Translate

cara membuat blog

Cara membuat blog sangatlah mudah. Sebelumnya saya luruskan terlebih dahulu Apa itu beda blog dan website? Sebenarnya blog itu sendiri bagian dari wesbite, hanya saja website itu cakupannya lebih luas, mari kita lihat https://www.youtube.com/, itu merupakan wesbite, sementara lihat https://www.buayajalan.com/, itu merupakan blog. Blog biasanya hanya berisi artikel-artikel yang merupakan opini si pembuat blog dalam rangka mencurahkan isi hati, sementara website dikelola secara profesional oleh tim dan ahlinya sehingga website bisa berbentuk apa saja.

Blog sendiri bisa dibuat oleh banyak platform, seperti wordpress, blogger, tumblr, dan masih banyak lagi platform lainnya. Kali ini yang akan kita bahas adalah cara membuat blog menggunakan platform blogger yang merupakan milik google dan yang saya kuasai sedikit-sedikit.

1. Login ke blogger

Pertama kali Anda harus login ke blogger. silahkan sign up terlebih dahulu.

2. Masukkan gmail Anda

Kemudian silahkan masukkan alamat gmail Anda.

3. Membuat blog baru

Setelah Anda berhasil sign up, silahkan membuat blog baru dengan "create new".

4. Membuat judul dan alamat blog

Sekarang saatnya membuat judul dan alamat blog Anda. judul adalah bagian muka dari blog Anda. Contoh dari blog buayajalan ini, judul nya adalah "Info, wisata, kuliner, hotel, dan fotografi". Usahakan buat judul yang menjadi identitas blog Anda. 

Misal Anda akan membuat blog portofolio foto, silahkan buat judul "portofolio foto (nama Anda)", atau bisa juga diberi judul "(nama Anda)". Ingat gaes, judul ini mendukung SEO (Search Engine Optimizer), jadi tunjukkan identitas Anda jika ingin membuat wesbite portofolio foto yang akan memungkinkan jika orang lain mengetikkan nama Anda di google maka blog Anda akan muncul di pencarian atas google.

Alamat blog adalah alamat di http, contoh pada blog ini adalah "https://www.buayajalan.com", kembali saya sarankan jika Anda ingin membuat website portofolio foto, sertakan nama Anda menjadi alamat blog akan menambah nilai SEO blog Anda. Contoh: "https://www.rahmatandriansa.blogspot.com".

5. Mengganti template blog

Untuk blogger sendiri sebenarnya sudah menyediakan banyak sekali template blog yang ramah di mata search engine. Di bagian template inilah yang menjadi hal vital, karena akan menentukan seperti apa tampilan blog Anda dilihat orang.

Silahkan klik "customize" dan pilih template seperti apa yang akan Anda gunakan. Anda juga bisa mengganti template blog Anda dengan cara klik "edit HTML". Silahkan masukkan template html yang Anda dapatkan dengan cara mengganti template yang sudah Anda. blog seluruh HTML template yang sudah ada, lalu delete. Setelah itu masukkan HTML template blog yang baru.

Dimana Anda bisa menemukan template, silahkan ketikkan di google "download template blogger gratis", ada banyak sekali template yang tersedia. Anda hanya perlu mengcopy HTML template tersebut dan meng copy nya kedalam blog Anda. Jangan lupa merubah sedikit-sedikit HTML tersebut sesuai selera Anda.

6. Membuat postingan blog


Setelah semua selesai, tibalah saatnya bagi Anda untuk membuat postingan di blog Anda. Silahkan pergi ke "post", dan buat postingan baru. silahkan berikan judul lalu isilah postingan Anda dibawahnya. Anda bisa mengisikan gambar, video, link dsb. di dalam postingan Anda. semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "cara membuat blog"