maen di kampung aer

kampung aer
kampung aer

Kampung Aer? mungkin tempat wisata satu ini masih asing bagi warga palembang. Kampung Aer terletak di pulau kemaro, terpisah tembok dari wilayah pagoda pulau kemaro yang mahsyur sebagai tempat wisata di palembang.

Info kampung aer ini kudapatkan dari grup gowes kantor dan waktu itu tidak disebutkan namanya adalah kampung aer, Bapak-bapak gowes di kantorku hanya mengatakan bahwa terdapat perkampungan penduduk di sebelah pagoda pulau kemaro, langsung kutanyakan, "Di sebelah mana nya Pak?, Setahu saya hanya ada komplek pagoda pulau kemaro saja!", ternyata benar saja, disebelah pulau kemaro terdapat sebuah pintu kecil di sela-sela tembok pembatas wilayah pagoda pulau kemaro dengan perkampungan warga di sebelahnya yang disebut kampung aer.

pulau kemaro
jalan menuju villa

Anehnya pintu tersebut hanya cukup dilewati satu orang saja, bahkan kalau kegemukan, jangan-jangan tidak tembus melewati pintu ini, hhe..bercanda.

Sebuah pintu kecil dengan bacaan diatasnya yang bertuliskan "KAMPUNG AER" membawa kita ke sebuah perkampungan warga yang apik dengan banyak tanaman hidroponik di depan rumahnya serta beberapa tempat foto-foto yang instagramable yang bentukannya membuat kita serasa seperti tidak sedang berada di Indonesia.


Terlihat dari ornamen-ornamen yang ada, kampung ini dijadikan tempat wisata banyak mendapatkan bantuan dari Bank Indonesia dan PT. Pupuk Sriwidjaja.

kampung aer

Menelusuri kampung yang masih sangat bersahaja ini mengingatkan kembali akan Indonesia jaman dahulu yang sangat ramah dan ketimuran, tapi...tapi bohong..wkwkwk.. rasanya jaman sekarang kota dan kampung sudah sama saja, terutama generasi muda, termasuk yang menulis ini, sudah jadi zombie android semua, dan aku sedih akan hal itu... HP sudah membuat kita terlena akan segala hal, dan terkadang lupa dengan lingkungan sekitar, namun tahukah kita semua, ketika hal itu terjadi, maka tidak ada lagi persatuan dan bangsa ini akan mudah diobrak-abrik, "Ingatlah pada lidi sapu, sapu tidak akan bisa digunakan jika hanya terdiri satu lidi saja, harus ada banyak lidi yang digunakan hingga sapu itu berguna"

kampung aer palembang

Skip-skip, kenapa saya meracau? wkwkwk...kembali ke topik Kampung Aer. Selain terdapat tempat foto-foto yang ciamik, di ujung Kampung Aer ini juga terdapat bungalow atau villa yang berjumlah 10 buah, menurut cerita warga, villa itu sudah ada sejak tahun 2016 dan belum diresmikan hingga sekarang. Villa tersebut milik pemerintah daerah.

hidroponik di kampung aer

Villa ini sangat indah dengan pemandangan sawah-sawah di bagian belakangnya dan sungai musi di bagian depan. Namun sayangnya, karena tidak digunakan Villa ini seperti terbengkalai, sudah banyak beberapa bagian yang rusak-rusak.

Jadi, jika Anda ingin berwisata ke pulau kemaro, jangan lupa maen ke Kampung Aer, karena Kampung Aer tidak kalah indah dengan pagoda yang ada di Pulau Kemaro. 


Posting Komentar untuk "maen di kampung aer"