Kampung Tanggo Rajo 7 Ulu, Agen Pempek terbesar di Palembang

rahmat andriansa
Agen Pempek Palembang

Bagi sebagian orang Palembang, jika ada orang yang bertanya "Dimana di Palembang ini tempat pempek yang terkenal?" Sebagian pasti akan menyebutkan pempek 26 Ilir, Pempek Candy, Pempek Vico dan masih banyak lagi toko-toko pempek lainnya. 

Namun, tahukah Anda bahwa selain tempat/toko pempek yang aku sebutkan diatas, masih ada banyak lagi tempat pempek di Palembang ini, termasuk agen pempek Palembang. Mungkin sebagian pembaca juga belum tahu dimana letaknya agen pempek palembang ini. 

Agen Pempek Palembang ini terletak di Kampung Kreatif Pempek Tanggo Rajo Cindo Kelurahan 7 Ulu Seberang Ulu I Palembang. Bagi yang bingung dimana lokasinya, lokasinya tepat berada persis di seberang Benteng Kuto Besak atau jika di daerah Ulu, lokasinya tepat 100 meter dari Kampung Kapitan 7 Ulu.

Ada sekitar 6-7 rumah yang memang spesial membuat pempek setiap pagi tanpa hari libur (kecuali lebaran kali ya), dan pempek yang mereka buat tidaklah punya toko, melainkan mereka sudah ada pelanggan tetap yang datang ke tempat untuk membeli pempek yang mereka buat. 

Dalam sehari, jika aku melihat dari sekilas, kampung ini bisa menghasilkan puluhan ribu pempek yang siap dipasarkan di Kota Palembang maupun diluar Kota Palembang. Harga pempek nya juga murah, dibanderol seribuan. Ukurannya juga masih masuk akal untuk harga seribu. 

Tidak seperti pempek yang dijual di Pasar xxx (malas menyebutkan namanya karena menurutku mereka sudah terkenal sehingga banyak orang berdatangan disana karena mindset yang sudah terbangun disana adalah tempat pempek murah (walau sekarang sebenarnya sudah tidak murah lagi) sehingga karena banyak permintaan dan penawaran semakin sedikit karena pesaingnya banyak tutup, akhirnya perlahan namun pasti dia bisa memonopoli pasar).

Kampung Pempek Tanggo Rajo Cindo 7 Ulu sendiri sebenarnya tidak luput dari peranan pemerintah daerah, Kampung ini sudah dibina Bank Sumselbabel, namun tidak ada salahnya jika aku membantu Pemerintah untuk memperkenalkan kembali Kampung Pempek ini lewat caraku sendiri. 

Memang tidak akan berarti banyak, namun aku akan senang rasanya jika ada orang yang setelah membaca tulisanku akhirnya jadi tahu akan sesuatu hal atau menambah wawasan mereka di tengah zaman zombie seperti saat ini, Bagaimana tidak kukatan zombie, hampir rata-rata orang sekarang cuek dengan sekitar dan menunduk terus kepala nya, karena apa, karena sudah jadi zombie, eh salah, maksudku karena melihat hape terus-menerus.

Baiklah langsung saja ke inti tulisan, ada sekitar 6-7 rumah yang spesial membuat pempek dan 2 rumah yang spesial membuat kue tradisional khas Palembang. Seluruh konsepnya sama, mereka tidak punya toko, melainkan Toko atau pemesan yang datang ke tempat mereka dan langsung membeli untuk dijual lagi, tentunya dengan harga agen.

A. Agen Pempek

1. Pempek Koyek

pempek koyek

Pempek Koyek ini bisa dikatakan yang tempatnya paling strategis diantara yang lain, Bagaimana tidak, jika Anda datang ke Kampung Pempek Tanggo Rajo 7 Ulu, baik Anda datang dari arah Kampung Kapitan dari pinggir sungai musi maupun dari arah pasar 7 Ulu atau Anda datang dari sungai musi, bisa dipastikan Anda pertama kali akan menemui agen Pempek Koyek ini. Ibarat tanda +, lokasi pempek ini tepat berada di tengah-tengah tanda + itu, jadi pasti agen pempek ini dulu yang pertama kali Anda temui.

Aku tidak menyalahkan si pemilik agen pempek atas hal tersebut, Bagaimana tidak, si pemilik jika dibandingkan dengan pemilik agen pempek yang lain di kampung ini, dia yang paling muda. Seorang perempuan pemiliknya, dan menurutku usia nya tidak jauh beda dengan ku. 

