Holycow steakhouse by chef afit palembang

holycow_steakhouse_by_chef_afit
Holycow palembang
Berbicara mengenai steak, siapa yang tidak tahu holycow, rumah nya steak enak dengan harga terjangkau di kelasnya.

Kali ini saya akan membahas holycow steakhouse by chef afit yang di palembang. Kebetulan saya tadi siang baru saja makan steak disini hasil traktiran ulang tahun teman, hhe..

Mari kita bahas sejarah nya dulu

Sejarah holycow

Holycow di palembang sendiri sebenarnya dahulu sudah pernah buka, dulu lokasi nya di Jalan veteran No.999, tapi tidak tahu Mengapa holycow saat itu hanya bertahan sekitar satu tahun, kemudian tutup.
Holycow_steakhouse_by_chef_afit
SoMa (Social Market)
Holycow palembang akhirnya buka kembali pada 30 Mei 2019 di SoMa (Social Market palembang) di lokasi yang sama dengan tempat yang dulu (Jl. Veteran No. 999) dengan nama Holycow steakhouse by chef afit yang merubah jargon nya dari TKP (Tempat Karnivora Pesta) menjadi CAMP (CArnivores Meat-ing Point) yang menurutku kepanjangan CAMP nya agak maksa ya, wokwokwok...

Setelah saya mencoba cari tahu perihal perubahan tersebut, ternyata semua berawal dari pecah kongsi nya pemilik holycow (afit-lucy dengan wynda-wanda). 

Holycow sendiri awalnya bernama steak hotel by holycow yang awalnya merupakan warung tenda di kawasan radio dalam, di jakarta pada tahun 2009, sebelum akhirnya membuka gerai permanen pertamanya di kawasan senopati.

Jadi bisnis memang bisnis rintisan antara mereka-mereka, namun karena satu dan lain hal, akhirnya bisnis ini pecah kongsi pada Mei 2012. Akhirnya Afit merubah nama holycow nya menjadi holycow steakhouse by chef afit sementara wanda tetap dengan nama steak hotel by holycow.

Sedih juga ya, padahal awalnya mereka pasti temanan, ngga tahu deh Gimana akhir cerita nya setelah pecah kongsi. 

Ini jadi pelajaran buat kita semua gaes kalo mau buka bisnis bareng temen-temen, semua nya harus profesional dan harus saling percaya.

Ok lanjut gaes, berhubung tadi saya makan nya di holycow steakhouse by chef afit jadi saya kasih tahu bahwa holycow ini miliknya om Afit Dwi Purwanto dan mba Lucy Wiryono (yang sering bawain acara moto gp).

Berdasarkan website resmi nya holycow om afit di www.steakholycow.com, saat ini ada 22 gerai resmi holycow steakhouse by chef afit, namun menurutku website mereka kurang update, sebab di 22 gerai resmi holycow itu, tidak ada menyebutkan holycow palembang.

Saya juga tidak tahu yang dimaksud gerai resmi itu Apakah yang langsung dikelola om afit atau Bagaimana, sebab berdasarkan info dari twitter @steakholycow, holycow sekarang sudah buka franchise. Monggo nih dipersilahkan bagi yang mau franchise holycow bisa mengunjungi website resmi nya atau lihat di twitter nya.
Holycow_steakhouse_by_chef_afit
Holycow palembang
Lanjut kita bicara menu nya

Menu holycow

Meskipun holycow ini identik dengan steak yang mayoritas Anda akan berpikir daging sapi, sebenarnya tidak sapi saja, tapi banyak daging lainnya.

Steak sendiri bahasa indonesia nya adalah steik. Menurut kbbi steik adalah daging (sapi, babi, ikan, ayam) yang dipotong lebar kurang lebih sebesar telapak tangan, tebal 1,5cm, dibumbui lada dan garam atau bumbu lainnya lalu dipang-gang atau digoreng dengan mentega sekadarnya.

Secara garis besar berdasarkan kualitasnya, holycow steakhouse by chef afit ini menyajikan dua tipe daging sapi, yaitu wagyu dan hokubee. 

Wagyu

Wagyu sendiri berasal dari bahasa jepang yang berarti sapi jepang,  sapi jepang sendiri memang merupakan sapi terbaik untuk dijadikan steik, sebab memiliki marbling paling banyak.

Apakah Anda sudah tahu apa itu marbling? Marbling adalah guratan-guratan putih pada daging yang sebenarnya merupakan kumpulan lemak. Marbling juga lah yang dijadikan patokan untuk menentukan kualitas daging. Semakin banyak marbling nya maka harga dagingnya akan semakin mahal.

Diperjalanan nya, wagyu tidak lagi merujuk pada sapi jepang, melainkan merujuk kepada daging sapi dengan banyak marbling didalamnya.

Hokubee

Selanjutnya hokubee. Jika wagyu merupakan sapi jepang, hokubee 8adalah daging sapi australia yang di-treatment khusus menggunakan teknologi jepang.

Tak heran jika biasanya harga hokubee lebih murah dari9 wagyu.

Setelah membahas steak berdasarkan jenis sapi nya, sekarang kita bahas bagian-bagian nya.

Rib eye

Rib eye sendiri merujuk kepada daging disekitar tulang iga atau tulang rusuk yang lebih lembut dan lemak. Daging rib eye memiliki tekstur yang lembut dan beraroma.

Sirloin/striploin

Sirloin atau striploin merujuk ke daging has luar. Daging sirloin memiliki tekstur lemak yang halus dan juicy.

