Tips dan Preset Foto Lomba! sudah terbukti memenangkan beberapa lomba foto

editing foto lomba

Tips dan Preset Foto Lomba

Kali ini saya akan membahas mengenai tips edit foto dan preset foto lomba. Tulisan ini masuk kedalam edisi spesial 5 tahun buayajalan.com pada 9 Oktober 2023 mendatang. Tulisan ini mengandung banyak daging dan sudah terbukti, aku pernah memenangkan beberapa penghargaan dalam lomba foto menggunakan preset foto ini yang sudah aku highlight di instagram ku @rahmatandriansa , wkwkwk...

Aku juga ingin mengucapkan terima kasih kepada guruku dimana tempat aku belajar fotografi lomba, Hasan Tribuana, terima kasih kak bon, sudah mengajari ku banyak hal terkait lomba foto. Untuk yang belum tahu siapa Hasan Tribuana, boleh lah di search di Google, untuk pemain lama aku yakin tidak ada yang tidak tahu Beliau ini, wkwkwk..

Sebelum membagikan LUT, aku ingin memberikan beberapa tips Bagaimana cara memenangkan sebuah lomba foto, walau belum tentu menang, tapi setidaknya ini yang biasa fotografer lomba lakukan.

Tips Menang Lomba Foto

1. Ketahui siapa jurinya

Ini adalah hal pertama yang paling penting jika Anda ingin mengikuti sebuah lomba foto. Anda harus tahu siapa jurinya, Bagaimana selera foto jurinya. Penilaian lomba foto itu bersifat subjektif alias tergantung selera juri. Tidak ada yang salah ketika juri memenangkan sebuah foto dan keputusan dewan juri adalah tidak dapat diganggu gugat.

2. Ketahui kriteria penilaian

Yang kedua adalah ketahui bagaimana kriteria penilaian dalam lomba foto tersebut. Biasanya akan ada porsi-porsi yang sudah ditetapkan panitia. Misal kriteria penilaiannya tema 30%, keunikan 40%, kualitas foto 30%.

Selain itu, biasanya kriteria penilaian standar sebuah lomba foto terbagi atas 4 hal, yaitu:
  • Bagus, foto bagus artinya foto yang sesuai tema yang dilombakan.
  • Indah, foto indah artinya foto yang enak dipandang mata, seperti komposisi, warna, detail, dsb.
  • Menarik, foto menarik artinya memikat mata juri untuk melihat foto tersebut.
  • Unik, foto unik ini yang agak berat. Foto unik biasanya berkaitan dengan cara pengambilan dan juga foto tersebut belum pernah dilihat oleh juri.
Ingin tahu Bagaimana seorang Arbain Rambey yang notabene sering menjadi juri lomba foto menilai foto lomba? Saya pernah mengikuti kelas Beliau dulu tentang Bagaimana dia menilai foto lomba.

Pertama, foto tersebut akan dilihat dalam feed yang kecil-kecil. Disana sangat penting foto menarik untuk bisa lanjut ke babak berikutnya. Di babak awal ini dari ribuan foto biasanya Beliau hanya akan mengambil beberapa foto saja yang akan masuk ke babak berikutnya, misal 30% nya saja dari seluruh foto peserta. Kedua, dari sisa 30% ini barulah foto akan dibuka satu per satu, di bagian ini akan dilihat keindahan foto, foto-foto yang tidak indah akan dihapus. Foto indah akan masuk ke sesi berikutnya. Di Sesi berikutnya ini misal menentukan 10 besar foto, barulah dilihat cerita foto dan keunikannnya. Dari 10 besar ini biasanya dewan juri (biasanya 3 orang) akan banyak berdebat mengenai foto juara. Misal dari segi cerita, dari segi cara pengambilan, dari segi warna, dari segi detail foto, dari segi kelangkaan foto dan sebagainya. Biasanya dewan juri akan menitikberatkan pada cerita foto untuk menjadi juara. Foto juara 1 pasti memiliki cerita yang paling kuat dan memenuhi kriteria bagus, indah, menarik, dan unik seperti yang saya kemukakan diatas.