Generasi sepertiku bisa dikatakan generasi melek, sudah tahu membuat strategi bisnis, bagaimana cara bisnis estetik, dan melek teknologi, jadi dalam membuat sesuatu pasti dipikirkan terlebih dahulu, tidak seperti orang jaman dulu yang terkadang nothing to lose dalam membuat sesuatu. Ini sama seperti Tesla dan Edison, Edison melek bisnis sementara Tesla tidak, akhirnya Tesla tersingkir, silakan baca sejarahnya!

Lah, ngomong apa aku ini, kok lari ke Tesla dan Edison, wkwkwk...kembali ke topik agen pempek tanggo rajo.

untuk melakukan pemesanan pempek koyek cukup mudah, silahkan kunjungi instagram nya di @pempek_koyek atau WA si mbak empunya di 0813-6963-9313 atau 0823-7113-5330

Aku sudah mencicipi Pempek Koyek ini, ukuran nya lumayan besar untuk ukuran seribu rupiah tidak seperti ukuran pempek di pasar (ah sudahlah), rasa ikannya juga tidak bau. Aku paling benci makan pempek yang ikannya bau. Nenek ku sebagai orang Palembang asli saja milih-milih kalau makan pempek, Beliau tidak mau makan pempek yang bau busuk. Apolagi aku cucung nyo, wkwkwk...

Waktu kami bertanya dimana pempek koyek ini dipasarkan? Si Mbak ngomong jika kebanyakan pempek koyek ini dipasarkan diluar daerah Palembang, "kami biaso nerimo paketan kak, la kemano-mano kami ngirim pempek ini, paling jauh Manado, tapi ado jugo di Plembang yang beli, baseng lah kak kemano bae", kira-kira seperti itulah kata-kata yang diucapkan mba nya ketika kami tanyakan kemana pempek koyek ini dipasarkan.

2. Pempek Minah

pempek minah

Masuk lagi kedalam gang-gang sempit di daerah Tanggo Rajo 7 Ulu ini, maka Anda akan bertemu agen pempek Minah. Jika Pempek Koyek tadi sebagian besar katanya dijual online, Pempek Minah ini juga dijual online, tapi disini kami melihat ada beberapa orang yang sedang menyusun pempek nya dalam rantang.

Aku lupa isitilahnya orang yang jual pempek pakai rantang ini apa, namun jika Anda pernah foto-foto di Ampera atau jalan-jalan di Pasar 16, nah pasti ada orang yang jualan Pempek menggunakan rantang ini.

Ketika bertanya-tanya ke si Ibu yang lagi menggoreng pempek adaan, "Iyo dek, banyak memang wong yang jualan pempek pake rantang ini ngambek disini untuk dijual lagi". Jadi dapat aku simpulkan, beberapa orang yang menjual pempek rantang mengambil pempek nya disini.

Untuk memesan Pempek Minah, selain datang langsung silakan Whatsapps admin nya di 0821-7755-4090 atau DM IG @pempek.minah

Jujur saja dari pengalaman aku motret di Palembang, orang Palembang itu aslinya ramah-ramah walau memang benar suaranya keras-keras dan jika berbicara nadanya tinggi dikira orang marah, padahal tidak. Dari 5/6 agen pempek yang kami datangi di Tanggo rajo ini tidak ada yang tidak welcome ke kami, kami semua selalu ditawari pempek. Tapi sayangnya tidak ada yang kami cicipi, soalnya sudah kenyang  terlebih dahulu di Pempek Koyek tadi.

3. Pempek Serame


Jujur saja pempek serame ini adalah agen pempek terakhir yang kami datangi, sebelumnya ada 2 agen lainnya sebelum kami datang ke Pempek Serame ini. Namun kami lupa memotret nama agen tersebut. Jika ditanya dari sisi fotografi, Pempek Serame ini paling estetik. 

Sebagai seorang fotografer human interest, aku tahu betul tempat ini bisa dijadikan tempat nge-setting foto yang bisa diikutkan lomba foto (pasti ada ini fotografer Palembang yang nanti akan tiba-tiba datang kesini setelah tulisan ini aku post wkwkwk, aku tidak pernah pelit tempat hunting, menurutku rejeki itu sudah ada yang atur, semakin aku berbagi, maka akan semakin banyak yang akan aku dapat, aku percaya itu).

Sayangnya aku tidak menemukan instagram pempek serame ini maupun nomor wa nya, namun jika ingin memesan, datang saja langsung ke Kampung Pempek Tanggo Rajo, Silahkan muter-muter dulu di kampung ini, ada banyak sekali agen pempek disini. 

