Translate

Tempat-tempat makan di palembang

Berbicara mengenai tempat makan di palembang, tentunya ada banyak sekali tempat makan yang bisa anda kunjungi, tinggal anda yang yang menentukan ingin tempat makanan seperti apa.

Di bawah ini saya akan mengulas tempat pak makan di palembang yang pernah saya kunjungi:

Pempek 26 ilir palembang

Tempat_makan_palembang
@setia_chips
Sesuai dengan namanya pempek 26 ilir ini emang terletak di daerah 26 ilir palembang, tepatnya tidak jauh dari kantor walikota palembang.

Pempek 26 ilir sendiri merupakan sebutan untuk kampung pempek yang ada di kota palembang. Di dalamnya terdapat banyak sekali toko pempek, dan satu yang paling terkenal adalah pempek lala.
Mungkin ada lebih dari 20 toko pempek yang ada di pempek 26 ilir.

Hampir seluruh pempek di sini dihargai Rp1.000 per biji. Jadi jika anda ingin membawa oleh-oleh pempek yang murah tapi enak silakan mampir kesini.

Pindang Walikota

Tempat_makan_palembang
@arienhutari
Di awal-awal saya akan menceritakan tempat makan yang memang merupakan makanan khas dari kota Palembang, selain pempek dan rekan-rekannya (tekwan, model, celimpungan, laksan, burgo, dan banyak lagi) ada lagi makanan yang menjadi ciri khas sumsel yaitu pindang. Hampir setiap daerah di Sumsel memiliki pindang sendiri dan yang paling terkenal adalah pindang meranjat menurutku.

Pindang sendiri merupakan olahan ikan biasanya ikan air sungai yang di gulai, namun perbedaannya dengan gulai adalah Jika gulai menggunakan santan, pindang tidak.

Salah satu pindang yang terkenal di Palembang adalah pindang walikota, nama tempat makan ini sebenarnya bukan pindang walikota, namun karena letaknya dekat dengan kantor walikota orang sudah terbiasa menyebutnya pindang walikota. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi namun tetap dikisaran Rp30.000. Jika anda mampir ke kota Palembang jangan lupa untuk mampir ke pindang walikota yang nama aslinya adalah pindang walikota & sate manis SEDERHANA

Riverside

Tempat_makan_palembang
@riza.haryadi
Jika sebelumnya kita membahas makanan tradisional, riverside adalah Restoran apung yang berada di dekat Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera. Restoran Ini menawarkan berbagai menu, mulai dari makanan laut, makanan khas palembang dan masih banyak lagi. Selain menikmati hidangan, anda juga bisa berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera dari restoran ini. Anda juga bisa menemui ikan belida hidup yang sekarang sudah sangat langka ditemui di Palembang. Jika anda pernah membeli kemplang palembang (kerupuk palembang) yang di dalam kemasannya terdapat gambar ikan dengan ekor yang cukup panjang berbentuk pipih seperti ikan nila dengan kulit hitam mulus licin seperti lele, ikan belida.

Harga yang ditawarkan restoran ini cukup bervariasi, satu porsi nasi goreng di restoran ini dihargai Rp40.000,- saya rasa gambaran mengenai nasi goreng ini sudah bisa memberi gambaran kepada anda harga rata-rata makanan di restoran ini.

Kampung Kapitan resto

Tempat_makan_palembang
@charming.palembang
Kampung Kapitan Resto letaknya berseberangan sungai dengan Riverside, menu yang ditawarkan pun hampir sama, hanya letaknya saja yang berseberangan. Untuk popularitas jujur Saja kampung Kapitan kalah pamor dengan riverside, karena akses riverside lebih mudah daripada Kampung Kapitan. Aku sudah pernah mencoba keduanya. Untuk rasa hampir sama saja.

Pindang Hj Nita

Tempat_makan_palembang
Pindang Hj. Nita
Saya akan coba memulai dan mengingat mengingat tempat makan yang pernah saya datangi mulai dari daerah Seberang Ulu atau seberang sungai musi terlebih dahulu.

Pindang Hj. Nita terletak dalam komplek perumahan atlet jakabaring. letaknya tidak jauh dari Bundaran air mancur Jakabaring. Tepatnya dilorong sebelah kantor Smartfren.

Ada 1 menu ikan yang menjadi idola di tempat makan ini, yaitu ikan seluang. Ikan seluang sebenarnya hanyalah makanan pendamping atau appetizer selain menu utama pindang, namun karena rasanya yang gurih biasanya selain menikmati pindang orang juga akan memesan ikan seluang ini.