3. Ketahui syarat lomba

rahmat andriansa

Dalam sebuah lomba foto, pasti akan ada syarat-syarat foto yang akan dilombakan. Para peserta harus patuh dengan syarat-syarat yang ditetapkan panitia jika tidak ingin foto Anda didiskualifikasi. Misal syaratnya maksimal foto yang boleh diikutkan adalah diambil tanggal 01 Januari 2022-09 Oktober 2023, maka Anda jangan memasukkan foto yang Anda ambil di 31 Desember 2021. Mau sebagus apapun foto Anda, pasti akan didiskualifikasi. 

Setiap foto memiliki metada yang sulit direkayasa. Ketika Anda berkemungkinan untuk menjadi pemenang, biasanya sebelum hari H pengumuman, Anda akan dihubungi panitia. Panitia biasanya akan meminta foto yang belum diedit atau RAW foto tersebut. Anda tidak dapat berbohong, disana akan terlihat metadata foto Anda.

Sebelum ikut lomba pun Anda sebagai peserta harus melihat seberapa bonafit lomba yang akan Anda ikuti. Tahukah Anda bahwa lomba foto ini bisa dijadikan sarana money laundry? Lomba foto yang tidak bonafit sebenarnya sudah diketahui siapa juara nya sebelum lomba dilakukan, kongkalingkong dalam lomba foto ini sudah biasa sepertinya terjadi.

Jujur saja, aku tidak pernah mau mengikuti lomba foto yang sedari awal tidak menyebutkan siapa juri nya dan berapa hadiah nya. Aku anggap itu lomba foto abal-abal. Menang tidak ada gengsi nya, kalah cuma kecewa saja, wkwkwk...

Jadi ikutilah lomba foto yang bergengsi saja, lomba foto ini sebagai sarana belajar, mengasah skill fotografi dan juga sarana cuan. Maka dari itu tidak jarang lomba-lomba foto yang besar-besar juara nya tidak jauh dari mereka-mereka yang memang sering menang lomba, sebab memang mereka semua gila dalam hunting foto.

Saya kasih tahu saja, untuk lomba foto yang besar, biasanya para macan lomba akan mensetting foto dan membayar model untuk bergaya sesuai apa yang sudah mereka pikirkan, maka dari itu jangan heran jika Anda takjub melihat foto juara dan mengatakan kok bisa ya mengambil foto seperti ini? Jawabnya adalah karena memang di setting sedari awal dan modelnya juga dibayar. Apa itu dilarang dalam lomba foto? Jawabannya tentu tidak.

Lomba foto paling bergengsi itu adalah lomba foto on the spot tapi yang kita tahu jurinya bonafit. Disitulah diuji benar-benar skil seorang fotografer untuk berfikir foto apa yang harus dibuat, salah-salah, hampir semua foto lomba mirip-mirip, tapi percayalah foto pemenang tidak akan sama dengan foto Anda kebanyakan yang bergerombol, wkwkwk..

Ingat gaes, usaha tak pernah mengkhianati hasil.

Tips hunting foto lomba

Selanjutnya sebelum nanti saya bagikan link preset foto lomba yang dulu sering saya gunakan, saya juga ingin berbagi tips hunting foto lomba di edisi 5 tahun buayajalan.com ini. Pokoknya di postingan kali ini isinya daging semua, semoga bisa jadi ilmu yang bermanfaat, rahasia-rahasia foto lomba yang dahulu aku bersusah payah kesana kemari mencarinya, karena di youtube itu banyak sekali yang dirahasiakan oleh orang-orang, akhirnya aku putuskan untuk dibagi-bagi saja, sebab aku ingin ini menjadi ilmu yang bermanfaat.