Tenderloin

Tenderloin merupakan daging has dalam. Tenderloin merupakan bagian daging yang termahal dan terenak untuk dijadikan steak. Bagian ini memiliki daging yang halus dengan kandungan lemak yang rendah. Biasanya tenderloin disajikan dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan bagian lainnya.

Okelah, setelah Anda paham jenis dan bagian-bagian daging nya, berikut adalah daftar menu dan harga yang ada di holycow steakhouse by chef afit:

Harga makanan

Holycow_steakhouse_by_chef_afit
Daftar menu
1. Premium selection MB9+
-wagyu sirloin MB9+ Rp 395k
-wagyu rib eye MB9+ Rp 388k
-wagyu tenderloin MB9+ Rp 475k

2. Premium selection M4-5
-wagyu sirloin M4-5 Rp 225k
-wagyu rib eye M4-5 Rp 245k
-wagyu tenderloin M4-5 Rp 280k

3. Hokubee selection
-wagyu sirloin Rp 170k
-wagyu rib eye Rp 185k
-wagyu tenderloin Rp 210k
Holycow_steakhouse_by_chef_afit
Hokubee rib eye blackpepper
4. Australian prime beef
-buddy's spesial Rp 125k
-prime sirloin Rp 135k
-prime rib eye Rp 135k
-prime tenderloin Rp 165k
-chef afit's special cuts selection Rp 115k

5. Australian prime big bite
-big bite sirloin Rp 195k
-big bite rib eye Rp 195k

6. Buddy's combo (berlaku senin-selasa)
-2 Buddy's special steak + *drink Rp 245k

7. Hokubee combo (berlaku rabu-kamis)
-2 hokubee steak + *drink (sirloin Rp 335k, rib eye Rp 355k, tenderloin Rp 395k)

*= non refill drink - ice tea or sjora mango peach

8. U.S Beef
-U.S. sirloin Rp 180k
-U.S. rib eye Rp Rp 165k
-U.S. tenderloin Rp 215k

9. Easy bites
-Herb wedges Rp 25k

Bagi Anda yang tidak suka daging sapi, jangan khawatir, holycow steakhouse by chef afit juga menyediakan berbagai menu lainnya, seperti:
-salmon steak Rp 165k
-american burger wagyu Rp 95k
-meatballs (tomato, creamy, fried) Rp 95k
-mix grill (boneless chicken, prime beef & sausage) Rp 95k
-mixed beef salad Rp 85k
-chicken steak Rp 80k
-fried chicken steak Rp 80k

Sementara side dish nya sendiri yang tersedia adalah french fries dan mashed potatoes. Anda bisa menambah side dish, dengan harga:
-green bean Rp 20k
-french fries Rp 20k
-mashed potatoes Rp 20k
-sauteed spinach Rp 20k
-rice Rp 20k
-butter rice Rp 20k

Selain itu, ada juga beberapa pilihan saos yang ditawarkan holycow, yaitu:
-salted egg sauce
-homemade mushroom
-W sauce + buddy's sauce
-Blackpepper + barbeque

Harga minuman

Holycow_steakhouse_by_chef_afit
Daftar menu
-blackcurrant soda Rp 32,5k
-lime mint Rp 32,5k
-mango latte Rp 32,5k
-strawberry milkshake Rp 32,5k
-green tea matcha Rp 32,5k
-iced cappucino Rp 32,5k
-lychee yakult Rp 32,5k
-hot/iced tea Rp 25k 
-*nestea flavors Rp 27,5k
-lemon tea, green tea, lychee tea, blackcurrant Rp 27,5k

*dapat di refill, tapi ngomong dulu sama mbak nya, kalo ngga ntar ngga di refill 😅

Seluruh harga diatas belum termasuk PPn (Pajak penjualan) yang merupakan pajak restoran alias pajak daerah, bukan PPN (N nya besar) alias Pajak Pertambahan Nilai yang merupakan Pajak pusat, jadi jangan salah ya gaes meskipun kedua nya sama-sama 10%

Apakah holycow halal?

Oh iya, bagi Anda yang bertanya Apakah holycow halal? Berdasarkan website resmi holycowsteak.com, mereka mengatakan bahwa holycow ini halal. Berikut screenshot nya:
holycow_halal
Apakah holycow halal?
Jawaban netizen di tripadvisor.com mengenai sertifikat halal holycow
Sertifikat_halal_mui
Jawaban netizen
Selain pernyataan diatas, saya rasa holycow hanya menjual daging sapi saja, tidak ada jenis daging yang diharamkan yang dijual holycow. Terkait proses pemotongan yang menggunakan bismillah apa tidak, berdasarkan ceramah mamah dede yang pernah saya dengar, hal ini dapat disiasati dengan mengucap bismillah sebelum memakan daging tersebut. Mohon koreksi saya di kolom komentar jika saya salah 🙏

Jam buka

Sejarah sudah, lokasi sudah, menu sudah, harga sudah, apalagi ya yang harus saya bahas? Oh iya saya belum membahas jam buka.

Jam buka holycow steakhouse by chef afit palembang ini buka mulai dari pukul 10.00 pagi hingga 11.30 malam.

Saya rasa itu dulu cerita saya mengenai holycow steakhouse by chef afit
palembang, semoga bermanfaat



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Holycow steakhouse by chef afit palembang"

deddyhuang.com said...

mantep! aku sendiri belum pernah ke sini haha karena emang bukan penikmat daging. cuma kalau dari kata beberapa teman udah coba taste steaknya cukup enak.

travel blogger said...

Hhe..iya ko, cobain deh. Lumayan juga klo utk ngeset foto makanan.