Harga yang ditawarkan juga cukup murah, saya pernah foto menunya, daripada saya Jelaskan, lihat sendiri ya di foto.

Pempek honey

Tempat_makan_palembang
@pempekhoney
Meskipun namanya pempek honey, rasa pempeknya tidaklah manis seperti madu.

Pempek honey masih juga terletak di dalam Kompleks atlet jakabaring tidak jauh dari pindang Hj. Nita

Pempek honey juga merupakan rumah si pemilik yang disulap sebagiannya menjadi restoran. Pempek honey sendiri mengusung nuansa modern, bahkan di dalam tempat makan ini juga terdapat kolam renang.

Selain Menikmati menu pempek yang tentunya lengkap, semua jenis pempek ada di sini juga ada menu pindang dan beberapa menu makanan khas Palembang lainnya.

Menurutku rasanya juga enak, dan juga harga yang ditawarkan relatif standar.

Lenggok

Tempat_makan_palembang
@lenggokplg
Kembali ke daerah seberang ilir, maafkanlah jika tulisan tidak beraturan, aku menulis hanya yang aku ingat saja.

Lenggo adalah toko oleh-oleh yang terletak dekat Kambang Iwak. Menurutku cukup lengkap oleh-oleh yang ditawarkan disini, mulai dari berbagai makanan khas Palembang hingga oleh-oleh seperti craft dan berbagai jenis kerajinan khas palembang juga ada disini.

Lenggok juga mengusung nuansa modern. Lenggok terdiri dari dua lantai. Untuk harga makanan dan minuman jujur Saja aku tidak tahu, sebab beberapa kali kesini aku selalu ditraktir, hhe...

Bebek Slamet

Tempat_makan_palembang
@icipicip_baturaja
Bagi anda pecinta Kuliner pedas, anda bisa mencoba Bebek Slamet, dengan khas nya sambel korek.

Bebek slamet sendiri di Palembang terdiri dari dua cabang, pertama di kedaung tidak jauh dari pempek king dan rusun palembang, kedua berada di kenten.

Sesuai namanya, tempat makan ini menjual bebek goreng yang kualitas sambalnya bisa membuat hidung berair dan mulut terbakar, wkwkkw lebay

Bagian yang tidak suka bebek, juga ditawarkan menu ayam goreng. Jujur saja, aku sangat sering membeli ayam goreng di bebek slamet, menurutku ini adalah ayam goreng terenak di Palembang. Aku selalu ketagihan.

Harga bebek maupun ayam satu porsinya dibanderol Rp26.000 sudah termasuk nasi.

Jadi tunggu apalagi, monggo mampir ke bebek slamet.

The Equator rooftop Cafe

Tempat_makan_palembang
@rahmatandriansa
Beralih ke daerah sekitar Palembang Square Mall. Terdapat sebuah kafe yang terletak di lantai 5 hotel Barong, yang namanya adalah equatore rooftop cafe palembang.

Cafe ini juga mengusung konsep modern, menu yang ditawarkan juga merupakan makanan makanan luar negeri, seperti pizza, sushi, dan masih banyak lagi.

Aku sudah pernah mengulasnya, silakan baca di buayajalan.

Baropi

Tempat_makan_palembang
@baropigrill
Baropi grill and Resto adalah tempat makan yang letaknya di samping the equatore. Baropi sendiri memiliki dua cabang di Palembang, pertama di ruko PS Mall, kedua di daerah sekitar Lapangan Hatta, palembang. Aku juga sudah pernah datang ke kedua cabang ini.

Ada menu andalan di sini, yaitu all you can eat, Anda dapat menikmati grill dan berbagai makanan lainnya dalam 1 jam hanya dengan Rp90.000 per orang. Jadi tunggu apalagi, jika anda ingin puas makan datanglah ke Baropi.

Magal korean BBQ house

Tempat_makan_palembang
@magal_palembang
Sesuai Namanya, magal Korean BBQ house adalah restoran Korea. Terdapat berbagai jenis makanan Korea di sini, penggemarnya pun tentu saja orang yang fanatik dengan Korea, aku pernah makan di sini dan aku tidak kenyang, wkwkwk..

Magal itu sendiri menurutku juga merupakan plesetan dari mahal 😁😅
Aku juga sudah pernah mengulasnya di tulisanku yang lain di blog ini, silakan pergi ke tombol search dan ketikkan "magal" untuk lebih lengkapnya.

