Beberapa strategi promosi efektif di masa kini

Seperti kita sudah ketahui bersama, zaman sudah berubah, ada banyak sekali perubahan yang terjadi termasuk salah satunya perkembangan internet  yang menyebabkan kita harus membuat strategi baru untuk promosi atau beriklan di masa kini.

Jika dahulu berpromosi di koran atau radio mungkin bisa jadi sarana efektif untuk usaha kita, saat ini siapa lagi yang membaca koran atau mendengarkan radio? tidak banyak lagi, sehingga perlu lah kiranya kita mempromosikan produk kita menggunakan cara berbeda, cara kekinian yang kemungkinan akan banyak dilihat orang.

Berikut adalah beberapa strategi promosi efektif di masa kini:

1. ketahui perilaku pasar

Sebelum kita berpromosi, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu perilaku pasar, mulai dari produk kita siapa saja yang akan menggunakan, dimana mereka berada, seperti apa maunya mereka, dan banyak lagi pertimbangan-pertimbangan yang harus kita lakukan agar promosi kita tidak terkesan sia-sia.

Itulah Mengapa gaji seorang manajer lebih besar daripada seorang pelaksana meskipun secara otot pastilah pelaksana akan lebih capek namun manajer akan capek secara otak, karena otak si manajer lah yang akan digunakan untuk membuat sebuah perencanaan.

Diatas sudah saya katakan bahwa radio kurang efektif saat ini, namun bukan berarti radio tidak bisa kita gunakan lagi sebagai sarana promosi, selama kita mempelajari pasar dengan baik dan tahu potensi pasar iklan kita radio tetaplah juga bisa menjadi sarana promosi yang efektif.

Contoh, kita adalah seorang pengusaha alat pengirit bahan bakar kendaraan. Sebagaimana kita ketahui saat ini radio hanya banyak didengarkan ketika seseorang naik mobil ketika di mobilnya tidak ada pemutar musik atau mungkin memang sengaja tidak sedang ingin mendengarkan musik. Lalu kapan jam promosi dilaksanakan? ada baiknya di pagi hari saat seseorang ingin berangkat kerja, saat dimana seseorang ingin mendengarakan berita hari itu, nah disaat itulah promosi alat pengirit bahan bakar Anda bisa Anda promosikan, karena saat tersebutlah saat yang tepat, ketika seseorang berada di dalam mobilnya, ketika mereka mungkin merasakan kemacetan kota dan merasakan betapa borosnya mobil mereka, dan mungkin mereka akan mencatat kontak person alat pengirit bahan bakar yang Anda bagikan sebagai solusi pengirit BBM kendaraan.

Intinya untuk berpromosi secara efektif adalah pelajari pasar secara detail agar tahu dimana kapan dan Bagaimana Anda harus berpromosi.

2. Buatlah sederhana

Coba perhatikan baliho iklan rokok atau gojek/grab yang mana keduanya gencar berpromosi baik di iklan youtube, baliho, TV, dan masih banyak lagi. Perhatikan baik-baik iklan mereka, iklan mereka semua sederhana. Mengapa demikian? orang yang melihat iklan belum tentu mau berlama-lama melihatnya, sehingga buatlah iklan yang biar sekedipan mata orang melihatnya orang sudah paham iklan Apa itu atau buat mereka sekalian penasaran seperti jika Anda melihat iklan "Jangan tengok kiri" maka biasanya sebagian orang akan menengok ke kiri karena mereka penasaran.
contoh baliho iklan rokok


contoh iklan grab

contoh iklan jelek
Coba perhatikan ketiga contoh baliho diatas, baliho 1 dan 2 adalah contoh iklan baliho yang sederhana, orang yang sebentar saja melihat sudah paham itu iklan apa, lalu lihat gambar 3, sangat membingungkan iklan apa itu.

Didalam gambar, ada yang namanya Point Of Interest (POI) yang mana POI ini adalah poin yang paling menonjol dari sebuah gambar atau visual, jadi si pembuat visual harus pandai pandai membuat visual nya agar POI nya terlihat jelas dan orang yang melihat pun paham bahwa POI nya adalah itu.

