Translate

Peternakan sapi di Kepahiang


Tahukah Anda bahwa di Kepahiang, Bengkulu terdapat peternakan sapi perah? Selain wisata kebun teh kabawetan, di kampung Bogor Kepahiang juga terdapat peternakan sapi perah yang juga menjual susu mentah maupun masak yang bisa Anda cicipi langsung disini.

Letak wisata susu sapi ini berada di desa Bukit Sari, Kepahiang atau mudahnya terus menanjak setelah wisata kebun teh mountain valley.

Harga susu yang ditawarkan cukup bervariasi, untuk susu sapi mentah adalah Rp 9.000,- per liter dan untuk susu masak Rp 16.000,- per liter.

Tidak ada biaya masuk disini sebab sebenarnya ini bukanlah tempat wisata melainkan peternakan sapi milik warga, namun tidak ada salahnya jika Anda ingin merasakan sensasi berbeda selain kebun teh jika berwisata di Kepahiang.

Tempat penjualan susu sapi berada di rumah si empunya sapi, lokasinya di pinggir jalan depan kandang sapi.


Terdapat sekitar 27 ekor sapi perah yang warna nya hitam putih mirip foto sapi di kaleng susu kemasan.

Peternakan sapi ini bisa menghasilkan sekitar 100 liter susu sapi per hari, peternakan ini jualah yang memasok susu sapi untuk penjual susu sapi murni yang ada di pinggir jalan curup-lubuk Linggau (saya tidak usah sebut nama tempatnya, jika Anda pernah berjalan ke danau Harun Bestari Curup, pasti Anda sudah tahu nama toko susu sapi yang saya maksud).

Seperti yang saya katakan diatas, ini bukanlah tempat wisata melainkan peternakan biasa, jadi jangan pikir Anda bisa ikut-ikutan memeras susu sapi. Ini mungkin saja bisa Anda lakukan, namun setelah cakap-cakap sedikit dengan empunya peternakan yang sangat sibuk menurutku.

Saya yakin kedepannya tempat ini akan benar-benar dijadikan tempat wisata oleh si empunya, sebab ramai orang yang berkunjung kesini, jadi sangat disayangkan jika tempat yang bisa dijadikan wisata edukasi ini tidak dikembangkan oleh si empunya.

Tapi saya juga tidak tahu Kenapa hal tersebut tidak dilakukan si empunya, jangan-jangan memang sengaja, bisa jadi sapi-sapi akan stres jika terlalu banyak dilihat orang dan susunya jadi sedikit.

Peternakan sapi ini buka di jam normal, maksudnya ya datang saja di jam normal orang berwisata. Jika ingin melihat ketika sapi diberi makan, datanglah di saat pagi atau sore seperti yang saya lakukan, yaitu sekitar pukul 16:30 WIB.

Skuy lah jalan-jalan ke wisata sapi new zealand ini, gratis, tapi jangan lupa beli susu nya untuk memajukan usaha warga sekitar.

Oh iya, satu lagi. Jangan parkir di pinggi jalan karena jalan nya perbukitan dan sempit. Apalagi parkir di samping warung di seberang peternakan sapi, Bapaknya lebay banget, mungkin benar saat itu saya sempat salah parkir, tapi ya biasa aja cara memberi tahunya, tidak usah ngegas, wkwkwk..

🎵iri bilang bos hahaha papali papali papali papali...🤣


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peternakan sapi di Kepahiang"