Soto Abah Opan! gurih sotonya luar biasa


Soto Abah Opan! gurihnya sotonya luar biasa,
itu yang pertama kali aku rasakan saat mencoba soto yang sudah ada sejak 34 tahun silam atau tepatnya sejak tahun1988 dan sudah membuka cabang sebanyak 6 buah, sehingga terdapat 7 warung Soto Abah Opan hingga saat tulisan ini dibuat.

Soto Abah Opan sendiri adalah milik dari Alm. H. Sopandi bin Madnil Sobandi yang sekarang usaha ini sudah diteruskan oleh anak-anaknya. Berarti usaha ini sudah masuk usaha yang berhasil masuk ke generasi kedua.

A. Lokasi Soto Abah Opan

Seperti yang sudah saya katakan diatas, terdapat 7 cabang soto Abah Opan yang tersebar di Kota Palembang dan Sekayu. Adapun cabang-cabang tersebut adalah sebagai berikut:

1. Soto Abah Opan belakang IP


Berdasarkan informasi dari anak pemilik warung soto abah opan, Soto Abah Opan belakang Internasional Plaza ini lah yang merupakan pusat atau awal pertama kalinya soto Abah Opan berdiri di tahun '88. Bisa dibayangkan Bagaimana ramainya lokasi ini saat dulu. Orang tua ku dulu sering bilang, bahwa zaman dahulu IP adalah mall terkeren dan terbesar yang ada di Palembang.

Warung soto abah Opan belakang IP ini buka mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB

2. Soto Abah Opan belakang PIM


Nah, selanjutnya adalah Soto Abah Opan belakang PIM. Soto Abah Opan belakang PIM ini bisa dikatakan Soto Abah Opan terbesar yang ada saat ini. Bagaimana tidak, bangunan nya dua lantai, ada ruang VIP nya, meja nya paling banyak dan juga menurutku pengungjungnya paling banyak. 

Coba saja Anda pergi makan siang di Soto Abah Opan belakang PIM ini, parkirannya pasti penuh mobil motor, namun jangan khawatir kehabihan parkir, tempat parkirnya luas.

Penulis sendiri saat mereview soto Abah Opan kali ini, berkesempatan diundang empunya untuk makan disini.

Soto Abah Opan belakang PIM ini berada di Jalan Kol. Achmad Badaruddin No. 9, Palembang. Jika dilihat dari peta google, terdapat keunikan antara soto Abah Opan belakang IP dengan Soto Abah Opan belakang PIM, keduanya berada di posisi yang sama dan hanya berbeda lorong saja jika dilihat dari aplikasi Google Maps.

Soto Abah Opan belakang PIM ini mulai buka pukul 08.00 - 20.00 WIB

3. Soto Abah Opan Kambang Iwak


Soto Abah Opan Kambang Iwak ini bisa dikatakan posisinya paling strategis jika dibandingkan dengan warung soto abah Opan lainnya. 

Warung soto ini tepat berada di seberang lampu merah kambang iwak kecik. Ketika Anda berhenti di lampu merah tersebut, sudah dapat dipastikan mata Anda akan melihat plang soto Abah Opan jika Anda dari lampu merah kambang iwak menuju bukit atau sushi tei.

Soto Abah Opan Kambang Iwak ini buka mulai pukul 10.00 - 21.00 WIB

4. Soto Abah Opan Celentang


Soto Abah Opan Celentang ini berada tepat di deretan ruko perumahan Griya Investama Celentang. Jika Anda dari arah Indogrosir menuju pasar perumnas, maka rukonya berada di sebelah kiri tidak jauh sebelum jembatan kecil yang sering dipasang portal karena sering ambles dilewati mobil besar (sebelum simpang bombat).

Soto Abah Opan Celentang ini berada di Jl. Musi Raya Barat Nomor 6, Palembang. Jam operasionalnya mulai dari pukul 08.00 - 21.00 WIB.

5. Soto Abah Opan KM. 9


Soto Abah Opan KM 9 ini terbilang unik, warung soto abah Opan ini tutup setiap hari Jumat. Soto Abah Opan KM. 9 ini buka mulai pukul 08.00 - 20.00 WIB. Jika Anda bingung lokasi nya dimana, soto Abah Opan KM. 9 ini berada di sebelah Rumah Makan Istana Minang KM. 9 (sebelum trakindo).

Soto Abah Opan KM. 9 ini beralamat di Jl. Kol. H. Burlian No. 1845, Palembang.

6. Soto Abah Opan Plaju


Soto Abah Opan Plaju berlokasi di seberang pombensin pertamina Plaju. Sebenarnya lokasinya ada di JL, Jenderal Ahmad Yani, namun Anda tahu sendiri bahwa sepanjang plaju itu ya memang Jl. Ahmad Yani, hahaha...

Soto Abah Opan Plaju mulai buka pukul 09.00 - 21.00 WIB. Lokasinya di sebelah kiri Jalan jika Anda berjalan dari arah ampera menuju plaju.

7. Soto Abah Opan Sekayu


Soto Abah Opan Sekayu berada di Jl. Lingkar Randik, Kayu Ara, Sekayu. Jika Anda ingin bepergian ke linggau, biasanya mobil Anda akan berhenti di Jl. Randik untuk sekedar istirahat melepas penat setelah 3 jam perjalanan dari Palembang. Nah, jadi bisa saja mobil Anda berhenti di Soto Abah Opan Sekayu ini.