Golf suki dimsum

Tempat_makan_palembang
@taste.palembang
Sesuai namanya restoran ini berada di daerah golf, logat orang palembang menyebutnya golep (e lemah).

Menu yang ditawarkan adalah Suki dan dimsum serta juga ada berbagai menu lainnya. Dibandingkan restoran sebelumnya, restoran ini lebih murah. Kami pernah makan ber sepuluh dan menghabiskan Rp1.000.000, ssehingga jika dibagi 10 hanya Rp100.000 per orang

Gemercik

Tempat_makan_palembang
@makanmakanpalembang
Gemercik adalah restoran yang berada di daerah Demang Lebar Daun, menu makanan yang ditawarkan adalah menu makanan sehari-hari ditambah dengan menu makanan khas Palembang.

Gemercik sendiri tersedia indoor dan outdoor. Rasa yang ditawarkan lumayan enak. Aku pernah datang kesini saat awal gemercik baru buka, namun Sayangnya aku lupa menuliskannya di blog ini.

Rumah Makan Lamun Ombak

Tempat_makan_palembang
@kuliner.stevgo
Lamun Ombak sendiri mungkin sudah terkenal di beberapa wilayah di Indonesia, dan Tahukah Anda bahwa Rumah Makan Lamun Ombak juga ada di Palembang, tepatnya di daerah sekitar Soekarno Hatta tidak jauh dari bandara.

RM Lamun Ombak adalah restoran Padang. Jadi jangan menanyakan pempek di restoran ini. Harga ditawarkan relatif sama dengan sederhana dan pagi sore, namun menurutku lamun Ombak lebih enak.

Kenten Street

Tempat_makan_palembang
@rahmatandriansa
Kenten Street adalah sama seperti pempek 26 Ilir, yaitu seperti foodcourt. Perbedaannya jika 26 ilir menjual pempek, tempat makan yang ada di kenten Street menjual berbagai makanan kekinian dan cocok untuk anak muda nongkrong.

Ada hampir 30 tenant menurutku yang ada di Kenten Street, jadi anda bebas memilih makanan apa yang anda ingin coba, mulai dari bakso, makanan Jepang, makanan Korea, dan pempek juga ada disini.

Di sini juga menjual berbagai bir dan yang paling aku suka adalah Cincao Hejo (wkwkwk, saya tidak minum bir jadi minumnya cincau aja).

Selain lokasinya yang instagramable, di Kenten Street juga terdapat live musik.

SoMa (Social Market)

Tempat_makan_palembang
SoMa
Konsepnya sama seperti Kenten Street, hanya saja SoMa lebih  untuk kalangan menengah atas. Tenan tenan yang ada di Soma juga adalah tenant berkelas.

Ada mungkin sekitar 15 tenant yang ada di Soma.

Selain sebagai social market, di sana juga terdapat bioskop CGV dan diamond Departemen Store.

Aku pernah datang ke beberapa tempat di soma, yaitu:

Terassa

Terassa sendiri merupakan tenant yang paling ramai dikunjungi di Soma menurutku, bukan tanpa sebab, Terassa sepertinya tempat yang terlihat paling asyik dan paling ramah menurutku, wkwwk..

tau kan maksudnya ramah, 😆.

Holycow Steak by chef afit

Tempat_makan_palembang
Holycow sendiri adalah restoran steak. Aku pernah sekali ke sini, ternyata 1 piring steak disini dihargai Rp150.000, untukku pribadi ini tidak ramah, 😆

Memang kuakui rasa steak nya enak, enak banget malahan, tapi ya itu ada harga ada rupa.

Pancious

Tempat_makan_palembang
Struk nya aja, foto makanan ny di hp istri
Pancious sendiri menjual berbagai jenis masakan Eropa menurutku. Saking asingnya dengan menu makanan yang ada, aku sampai bertanya ke penjualnya ini apa?

Jadi begitu guys, jangan malu bertanya, biar tidak sesat dijalan.

Aku masih menyimpan struk pancious ku, jadi lihat sendiri saja harganya yang bisa menjadi perkiraan harga makanan lainnya yang disediakan restoran ini.

Sate oli

Menurutku ini adalah makanan yang paling enak di Palembang karena sesuai dengan lidahku, dompetku, dan kelasku.😆

Sate Oli sebenarnya bernama Sate Haji Atokna, namun karena letaknya yang berada di dekat tempat penjualan peralatan besi di Cinde yang notabene banyak oli dan sebagainya, makanya tempat makan sate ini lebih dikenal dengan sate oli.

