Translate

cara membersihkan karat di kamar mandi

 Pernahkah Anda melihat kamar mandi yang berkarat? Atau mungkin Anda sendiri yang mengalaminya diakibatkan buruknya kualitas air Anda, kali ini saya akan membagikan informasi tentang Bagaimana cara menghilangkan karat/rust di lantai, bak, atau keramik toilet Anda. Biasanya terjadi akibat kualitas sumur Anda yang kurang baik. Bagi yang ingin membuat sumur, silahkan baca tulisan Sumur bor manual vs sumur mesin.

Menghilangkan karat di WC

 1. Perbaiki dulu kualitas air


Sebelum Anda menghilangkan karatan yang disebabkan air yang mengandung zat besi tinggi, ada baiknya Anda perbaiki terlebih dahulu kualitas air Anda. Menghilangkan karat di air ini sebenarnya caranya sangat lah mudah, Anda perlu melakukan filtrasi air dengan metode aerasi dengan bantuan udara untuk memisahkan antara massa jenis besi dan berat jenis air. 

Jika masih bingung Bagaimana cara menghilangkan air yang bau besi, kuning, dan berkarat, silahkan baca tulisan saya tentang Menghilangkan zat besi pada air dengan gampang. Anda juga bisa melihatnya pada video berikut:

 
Setelah berhasil memperbaiki tirta rumah Anda, barulah Anda bisa menghilangkan kuning sisa besi yang tertinggal di kakus Anda.

2. melenyapkan sisa karat

Membersihkan bekas karat di kamar mandi ini sangatlah mudah, Anda hanya memerlukan:
  • Sitrun (Citrid Acid/asam sitrat), zat pengatur keasaman (berasal dari asam organik tumbuhan jeruk-jerukan) yang biasa banyak dijual di toko bumbu, harga nya juga sangat murah, satu bungkus kecil hanya Rp 1.500,- atau 1 kilogram Rp 90.000,-

  • Cairan pembersih lantai (porstex,vilux dan banyak lagi merk lainnya), harganya berkisar Rp 10.000-20.000,- bisa didapatkan di toko bangunan, supermarket atau toko-toko lainnya.

  • kuas, berfusngi sebagai alat pengaplikasian campuran sitrun ke dinding
  • wadah pencampuran (gayung/mangkok).
Setelah semua peralatan dipersiapkan, mari kita lihat Bagaimana cara pengaplikasiannya:
  • campurkan sitrun dengan cairan pembersih lantai, untuk kombinasinya dikira-dikira saja. Semakin banyak sitrun yang digunakan semakin baik karena akan mempercepat pengelupasan sisa besi yang menempel di keramik/wastafel Anda.
  • Aduk rata hingga keduanya tercampur rata.
  • Gunakan kuas untuk pengolesan ke lokasi yang berkarat.
  • Tunggu sekitar 15 menit, lalu siram area tersebut dengan air dan lihat hasilnya, peralatan rumah tangga Anda akan kembali kinclong bersih sempurna seperti baru.

3. Efek samping

Tidak ada efek samping berlebih dari penggunaan kedua bahan ini, biasanya hanya gatal-gatal sedikit yang berasal dari cairan pembersih lantai. Segera siram bagian tubuh Anda yang gatal dengan air bersih dan gatal akan hilang seketika.
 
Saya rasa sekian dulu pembahasan mengenai pembersihan karat di wc kali ini, berikut adalah video ketika saya mengaplikasikan nya di rumah saya:

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara membersihkan karat di kamar mandi"