Translate

10 tempat wisata di curup rejang lebong

 Apa yang pertama kali terpikir dibenak Anda saat pertama kali mendengar kota curup? dingin, sejuk, banyak sayuran, penghasil kopi, begal, atau lainnya, tapi kali ini saya akan membahas 10 tempat wisata di Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. 

Yang akan saya bahas disini adalah tempat wisata yang sebagian besar sudah saya datangi dan akan saya pandu pembaca mulai dari tempat wisata terdekat dari pusat Kota Curup. Langsung saja:

1. Tebing Suban

tebing suban
tebing suban. echa.aldina07
Tempat wisata yang satu ini menurut saya tempat wisata paling baru di Kota Curup. Tempat wisata ini menawarkan pesona tebing yang bisa langsung melihat pemandangan kota ini dari ketinggian. Memang tidak seluruh kota terlihat, namun lumayan lah.

Selain menawarkan pemandangan kota dari ketinggian, menurutku tempat ini juga instagramable banget, ada banyak ornamen yang sengaja dibuat sebagai tempat berfoto. Ornamen paling hits untuk berfoto nya adalah didepan deretan rumah-rumah kecil berbentuk segitiga yang dibuat memanjang. 

Saran saya jika ingin kesini untuk mendapatkan foto terbaik datanglah disaat pagi hari saat tempat wisata baru saja buka, ini berlaku untuk semua tempat wisata. Tidak hanya bagi travel fotografer, ketentuan ini juga berlaku bagi landscape fotografer biasanya, para landscaper akan datang saat orang belum datang atau akan datang saat semua orang sudah pulang, wkwkwk...

Loh, kok jadi ngomongin fotografi, kembali ke topik mengenai tebing suban. Ongkos masuk nya terus terang saja saya tidak tahu, namun dari pengalamanku berwisata di curup, tiket masuknya hampir rata-rata antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Tempat wisata ini letaknya mengarah ke kota lubuk linggau dan hanya 3,9 kilometer dari kota curup. lokasinya tepatnya berada disini.

2. Suban Air Panas

suban air panas
suban air panas. aryfirst
Suban air panas adalah salah satu tempat wisata legendaris di Kota Curup. Terletak tidak jauh setelah Tebing Suban, tempat wisata ini menawarkan pesona panas bumi alami beserta air terjun yang berasal dari pegunungan bukit barisan, anehnya air terjun di suban air panas ini dikelola secara tepisah dengan tempat wisata suban air panas itu sendiri, sehingga jika kita ingin menuju air terjun akan dikenakan biaya tambahan selain dari tiket masuk wisata suban air panas sebesar Rp 5.000

Di Suban air panas curup ini terdapat beberapa kolam, mulai dari yang kecil hingga kolam besar yang mirip seperti kolam renang. Untuk menuju Suban air panas ini tidaklah sulit. Dari gerbang wisata suban air panas curup, Anda hanya perlu masuk sekitar 1 hingga 2 kilometer kedalam sambil melewati pemukiman penduduk. 

Jarak objek wisata suban air panas ini sekitar 4 Kilometer dari kota curup dan masih satu jalur dengan tebing suban, yaitu berada di jalan mengarah ke lubuk linggau jika kita berangkat dari kota curup. Jika Anda bingung, lokasi Suban air panas berada disini.

3. Bukit Bintang Jipang

bukit bintang jipang
bukit bintang jipang
Bukit bintang jipang menawarkan pesona melihat kota curup dari ketinggian, yang menurutku sangat tinggi. Pesona yang ditawarkan mirip dengan bukit rimau di kota pagaralam, bedanya jika kita ingin menuju bukit rimau kita harus melewati perkebunan teh, di bukit bintang kita harus meleati perkebunan kopi milik warga dan sesekali terdapat pemukiman penduduk dan hutan.

Akses jalan menuju bukit bintang ini bisa dikatakan cukup bagus, seluruhnya diaspal, hanya saja ruas jalannya cukup sempit dan lumayan terjal, sehingga harus bergantian dengan pengunjung lain jika mobil Anda berpapasan dengan pengunjung lain. Tiket masuk bukit bintang jipang ini cukup mahal jika dibandingkan tempat wisata lain yang ada di kota curup, yaitu Rp 10.000 per kepala ditambah parkir mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000

Di bukit bintang sendiri terdapat banyak tempat foto yang instagramable dan juga panorama kota curup yang memukau jika Anda datang di waktu yang tepat (tidak mendung atau berkabut). Saran saya datanglah di waktu pagi jika ingin berwisata ke bukit jipang, sebab matahari berada di posisi yang tepat. Jika Anda datang di waktu sore, maka Anda akan membelakangi matahari, dan dijamin foto Anda tidak akan sebaik jika Anda tidak membelakangi matahari.

Selain menawarkan pemandangan kota curup, disini juga terdapat penginapan yang sepertinya cocok bagi Anda untuk honeymoon. Bukit bintang ini buka sampai malam, hanya saja mengerikan rasanya turun/naik bukit bintang saat matahari sudah mulai gelap, sebab jalannya benar-benar terjal. 

