Wisata bengkulu terpopuler

Wisata_bengkulu
Pantai panjang. Ig @rahmatandriansa

Menceritakan tempat-tempat wisata di Kota Bengkulu yang populer

Berbicara mengenai wisata bengkulu terpopuler saya rasa kebanyakan orang akan membicarakan Pantai Panjang atau Benteng Fort Marlborough, sebenarnya masih banyak wisata di Bengkulu yang bisa anda kunjungi sebagai destinasi bagi keluarga anda.

Berikut adalah beberapa objek wisata terpopuler di Kota Bengkulu:

Pantai Panjang

Wisata_bengkulu
Pantai panjang. Sumber: ig @zedyayf
Sesuai namanya pantai Panjang memang memiliki garis pantai sepanjang 7,6 km, saking panjang nya mungkin pantai panjang jadi pantai terpanjang di Indonesia. Jika anda berwisata ke Pantai Panjang jangan lupa menjadikan bacaan Pantai Panjang sebagai latar belakang foto objek wisata di Kota Bengkulu. Untuk masuk ke Pantai Panjang anda hanya perlu membayar parkir sebesar Rp2.000. Namun tidak disarankan untuk berenang di pantai Panjang,  hal ini dikarenakan struktur Pantai Panjang yang menurut informasi yang saya dapatkan, berbentuk seperti palung. Tidak heran jika Anda berwisata ke Pantai Panjang, anda akan melihat ombak besar yang tiba-tiba menghilang saat mendekati bibir pantai, hal ini dikarenakan ombak yang besar tiba-tiba melewati pantai yang strukturnya landai.

Benteng fort Marlborough

Wisata_bengkulu
Benteng fort marlborough dari udara. Ig @rahmatandriansa

Benteng Fort Marlborough
merupakan benteng yang dibangun oleh Inggris 1714 sampai 1719 pada masa pemerintahan gubernurJoseph Callet. Benteng tersebut merupakan objek wisata wajib yang wajib Anda datangi jika berwisata ke Bengkulu. Benteng Fort Marlborough disebut juga benteng kura-kura, karena bentuknya yang memang mirip seperti kura-kura jika dilihat dari udara.

Karcis masuk Benteng Fort Marlborough adalah Rp10.000 untuk 1 orang, dan biaya parkir Rp2.000. Benteng Fort Marlborough mulai buka pukul 8 pagi dan tutup pukul 5 sore. Jika anda ke Bengkulu, belum mengunjungi Benteng Fort Marlborough dan Pantai Panjang itu artinya Anda belum datang ke Bengkulu, jadi jangan lupa untuk datang ke tempat wisata Bengkulu satu ini.

Bunga Raflesia

Wisata_bengkulu
Bunga raflesia. Ig @rahmatandriansa
Bunga rafflesia merupakan ikon Kota Bengkulu. Namun Tahukah Anda jika bunga rafflesia tidak terdapat di kota Bengkulu, melainkan terdapat di daerah sekitar Kepahiang yang berjarak sekitar 2 jam perjalanan mobil dari kota Bengkulu. Raflesia termasuk dalam bunga Nasional, yaitu puspa langka yang ditetapkan berdasarkan keputusan Presiden tahun 1993. Jika Anda ingin melihat bunga Raflesia, ada baiknya Anda datang pada saat musim penghujan tiba, sebab bunga ini hanya dapat ditemui saat musim penghujan tiba dan hanya Mekar selama 7 hari. Selain bunga Raflesia Arnoldi terdapat juga Bunga bangkai tidak jauh dari tempat bunga raflesia arnoldi sering mekar. Orang Bengkulu biasa menyebut daerah tempat mekarnya bunga raflesia ini dengan sebutan di "gunung". Jika anda ingin melihat bunga Raflesia silahkan kunjungi artikel saya mengenai bunga Raflesia.

Pantai zakat

Wisata_bengkulu
Pantai zakat. Ig @abibahiroh93
Pantai zakat Sebenarnya masih satu kesatuan dengan Pantai Panjang, hanya saja pantai zakat dapat dijadikan tempat untuk rekreasi wisata renang. Lain lain halnya dengan Pantai Panjang yang memang memiliki ombak besar dan bentuk pantai yang katanya bagian dasarnya berbentuk palung, pantai zakat tergolong memiliki ombak yang tenang dan aman untuk Anda berenang. Letaknya masih satu kesatuan dengan garis Pantai Panjang, lebih tepatnya setelah benteng Fort Marlborough.

Sungai suci

Wisata_bengkulu
Sungai suci. Ig @fuadieva

Sungai suci
adalah tempat wisata di Kota Bengkulu yang merupakan pulau karang kecil di tengah laut. Letaknya sudah masuk gerbang selamat datang bengkulu Utara.