3. Media promosi terkini

Jika dahulu banyak berpromosi di koran, radio, TV, maka beberapa media promosi terkini yang bisa Anda gunakan sebagai sarana berpromosi adalah:
  1. iklan youtube, saat ini sudah banyak sekali orang yang menonton youtube, dan pasti belum banyak yang tahu bahwa hanya dengan Rp 15.000,- membeli akun premium di online shop iklan-iklan 6 detik hingga 12 detik youtube yang mengganggu itu bisa dihilangkan. Walaupun terkadang kita kesal melihat iklan youtube yang tiba-tiba muncul saat kita menonton video, namun di alam bawah sadar kita sudah terekam apa yang kita lihat dan sedikit-sedikit meresap ke pikiran kita seperti "Mars Perindo"
  2. iklan Facebook Ads, seperti kita ketahui bahwa facebook adalah media sosial pertama yang muncul sekitar 2009 lalu. Sebenarnya bukan facebook yang pertama, melainkan friendster atau yang lebih tua lagi MiRC. Namun Facebook hadir dibarengi dengan ponsel pintar dan disaat kecepatan internet sudah cukup mumpuni untuk diakses (alangkah pintarnya ya si yahudi merusak dunia, wkwkwk...). Misalkan saat 2009 orang tersebut bermain facebook di usia 15 tahun saja, berarti saat ini orang tersebut sudah berusia 29 tahun (usia matang dan di usia ini jika dia berhasil dia sudah punya cukup uang untuk membelanjakan sesuatu, misalkan membelanjakan apa yang Anda iklankan). Satu lagi kelebihan facebook adalah dapat diakses gratis tanpa paket, hanya saja segala yang berbentuk gambar atau visual tidak akan terlihat, yang terlihat hanyalah tulisan saja. Biaya memasang iklan di Facebook (Facebook Ads) juga sangat lah murah, mulai dari Rp 10.000,- untuk sekitar 100 tayangan di facebook orang lain hingga tak terbatas sesuai budget yang Anda tentukan. Selan itu Facebook Ads juga dapat mengatur rentang usia berapa yang ingin Anda tujukan sebagai tempat beriklan, dimana mereka berada dan masih banyak lagi sortiran lainnya yang bisa menjadikan iklan Anda tepat sasaran.
  3. iklan instagram, Sebenarnya antara iklan instagram dengan iklan facebook sama saja, sama-sama milik facebook yang sekarang berubah nama menjadi meta. Jika facebook akan menyasar orang-orang tua, maka instagram akan menyasar usia yang lebih muda. Jika Anda menawarkan produk kecantikan atau baju dan sebagainya, cocok rasanya menggunakan instagram, sebab disini isinya lebih cenderung ke anak-anak muda yang katanya gaol giella yang terkadang kurang sopan santunnya sebab sudah banyak dipengaruhi budaya luar yang masuk kedalam otaknya tanpa filter sebab filternya sudah digunakan di story instagram, wkwkwkw...
  4. iklan google, iklan google akan muncul di banyak tempat, mulai dari situs milik orang lain, pada google maps, google play, google adwords, pada perangkat Anda, pada aplikasi yang Anda instal dan masih banyak lagi termasuk youtube sebab sebagaimana kita ketahui google berafiliasi dengan android itu sendiri yang notabene adalah Operating System ponsel pintar Anda.
  5. iklan di situs terkenal, pernah dengar detik.com? pasti pernah dong. ketika Anda membuka detik.com yang notabene adalah sebuah situs yang benar-benar dikelola dengan baik pasti Anda akan menemui berbagai iklan yang berseliweran yang terkadang membuat kesal dan mengganggu kita yang akan membaca artikel yang ada.Nah, beriklan di situs terkenal juga bisa menjadi pilihan.
  6. memanfaatkan jasa influencer, pernah dengar istilah influencer? Influencer adalah seseorang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan kepada orang lain karena ia memiliki otoritas, pengatahuan, posisi, atau karena hubungannya dengan publik atau audiens. Mudahnya influencer itu seperti Youtuber, Selebgram, Selebtiktok, Selebfacebook, Selebtwitter, bahkan saya sendiri sebagai seorang blogger. Jika dulu orang-orang memiliki panutan adalah seorang guru yang notabene berilmu, di zaman sekarang orang memiliki panutan seorang influencer yang belum tentu berilmu tapi pastinya terkenal. Nah, Anda bisa memanfaatkan jasa influencer untuk tempat Anda beriklan, biasanya tarifnya berbeda-beda, tergantung seberapa terkenalnya influencer tersebut.
  7. Google maps, pernahkah Anda ingin ke sesuatu tempat lalu Anda tidak tahu lokasi detailnya lalu Anda buka google maps dan mengikuti google maps hingga akhirnya tersesat? 😅 Nah, di google maps ini Anda bisa beriklan gratis dengan membuat ulasan setelah Anda pergi ke sesuatu tempat atau Anda membuat titik poin baru jika tempat itu belum ada di titik poin google maps. Ketika Anda membuat titik poin baru di google maps, maka Anda lah admin atas titik tersebut, Anda bisa menghapus ulasan orang lain yang dirasa kurang pas dengan apa yang Anda mau, atau Anda juga bisa membangun stigma terhadap suatu tempat, wkwkwk...di zaman sekarang ini sangatlah mudah mempengaruhi orang lain, tinggal tulis aja di internet sesuatu hal, atau buat tim buzzer lakukan secara serentak dan bersama-sama, maka saat itu juga orang yang tidak ikut dalam tim buzzer akan berpikir hal ini benar, seperti itulah cara orang menyebarkan hoax saat ini, (hehehe..jadi bongkar rahasia deh).
  8. iklan konvensional, iklan konvensional ini ya iklan seperti biasanya, seperti di baliho, di radio, di TV, di koran. Sudah saya katakan diatas, meskipun yang konvensional ini terkesan ketinggalan zaman, namun bukan berarti tidak bisa digunakan untuk beriklan, selama Anda mempelajari pasar dengan tepat dan dirasa cocok digunakan sebagai tempat beriklan, kenapa tidak mencoba meskipun jika dilihat-dilihat beriklan di tempat konvensional ini jauh lebih mahal jika dibandingkan 7 yang diatas.
Sekian dulu tulisan mengenai strategi promosi efektif masa kini, semoga bermanfaat dan mempengaruhi Anda yang membaca tulisan ini sebab secara tidak sadar tulisan ini sudah masuk ke alam bawah sadar Anda, wkwkwkwk....

Posting Komentar untuk "Beberapa strategi promosi efektif di masa kini"