Translate

Tanya jawab pengantar ilmu administrasi


Tanya jawab pengantar ilmu administrasi

Karakteristik administrasi

Kegiatan pengurusan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk) merupakan kegiatan administrasi mulai dari RT (Rukun Tetangga) hingga Kecamatan. Menurut The Liang Gie (1933) dan Thoha (1990) dalam Enceng dan Karyana (2014) bahwa karakteristik administrasi adalah dilakukan oleh sekelompok orang, merupakan suatu proses kerjasama, dan dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan tertentu. 

Pertanyaan

Coba Anda lakukan analisis terhadap karakteristik administrasi:

a. terkait dengan sekelompok orang yang terlibat dalam kegiatan pengurusan e-KTP tersebut!

b. terkait dengan proses kerjasama dalam kegiatan pengurusan e-KTP tersebut!

c. yang meliputi pencapaian tujuan dalam kegiatan pengurusan e-KTP tersebut!

Jawab:

Sebelum kita menjawab soal diatas,sebaiknya kita ketahui dulu apa saja karakteristik administrasi itu. Karakteristik administrasi antara lain:

-adanya sekelompok orang

-adanya kerja sama

-adanya proses

-adanya pembagian tugas

-adanya bimbingan, kepemimpinan, dan pengawasan

-adanya tujuan

A. Karakteristik administrasi adanya sekelompok orang, dalam hal ini sekelompok orang yang dimaksud adalah si pembuat KTP, lalu pak RT dan pak RW untuk membuat surat pengantar RT/RW, pak camat untuk membuat surat pengantar camat dan terakhir pihak Disdukcapil selaku otoritas yang mengeluarkan KTP

B. Karakteristik administrasi kerja sama, dalam hal ini si pembuat KTP memerlukan kerja sama dari para pihak yang disebut di poin A hingga KTP yang bersangkutan jadi. Dalam birokrat terkadang dibuat aturan tambahan untuk memaksa orang melakukan sesuatu yang dibutuhkan kerja sama dari masing-masing pihak agar sesuatu yang dipaksakan ini dapat berjalan. Contoh: ketika ingin mengurus KTP Palembang, saat pengurusan di kecamatan ketika meminta surat pengantar camat maka perlu dilampiri surat tanda lunas PBB yang sebenarnya tidak ada hubungan dengan PBB namun pemerintah punya kepentingan untuk memaksa orang bayar PBB

C. Karakteristik administrasi adanya tujuan, dalam kasus tersebut sudah barang tentu tujuan adanya KTP adalah sebagai identitas diri seseorang dalam kehidupan bernegara. Jika orang tersebut ingin melakukan sesuatu terkait administrasi negara atau yang memerlukan legal, sudah barang tentu perlu KTP 

Administrasi sebagai ilmu

Menurut Enceng dan Karyana (2014), kenyataan menunjukkan bahwa administrasi juga dikembangkan sebagai ilmu yang kebanyakan disebarluaskan dan dikembangkan oleh perguruan tinggi yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Hal tersebut ditunjukkan dengan masih dipertahankannya Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai Lembaga non departemen yang mengurusi aspek-aspek administrasi negara dan juga administrasi. 

Pertanyaan

Lakukanlah analisis terkait bagaimana administrasi:

a. dapat dipandang sebagai suatu ilmu!

b. dapat merupakan suatu ilmu tersendiri yang setaraf dengan ilmu-ilmu lainnya!

Jawab:

A) Lembaga administrasi Negara dipertahankan karena dinilai dapat mendorong percepatan reformasi birokrasi dan mendukung efektivitas serta efisiensi pelaksanaan tugas. Mendukung administrasi sebagai ilmu karena di dalam LAN dinilai masih memberikan beberapa nilai yang dapat dipelajari dan diajarkan dalam proses pelaksanaan tugasnya karena mengurusi aspek-aspek admiistrasi negara, selain itu juga dapat membantu sebuah proses administrasi yang ada dalam sebuah negara itu sendiri.

B) Administrasi sebagai Ilmu dikarenakan di dalam administrasi terdapat sesuatu yang bisa diajarkan dan dipelajari serta di dalam administrasi terdapat juga beberapa ilmu yang mendukung agar terjadi sebuah proses administrasi.

Administrasi sebagai seni

Sebagai seni, administrasi merupakan keterampilan yang ditempa oleh berbagai pengalaman. Administrasi sebagai seni adalah administrasi dalam praktik. Sebagai contoh, pemersatuan Jerman oleh Otto Von Bismarck hingga Perang Dunia I dan Adolf Hitler hingga Perang Dunia II menunjukkan administrasi sebagai seni. 

Pertanyaan

Dari contoh tersebut, coba Anda lakukan analisis sederhana terkait bagaimana administrasi dapat dikatakan sebagai:

a. seni!

b. seni vokal!

Jawab:

A) Pada mulanya Jerman berbentuk kerajaan-kerajaan kecil tetapi dapat dipersatukan oleh Otto Von Bismarck tetapi dikarenakan karena persatuan tersebut menimbulkan dampak mereka menjadi negara dengan kekuatan yang besar, tejadilah perang dunia pertama, tetapi karena kalah dalam perang dan menghasilkan perpisahan yang menjadi Republik Weimar, persatuan dapat ditimbulkan kembali oleh Adolf Hitler dengan kekuatan Nazi, yang menyebabkan timbulnya perang dunia kedua. Dari situlah menandakan bahwa administrasi merupakan sebuah seni dan kemahiran manajerial dalam mempersatukan bangsanya.

B) Seni vokal diciptakan dari bagaimana para penguasa dapat menggerakan orang-orang dalam suatu organisasi dengan mengandalkan kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki pemipin.

Analisa administrasi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DisDukCaPil) di Kota/Kabupaten merupakan Lembaga Penyelenggara Negara yang melaksanakan urusan pemerintahan di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, meliputi aspek fasilitasi pelayanan administrasi kependudukan serta pengelolaan informasi administrasi kependudukan dan pemanfaatan data. 

Pertanyaan

Lakukan analisis sederhana terhadap kegiatan DisDukCaPil dilihat dari 

segi:

a. isi/materi!

b. subyek pelaku!

Jawab:

A) Dilihat dari isi/materi Disdukcapil berperan penting dalam pengadministrasian warga negara, pusat data warga suatu provinsi tentunya ada di dinas kependudukan dan catatan sipil. Hanya saja saya berpikir alangkah baiknya Disdukcapil ini berada di bawah suatu kementerian dan dijadikan instansi vertikal suatu kementerian yang menurut saya akan lebih mudah menetapkan standar pelayanan dari Disdukcapil. Di jaman secanggih sekarang ini, sebuah data sangatlah penting, apalagi data kependudukan. Diluar negeri sana, tidak ada data diri yang banyak seperti Indonesia, ada KTP, SIM, NPWP dan banyak lagi yang semuanya pada intinya adalah sama merupakan data diri. Jika Indonesia bisa membuat single identification number (SIN) yang berlaku untuk semua layanan tentunya akan lebih baik, saya yakin suatu saat nanti Indonesia bisa membuat SIN seperti negara maju kebanyakan.

B) Dilihat dari subjek pelaku, Disdukcapil merupakan pusat data kependudukan dan catatan sipil suatu daerah. Saat sekarang Disdukcapil di kota saya tinggal (palembang) saya rasa sudah jauh lebih baik dari dulu kala walaupun saya tidak bisa menjadikannya standar terhadap negara lain karena status nya yang berada di bawah pemerintah provinsi yang mungkin setiap kepala daerah punya kebijakan masing-masing terkait data kependudukan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanya jawab pengantar ilmu administrasi"