Sungai suci terkenal dengan ombaknya yang ganas, sehingga berhati-hatilah saat anda berkunjung ke sungai suci, terakhir kali saya ke sana belum ada pagar pembatas antara Samudera dengan bibir pulau karang kecil yang memang langsung mengarah ke Samudra Hindia. Karcis masuk wisata sungai suci adalah Rp5.000 dan parkir Rp2.000. Jika anda Ingin ke pulau karang, anda harus membayar Rp5.000 untuk menyebrangi jembatan tali.

wahana surya

Wisata_bengkulu
Wahana surya. Ig @meedevii
Berikutnya adalah Wahana Surya. Wahana Surya Terletak tidak jauh dari sungai suci. Wahana Surya sebenarnya adalah kebun kelapa yang disulap menjadi tempat wisata. Letaknya juga langsung menghadap ke Samudera Hindia. Selain kebun kelapa, terdapat Waterboom, trampolin, berbagai jenis binatang, wahana air dan berbagai jenis wisata lainnya. Tiket masuk wahana Surya adalah Rp10.000 per orang, biaya tersebut belum termasuk biaya masuk waterboom dan mencoba trampolin serta wahana air. Wahana Surya mulai dibuka pukul 8 pagi dan ditutup pukul 5 sore. Jika Anda ingin merasakan berkemah bersama keluarga, tidak ada salahnya untuk berwisata ke Wahana Surya. Semilir angin laut diiringi suara pelepah kelapa yang tertiup angin akan menimbulkan rasa nyaman dan tenang. Ayo ajak keluarga anda berwisata ke Wahana Surya.

Konservasi penyu Pekik Nyaring

Wisata_bengkulu
Rumah penyu alun utara. Ig @rahmatandriansa
Jika anda bosan dengan wisata pantai, anda dapat mencoba wisata edukasi berupa pelepasan anak penyu di daerah Pekik Nyaring, bengkulu Utara. Letaknya tidak jauh dari wahana Surya.

Konservasi penyu Pekik Nyaring sendiri awalnya dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat dalam rangka melestarikan penyu. Namun belakangan sudah ada campur tangan pemerintah daerah yang membantu masyarakat lokal dalam menetaskan telur penyu yang akan dilepaskan ke Samudra demi menjaga kelangsungan kehidupan penyu. Terus terang saya tidak tahu berapa biaya yang harus anda bayarkan untuk melakukan pelepasan tukik, saya sudah dua kali ke sini, namun selalu dalam rangka acara kantor, sehingga tidak tahu Berapa harga 1 ekor penyu yang akan dilepaskan.

Perkampungan Cina

Wisata_bengkulu
Kampung cina. Ig @fianbkl
Perkampungan Cina terletak tepat di depan benteng Fort Marlborough. Sesuai dengan namanya tempat ini merupakan perkampungan etnis Tionghoa kota Bengkulu. Terdapat rumah dengan ciri khas etnis Tionghoa yang cukup kental. Anda bisa berfoto-foto di sini sebab lokasi wisata instagramable kota Bengkulu ini memang sangat indah. Tidak ada karcis masuk yang Anda harus bayar, hanya saja anda tetap harus waspada, sebab lokasinya lumayan sepi.

Danau Dendam Tak Sudah

Wisata_bengkulu
Danau de dam tak sudah. Ig @rahmatandriansa
Wisata Bengkulu berikutnya adalah Danau Dendam Tak Sudah. Menurut masyarakat setempat Sebenarnya ada yang salah dengan penamaan Danau Dendam Tak Sudah. Menurut Masyarakat lokal yang benar adalah Danau De Dam tak sudah, berasal dari bahasa Belanda yang berarti dam atau waduk yang belum selesai.

Anda bisa menikmati Keindahan Danau Dendam Tak Sudah sembari menikmati dogan dari pinggir danau. Tidak ada karcis yang perlu dibayar untuk menikmati Danau Dendam Tak Sudah, anda hanya perlu membayar parkir Rp2.000 dan membayar makanan yang anda pesan. Jika anda ingin menikmati keindahan danau Dendam Tak Sudah, mau tidak mau anda harus memesan sesuatu, sebab seluruh kursi dan meja yang disediakan oleh penjual makanan hanya boleh diduduki jika anda memesan sesuatu.

Rumah Soekarno

Wisata_bengkulu
Rumah soekarno. Ig @fenny_karla

Rumah Soekarno adalah tempat pengasingan Bung Karno pada tahun 1938 hingga tahun 1942. Disekitaran rumah ini pula Soekarno menemukan tambatan Hati Ibu Fatmawati. Rumah Soekarno terletak tidak jauh dari Simpang Lima ratu samban. Karcis masuk rumah Soekarno adalah Rp10.000. Anda bisa melihat kamar tidur Soekarno, pakaian, buku, dan barang-barang bersejarah lainnya peninggalan Bung Karno. Ada 1 hal unik dari rumah soekarno ini, yaitu Jika anda ingin melakukan foto prewedding di sini, karcis masuknya bisa mencapai Rp150.000 atau lebih, jadi bertanya terlebih dahulu kepada petugas sebelum melakukan foto prewedding di sini.

Tepat di lorong sebelah Rumah Soekarno terdapat rumah Fatmawati. Fatmawati muda adalah anak dari asisten Soekarno, soekarno terpikat dengan kecantikan fatmawati dan akhirnya mempersunting ibu Fatmawati menjadi istrinya.

Saya rasa itu dulu wisata Bengkulu populer yang bisa saya ceritakan, sebenarnya masih banyak lagi, silahkan anda explore Bengkulu dan menemukan keindahan-keindahan tersembunyi di bumi raflesia ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata bengkulu terpopuler"