Berikut adalah beberapa tips hunting foto untuk kebutuhan lomba foto:
  • Resapi baik-baik tema lomba, kembangkan pikiran Anda kira-kira foto yang akan juara seperti apa, belajar membuat sebuah visualisasi dalam pikiran Anda sebelum foto itu Anda realisasikan di alam nyata. Saya kasih contoh, misal ada lomba foto tema "LRT Sumsel", kira-kira visualisasi Anda seperti Apa foto yang akan menang? Ya, benar. Foto LRT sedang lewat di sebelah jembatan Ampera. Jika Anda berhasil merealisasikan visualisasi pikiran Anda tersebut dan kualitas foto Anda lebih baik dari saingan Anda yang mengambil foto yang sama, pasti Anda akan menjadi juara 1. Tapi sebaliknya, jika Anda gagal memvisualisasikan foto juara 1, maka berpikirlah untuk membuat foto juara 2 saja. Kira-kira seperti apa foto juara 2? Mungkin ramai nya penumpang LRT, mungkin nyaman nya naik LRT, mungkin suasana stasiun, dan masih banyak lagi, yang jelas foto juara 1, juara 2, dan juara 3 akan berbeda, jadi jika Anda sudah pesimis akan jadi juara 1, ambil lah foto-foto yang akan juara 2 atau 3 saja. Lebih baik jadi juara 2 atau 3 daripada pulang dengan tangan kosong, hhe..
  • Hunting lah di cahaya terbaik dan color planning. Pernahkah Anda mendengar color planning dalam dunia visual foto/video? Color planning atau rencana warna ini berkaitan dengan cahaya terbaik. Indonesia adalah negara khatulistiwa, cahaya terbaik hanya terjadi sebentar saja (saya jelaskan di video yang ada di link dibawah). Color Planning ini berkaitan dengan color wheel. Untuk yang belum tahu color wheel silakan pelajari Apa itu color wheel dan teori warna atau color theory. Ada banyak sekali color theory seperti triadic, monochrome, analogous dan sebagainya, intinya dengan color theory membuat foto Anda akan sedap dipandang mata. Sederhananya Anda bisa menggunakan kontras warna. Rumus kontras warna adalah RGB vs CMYK. Jadi Red itu kontrasnya adalah Cyan. Green itu kontrasnya adalah Magenta. Blue itu kontrasnya Yellow. Selain mempelajari kontras warna, pelajari spektrum warna. Anda tahu Mengapa lampu lalu lintas diberi warna merah, kuning, hijau? Ya benar, warna merah memang memiliki spektrum warna paling besar, disusul kuning, lalu hijau. Spektrum warna yang besar membuat Anda bisa melihatnya bahkan dari kejauhan sekalipun. Begitu juga foto lomba, warna dominan merah sebuah foto akan lebih mencolok mata juri ketika foto masih dijejerkan kecil-kecil, dan itu akan memberikan Anda kesempatan lebih besar untuk melangkah ke babak berikutnya. 
  • Jangan pergi hunting sebelum Anda tahu mau hunting Apa. Ini sama seperti yang saya katakan diatas, jika Anda hanya pergi hunting tanpa persiapan, ya pulang juga tidak dapat apa-apa. Saya beri contoh satu orang fotografer lomba yang namanya sudah terseohor sebagai salah satu macan lomba yaitu Sofyan Effendi pemilik instagram @sofyanephoto. Mas Sofyan itu orang gila kalo menurut saya, lihat Bagaimana foto-foto dia, dimana dia mengambilnya. Jika Anda paham foto lomba, maka Anda akan no debat untuk menjadikan fotonya sebagai foto juara, istilah dalam dunia lomba foto, foto-foto dia itu autowin. Tak jarang dia pergi ke pedalaman (saya rasa sendirian atau bersama orang yang tidak suka lomba foto jika tidak maka fotonya akan sama), dan dia hunting disana. Foto-foto rare nya itu sudah pasti akan autowin di lomba-lomba bergengsi baik di Indonesia maupun level internasional.

Preset lomba foto

Berikut adalah preset foto lomba yang dulu sering saya gunakan ketika saya mengikuti lomba foto. Preset ini saya buat sendiri. Lomba foto biasanya mensyaratkan foto untuk tidak diedit berlebihan, begitu juga karakter preset ini, preset ini tidak berlebihan, hanya menambah kontras dan vibrant foto saja. Semoga bermanfaat. Preset lomba foto rahmat

Untuk Bagaimana cara menggunakannya, silahkan tonton video di bawah ini:


Posting Komentar untuk "Tips dan Preset Foto Lomba! sudah terbukti memenangkan beberapa lomba foto"