Bukit bintang berjarak sekitar 7,7 kilometer dari pusat kota curup. Ada tiga akses jalan yang bisa Anda tempuh untuk menuju kesini. Jika Anda dari bengkulu, Anda bisa masuk melalui simpang tiga blk/atau simpang kantor camat merigi dan terus naik keatas hingga ketemu SMA 8 rejang lebong, tidak jauh setelah SMA tersebut ada belokan disebelah kanan yang ada plang "objek wisata bukit bintang jipang", ikuti saja jalur tersebut sekitar 1,5 kilometer keatas hingga Anda tiba di bukit jipang.

Jika Anda dari curup, Anda bisa masuk melalui jalan tirta kencana, dan terus saja keatas. Saya rasa tidak perlu dijelaskan detail bagi warga curup, pasti mereka sudah tahu.

Terakhir bagi Anda yang dari arah lubuk linggau, silahkan belok kiri di simpang nangka, setelah markas brimob/terminal, silahkan belok kiri di simpang bukit bintang jipang dan terus naik keatas hingga tiba di lokasi.

Jika masih bingung, lokasi bukit bintang jipang berada disini.

4. Tjurup Ndeso

tjurup ndeso
tjurup ndeso
Terus terang aku kecewa ke tempat wisata ini, tempat wisata ini hanya menawarkan kolam besar yang diatasnya terdapat flying fox dan beberapa saung yang cocok digunakan untuk gathering. Tiket masuk tjurup ndeso adalah Rp 10.000. Tjurup Ndeso berada sekitar 9,3 kilometer dari kota curup dan berada di jalan lintas curup - lubuk linggau, tepatnya disebelah kiri jalan jika Anda naik mobil atau motor dari kota curup.

Lokasi Tjurup Ndeso bisa dilihat disini.

5. Taman Bunga D'Syandana 88

dsyandana 88
d'syandana 88
Menurutku ini tempat wisata buatan terbaik yang ada di kota curup, rejang lebong. Tempat wisata ini sangat terawat dan rapi. 

Sesuai namanya, lokasi wisata ini menawarkan pesona taman bunga, hanya saja bedanya taman bunga ini dibuat bertema, tepatnya tema jepang/korea. Berada 11 kilometer dari kota curup, tempat wisata ini jadi tempat wisata hits saat ini. Lokasinya berada di jalan curup - lubuk linggau, jika Anda dari kota curup, letaknya disebelah kanan jalan, tepatnya masuk dari gang sebelah masjid nurul huda desa sumber bening.

Tiket masuk Taman Bunga D'Syandana 88 ini adalah Rp 10.000,- per kepala dan parkir mobil Rp 5.000, serta ada biaya tambahan jika Anda ingin masuk ke rumah jepang sebesar Rp 5.000 juga (koreksi saya jika salah)

Saran saya datanglah pagi ari di taman bunga ini, sebab jika Anda kesini jam 9 keatas dan di saat musim libur tiba, sepertinya tak mudah untuk berfoto tanpa bocor sana sini.

6. Nickrisnally Strawberry Park

kebun strawberry curup
kebun strawberry curup
Kebon strawberry curup ini berada tepat didepan taman bunga D'Syandana, sehingga jika Anda tidak perlu bayar parkir lagi jika Anda memang sekaligus ke taman bunga D'Syandana.

Tiket masuk wisata petik buah strawberry ini adalah Rp 10.000 per kepala ditambah Anda harus membayar biaya Rp 8.000 per ons jika Anda memetik strawberry disini.

Wisata ini membatasi pengunjung dalam memetik buah strawberry. Saat kesini tempo hari, saya hanya diperbolehkan memetik sekitar 1/4 tinggi keranjang strawberry atau hanya sekitar 1/2 kilogram saja. 

Sama seperti D'Syandana, taman strawberry ini juga dirawat dengan baik dan sangat bersih. Wisata ini cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin berwisata sambil mengedukasi anak Anda untuk memetik strawberry.

Lokasi Nickrisnally Strawberry Park berada disini.

7. Danau Mas Harun Bastari

danau mas
danau mas
Siapa yang tidak tahu dengan danau mas harun bastasi atau yang akrab disebut danau mas. Wisata ini juga merupakan objek wisata legendaris di kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong. Jujur saja saya sudah lama kesini. Seingatku dulu tiket masuknya adalah Rp 5.000,- dan parkir mobil/motor Rp 2.000.

Pesona wisata yang ditawarkan Danau Mas ini adalah berperahu mengelilingi danau ini. Selain itu juga tedapat bebek-bebekan, orang berjualan makanan dan tempat bermain anak. Jika Anda ingin berwisata murah meriah danau mas ini bisa dijadikan opsi terbaik.

Letaknya sekitar 14 kilometer dari pusat kota curup dan berada di Jalur Curup - Lubuk Linggau. Setiap Anda menuju/kembali dari curup ke lubuk linggau, pasti Anda akan melewati tempat ini, karena memang letaknya yang berada di pinggir jalan lintas.

