tidak pernah bisa tinggi selama kita berada di dalam kamar.

Setelah puas cekrek-cekrek di kamar untuk kebutuhan konten, aku pun berbaring di kasur nya dan manurutku bantal dan kasur nya luar biasa nyaman, Anda jika sudah tidur disini dijamin akan nyenyak dan malas untuk bangun. Saya menyetel televisi dan cukup banyak siaran yang tersedia.

Setelah puas meng eksplore kamar nya, kami pun lanjut meng eskplor kolam renang dan tempat fitness yang tersedia di lantai 3.

Aku suka dengan konsep kolam renang nya yang walaupun satu lantai dengan resto, namun orang dari resto tidak bisa langsung melihat ke kolam renang yang biasa nya akan membuat orang sungkan untuk berenang.

Terdapat handuk yang sudah disediakan bagi orang yang ingin berenang. Selain itu tempat bilas nya juga sangat nyaman. Tak jauh dari kolam renang, terdapat tempat gym dengan beberapa peralatan olahraga nya. tempat gym ini sampingan dengan tempat spa.

Oh iya, bagi yang ingin berenang, jangan lupa membawa plastik untuk membawa baju basah Anda. Sebab disini tidak tersedia kantong baju basah.

Kolam renang nya tersedia dengan kedalaman 0,5 meter dan 1,2 meter.

Tak banyak yang kami lakukan di hotel harper ini, kami hanya beristirahat di kamar sembari menonton televisi.

pemandangan kota palembang dari dalam hotel

Keesokan harinya, tibalah waktu yang ditunggu-tunggu, yaitu sarapan. Tiba di resto, disambut oleh petugas yang menanyakan dari kamar berapa, kami memesan kamar yang mendapatkan sarapan, setelah dikonfirmasi kami pun segera muter-muter resto untuk mencari sarapan apa yang enak dan cocok.

Tersedia cukup banyak variasi makanan disini, mulai dari makanan daerah seperti laksan, mie ayam, bubur ayam. Makanan berat seperti nasi goreng dengan berbagai lauk pauk nya. Buah-buahan. Kopi teh dan berbagai snacknya serta petugas yang sedia membuatkan pesanan Anda seperti telor mata sapi dsb.

Satu yang aku sesalkan disini, adalah petugas nya lambat sekali mengangkat piring kotor. Biasanya hotel bintang 4 itu pegawai nya sigap, ketika ada piring kotor yang sudah selesai makan, langsung diangkat, sehingga piring tidak menumpuk di meja, sebab mejanya menurutku tidak lah besar, sehingga jika piring lama diangkat, pastilah meja nya penuh.

Aku tak tahu Apakah ini karena covid-19 sehingga pelayanan nya agak sedikit takut untuk sigap mengangkt piring kotor ataukah memang seperti itu.

Untuk rasa makanan nya sendiri menurutku enak-enak, terutama aku sangat suka kopi dan kue peneman kopi nya yang menurutku sebuah hidangan yang pas.

But, over all saya puas menginap di Hotel Harper Palembang.

Saya rasa itu saja yang bisa saya ceritakan mengenai pengalaman menginap di hotel harper kali ini, saya tidak pernah dibayar untuk mereview hotel, ini murni pengalaman yang saya rasakan dan saya bagikan kepada Anda sekalian agar mendapat gambaran ketika ingin menginap di suatu hotel, semoga bermanfaat.