Soto oli terletak di lorong sebelum bank Mandiri Cinde. Rasanya sangat enak, meskipun tempat ini sederhana, emang pengunjungnya banyak dari kalangan karena rasanya yang sudah tersohor. Jika tidak percaya datang saja ke sate oli sekitar jam 1 siang, kemungkinan gulai yang jadi menu favorit tempat makan ini sudah ludes terjual.

Tempat makan ini sebenarnya hanya menjual gulai, sop sapi dan sate ayam/sapi, namun karena rasanya yang lezat tempat makanan ini selalu ramai pengunjung

Soal harga tidak perlu khawatir, sebab ramah di kantong.

Satu yang harus aku sayangkan, di beberapa tempat di sako palembang ada beberapa tempat makan yang menurutku menjual nama Sate H. Atokna sebagai nama tempat makan mereka, namun waktu aku coba rasanya sangat jauh sekali berbeda dengan sate H. Atokna yang di cinde, jadi jangan sampai tertipu ya guys.

Saya rasa itu dulu tulisan saya mengenai tempat makan di Palembang, saya berusaha akan terus mengupdate tulisan ini.

semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Tempat-tempat makan di palembang"

Lim Suandi said...

Banyak nian tempat makan yang belum aku kunjungi ternyata. Kebetulan sih aku tipe orang kalau makan mikir° dulu hehehe. Makanya belum dicoba makan di tempat-tempat yang sudah disebut.

Harumi Paramaiswari said...

Wah aku baru tahu nih Kak sama Pindang Walikota, Palembang memang surganya kalo mau kuliner, bagiku yang besar di Palembang ya.. Karena lidahnya udah Palembang banget.. hehe

Heru Prasetio || jalanheru.wordpress.com said...

Kurang Martabak HAR yang fenomenal itu, Kak dan Sate Manis Wak Din di 7 Ulu. Kalo list di atas yang paling kusuka Bebek Selamet dan Holycow Steak by chef afit.

travel blogger said...

Hhe..sama om,

travel blogger said...

Hhe..cobain mba, enak

travel blogger said...

Siap om, lupa masukin

Lya said...

Beberapa tempat ternyata belum pernah disinggahi. Penasaran dengan list pindang yang keduanya belum pernah didatangi, sejujurnya beda pindang pegagan dan meranjat saja sampai hari ini masih belum ngeh, hehee...

btw, untuk masukan, klo bisa list menu di pindang Hj Nita diputar kk :) terimakasih informasinya :)

Haryadi Yansyah said...

Kaget ternyata di Palembang ada Lamun Ombak juga! haha. Dulu keinget kalau dinas ke Padang makannya di Lamun Ombak. Jadi pingin icip dan ngebandingin rasanya. Eh minimal kangen-kangenan sama makanannya deh.


Beberapa tempat makan lain menarik juga karena aku belom pernah coba. Sebagian kecilnya lagi pernah icip walau gak semuanya oke dan jadi rujukan untuk datang kali kedua hehehe.

omnduut dot com

Pringadi said...

Ya ampun, aku merasa gagal jadi orang Palembang. Yang pernah kudatangi baru river side bae. Yang pernah kedengar bahkan cuma Lamun Ombak, yang lain dak tahu nian aku. Pacaklah dicubo gek men balik ke Palembang.

Faridilla Ainun said...

Wah, baru tau namanya Sate Oli...Belum pernah sih ke sana. Tapi menarik untuk dicoba.

Tempat makan di Palembang makin hari makin banyak memang, enaknya dikategoriin berdasarkan makanan atau tujuannya sih. Kayak Lamun Ombak dan Pindang itu, enaknya buat makan siang bareng temen kantor

Kuskus Pintar said...

Pindang Hj Nita, Pindang Walikota uhh mantep nih. Sayang belom pernah ke sana, kayaknya aku mainnya kurang jauh. Padahal selaku pecinta masakan desa *eh khas palembang, mesti dijajaki ini hehe

next time semoga bisa, makasih infonya kak

bimorafandha said...

Enak banget ya semuanya. Lengkap. Bisa jadi pilihan pas ngajak orang dateng ke Palembang. Hehehe. Nice info btw.

Mommy Ossas said...

Banyak yang belum pernah dikunjungi 😹
Biaso mamang pempek sepeda tu lah ...

Tapi pengen juga sih at least nyobain sekali... Terima kasih sudah berbagi..