Selain itu, danau ini juga menjadi pertanda tempat aman setelah Anda melewati kepala curup yang notabene rawan begal. Saya sangat kesal jika menyebut daerah itu. Kelakuan segelintir orang yang merusak nama daerah itu membuat daerah itu akan lambat bekembang. Tidak lama lagi jalan tol palembang - bengkulu akan selesai, dan kabarnya tidak melewati jalur itu, saya sangat senang, biarkan saja sekalian daerah itu tidak dilewati orang lagi jika jalan tol sudah selesai.

Mohon maaf, penulisnya emosi, hhe..

Kembali ke topik, Danau mas harun bastari berlokasi disini

8. Hutan Madapi

hutan madapi
hutan madapi
Objek wisata hutan madapi berada di jalan lintas Curup - Lebong, sehingga tidak searah dengan tempat-tempat wisata yang saya sebutkan diatas. Hutan Madapi sendiri merupakan singkatan dari Mahoni Damar Pinus yang mana memang merupakan pohon yang ditanam di hutan ini.

Hutan ini masuk kedalam Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat kota curup. Silahkan baca tulisan lengkap ku mengenai Hutan Madapi.

9. Kebun Teh Bukit Daun

kebun teh bukit daun
kebun teh bukit daun. agrotea
Terus terang tempo hari aku tidak jadi berwisata ke kebun teh yang dikelola perusahaan swasta Agro Tea ini karena berdasarkan pemetaan dari bertanya ke warga sekitar, jalan masuk kebun teh nya hanya bisa dilalui mobil tinggi saja dan kata beberapa orang yang kutemui letaknya sekitar perjalanan hampir setengah jam perjalanan mobil untuk tiba di kebun teh dari simpang kampung melayu.

Lokasi kebun teh ini sebenarnya tidak jauh dari simpang jalan masuk hutan madapi, tepatnya hampir berseberangan, hanya saja karena ketakutan yang dihembuskan warga sekitar, membuatku mengurungkan niat.

Letak kebun teh ini sekitar 15 kilometer dari pusat kota curup dan berada di jalan lintas curup - lebong. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan jika kita mengemudi dari kota curup. 

Berdasarkan survei dari media sosial/google yang selalu kulakukan sebelum aku berangkat motret, sepertinya kebun teh ini tidak sebaik kebun teh kabawetan di Kabupaten Kepahiang. Hanya saja, terus terang aku penasaran jika aku belum tiba di kebun teh ini.

Lokasi kebun teh bukit daun berada disini.

10. Kebun Teh Kabawetan

kebun teh kabawetan
kebun teh kabawetan.agnestsusantii
Nah ini yang terakhir, atau tempat wisata kesepuluh yang akan aku bagikan kepada pembaca sekalian.

Kebun Teh Kabawetan ini menurutku lebih indah dari kebun teh yang ada di pagaralam, sebab kebun teh ini menyimpan teh hitam atau yang populer disebut teh oolong, sayangnya tidak sembarang orang diijinkan masuk ke kebun teh hitam ini. Di kebun teh ini memang terdapat dua jenis pohon teh.

Wisata kebun teh yang diijinkan untuk dikunjungi wisatawan adalah kebun teh biasa (saya tidak tahu jenisnya). Disini terdapat Tulisan besar "KEPAHIANG MOUNTAIN VALLEY" yang menjadi salah satu daya tarik wisata kebun teh ini. Selain itu penduduk sekitar juga ramah-ramah, termasuk para pemetrik teh nya yang sudah terbiasa dengan kamera.

Berdasarkan wawancaraku ke warga sekitar, ternyata teh di kebun ini tidak diolah disini, melainkan dibawa ke jawa barat, sehingga tidak ada pabrik pengolahan teh disini seperti yang ada di pagar alam.

Kebun Teh Kabawetan berada di arah ke Kepahiang, letaknya sekitar 16 kilometer dari kota curup. Jika Anda ingin berwisata kesini, silahkan masuk dari lorong samping kantor bupati atau masuk dari pasar kepahiang, dan terus keatas. Akses jalan kesini sangat bagus, seluruhnya diaspal, hanya saja terdapat beberapa tempat yang cukup terjal, sehingga Anda harus berhati-hati.

Kebun Teh kabawetan berlokasi disini. Saya juga sudah pernah menulis mengenai kebun teh ini yang saya tulis disini.

Saya rasa itu dulu tempat wisata di curup yang bisa saya bagikan, sebenarnya masih ada banyak lagi tempat wisata yang bisa Anda datangi di Kabupaten Rejang Lebong ini, hanya saja belum saya datangi atau belum saya cari info validnya, sehingga saya ragu untuk menginformasikan nya ke pembaca sekalian. Untuk mempermudah pembaca berwisata, berikut saya bagikan peta wisata nya karena sebagian sejalur.
  • Tempat wisata arah curup - lubuk linggau: Bukit Bintang Jipang - Tebing Suban - Suban Air Panas - Tjurup Ndeso - D'Syandana 88 - Nickrisnally Strawberry Park - Danau Mas Harun Bastari.
  • Tempat wisata arah curup - lebong: Hutan Madapi - Kebun Teh Bukit Daun
  • Tempat wisata arah curup - kepahiang: Kebun teh kabawetan











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 tempat wisata di curup rejang lebong"