Aku pribadi pernah makan di Soto Abah Opan Sekayu saat perjalanan dari Palembang ke Linggau. 

Soto Abah Opan Sekayu ini mulai buka pukul 09.00 - 21.00 WIB.


Dari pembahasan lokasi Soto Abah Opan diatas, dapat disimpulkan bahwa Alm. H. Sopandi adalah orang tua yang adil, Beliau meninggalkan 7 warung soto kepada tujuh orang anaknya, Masya Allah.

B. Menu Soto Abah Opan

Bisa dikatakan menu Soto Abah Opan ini antara warung soto satu dengan yang lainnya adalah sama. Jadi sebenarnya tidak ada bedanya dengan Anda makan di Warung Soto Abah Opan A dengan Warung Soto Abah Opan B.


Cita rasa gurihnya soto dipadu kriuk bercampur diadukan kuah soto yang sudah diberi berbagai toping sesuai permintaan. Toping yang tersedia adalah ayam, daging, babat, ati, ampela, sayap, ceker atau jika ingin dikombinasi juga bisa.

Tersedia juga menu tambahan seperti tahu tempe, perkedel, sate kerang, telur asin dan masih banyak lagi temannya soto lainnya.


Untuk minuman tersedia banyak jenis minuman, yang tidak ada hanyalah minuman beralkohol, sebab adanya di Holywings, wkwkwk...

Buat yang masih hobi minum alkohol, berhenti lah, sebab sekali lu minum, 40 hari sholat lu ga diterima, nakal boleh, goblok jangan. Lha, kok malah ceramah, wkwkwk...skip2, kembali ke topik Soto Abah Opan!

Untuk detail menunya silahkan lihat menu dibawah ini:

C. Soto Abah Opan belakang PIM


Berhubung tulisan ini diendorse pemilik soto Abah Opan belakang PIM yang sudah rela memberi makan sotonya gratis untuk seluruh pelaksana di tempat ane kerja, skuy kita bahas detail warung soto Abah Opan yang satu ini.

Pertama kali datang ke Soto Abah Opan ini (saat itu jam makan siang), hal yang terbersit di pikiran ku adalah, "Wih, rame banget!". Memang rame pengunjungnya, hal ini membuktikan bahwa cita rasa soto Abah Opan sejak 34 tahun silam dengan resep rahasianya tetap terjaga hingga sekarang.


Parkirannya luas, jadi jangan takut parkir penuh dan jadi urung untuk makan Soto Abah Opan.

Seperti yang sudah aku katakan diatas, Soto Abah Opan belakang PIM ini memiliki dua lantai. Lantai pertama tempat makan biasa dengan puluhan meja nya dan ada tempat bermain anak dan juga tempat berfoto dengan latar "Soto Abah Opan".


Lantai satu nya juga masih menerapkan protokol kesehatan Covid-19, meja-meja nya meskipun berhadapan tapi dihalangi plastik bening. Di lantai satu ini Anda bisa ambil sendiri makanan tambahan dan minumannya, sebab memang tersedia kulkas dengan berbagai minuman serta makanan pelengkap soto yang sudah terhidang di meja nya.

Lantai dua nya terdapat ruangan VIP yang ber-Ac dan dingin nya pool. Selain itu ada mushola, dan juga tipe meja lesehan disini. Tempat Wudhu dan toilet nya juga tersedia di Lantai 2.


Untuk masalah harga, bisa dikatakan Soto Abah Opan ini ramah dikantong, harga sotonya rata-rata berkisar di harga 20k-an tergantung toping yang Anda inginkan.

Oh iya, dari tadi aku belum bahas Apa ciri khas dari Soto Abah Opan ini? Ingat Gaes, jika Anda mau ngetop, maka bangunlah branding dirimu. Seperti Soto Abah Opan yang menurutku brandingnya selain kuah gurihnya adalah adanya kriuk dan sambel hijau yang disajikan dalam mangkuk kecil. 

Kriuk ini jika dicemplungin didalam kuah nya, maka rasanya maknyos...!!!



Okelah, sekian dulu review saya mengenai Soto Abah Opan! Gurih sotonya luar biasa. Bukan bermaksud melebih-lebihkan review hanya karena saya dikasih makan gratis oleh empunya, tapi memang soto Abah Opan itu enak. Saya juga sering beli tanpa dikasih gratisan kok. Sebuah tempat makan yang sudah berdiri 30 tahun lebih membuktikan Bagaimana soto Abah Opan berhasil menjaga cita rasa dan mengurus manajemen nya dengan baik walaupun pastinya tidak mudah.

Jika Anda ingin makan siang di Palembang, soto abah opan bisa jadi referensi makan siang Anda bersama teman.







2 komentar untuk "Soto Abah Opan! gurih sotonya luar biasa"

Juju Onyols - Sikonyols 23.55 Hapus Komentar
Saya suka soto abah opan
buayajalan.com 23.46 Hapus Komentar
Hehe, makasih om juju onyols, influencer nomor satu Sumsel 😁👏👏👏