Sebenarnya masih ada dua agen pempek lagi yang sudah sempat aku datangi sebelum aku mendatangi pempek Serame, tapi aku lupa namanya.

B. Agen Kue

kampung kapitan 7 Ulu Palembang

Selain rumah-rumah yang spesial membuat pempek untuk dijual lagi alias agen pempek, di Kampung Tanggo Rajo ini ada juga dua rumah yang spesial membuat kue-kue basah yang merupakan salah satu pemasok kue basah yang dijual di Pasar Cinde Palembang.

Ada banyak jenis kue tradisional Palembang yang dibuat disini sebut saja Bolu 8 Jam, Maksuba, Bolu Kojo, Srikayo, dan masih banyak lagi jajanan-jajanan pasar khas Palembang yang dibuat disini.

Letaknya persis di sebelah kantor pos 7 Ulu. Ada dua rumah yang bersebelahan (menurut mamang becak sih mereka berdua adalah bersaudara) yang mana keduanya merupakan agen kue Palembang.

Namun satu yang disayangkan, mereka tidak mengizinkan aku motret disana. Jika agen pempek tanggo rajo semuanya adalah pribumi dan mereka ramah dengan ku, agen kue ini bukan pribumi dan sudah biasa aku alami untuk memotret mereka tidaklah mudah. 

Aku malas ambil pusing ketika motret human interest. Aku bukan anak kemarin sore motret human interest atau motret jalanan, selain memotret aku juga mempelajari psikologis seseorang yang aku potret, jika mereka tidak berkenan, aku tidak akan memotret nya, namun jika menurutku ada gambar bagus, jangan salahkan aku tiba-tiba datang motret spontan, lalu orangnya marah, dan aku minta maaf. Dalam dunia fotografi ada pepatah, "Lebih baik meminta maaf daripada meminta izin".

Aku sangat menghindari memotret mereka, aku harap maklum, trauma masa lalu sejarah kelam negeri ini mungkin masih membekas dalam benak mereka, jadi mereka akan protektif ketika melihat orang asing, apalagi aku yang sedari awal sudah menenteng kamera dan ketika ditanya bukan wartawan melainkan hobi, pasti ada pertanyaan besar di benak mereka mau dibawa kemana foto mereka. 

Aku sadar fotografi adalah mengambil sesuatu dari orang lain, namun aku juga sangat jarang hanya mengambil foto tanpa memberikan sesuatu (bukan duit loh, aku sangat jarang nyawer dan itu tidak baik karena menyusahkan rekan fotografer berikutnya jika aku memberikan uang kepada orang yang aku potret). 

Aku membuat tulisan ini adalah bentuk sesuatu yang aku berikan kepada mereka setelah aku berhasil mengambil sesuatu dari mereka, yaitu foto mereka. Tulisan ini semoga bisa menjadi bermanfaat dan membuat orang lain paham bahwa ada Kampung Agen Pempek di Palembang dan berharap orderan pempek kampung tanggo rajo semakin banyak karena tulisan ini akan tersebar di dunia maya yang mana jangkauan nya sangat luas.
video dokumentasi jalan-jalan di Pempek Tanggo Rajo



2 komentar untuk "Kampung Tanggo Rajo 7 Ulu, Agen Pempek terbesar di Palembang"

kerupukwongkito 17.43 Hapus Komentar
Pempek rago, mungkin isitilah yang lebih lumrah untuk orang yang jual pempek pakai rantang. Namun, meski saya lahir dan besar di kampung yang tidak terlalu jauh dari lokasi kampung tanggo rajo ini, saya baru tahu keberadaan agen pempek terbesar di Palembang ini, terima kasih infonya Mas penulis.
Rahmat Andriansa 18.14 Hapus Komentar
Bisa jadi kak pempek rago, judul itu clickbait kak,wkwkwk... selama aku belum Nemu agen pempek tempat lain yg konsep nya sama dan jumlah nya lebih banyak yg banyak di dari yg di tanggo Rajo, berarti masih bisa dipakai judulnya kak agen pempek terbesar. Sebenarnya aku nulis ini juga supaya org tahu keberadaan mereka, sebagai samo2 budak ulu, Kito harus bantu berkontribusi utk daerah Kito supaya meningkatkan perekonomian warga setempat walau mungkin org yg melihat tulisan ini ga banyak, tapi pasti bakalan ada org yg tadinya g tahu akhirnya jadi tahu.