Translate

Beranda · Hotel · Wisata · Fotografi · Travel story · Informasi

tempat rapid test di bengkulu dan cara naik pesawat selama pandemi

Tempat rapid test di bengkulu


Ada beberapa tempat untuk rapid test di bengkulu, yaitu:

1. Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu

Kantor dinkes ini hanya melayani test covid-19 bagi warga yang benar-benar terpapar saja, mungkin maksudnya adalah orang yang sudah ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) atau orang yang anggota keluarga terdekat nya sudah ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan sempat berinteraksi dengan orang tersebut saja yang bisa tes corona disini. Perlu diketahui Dinkes Bengkulu menyediakan gratis rapid test covid 19 ini asal Anda memenuhi syarat yang saya sebutkan.

Silahkan bawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda untuk melakukan tes ini. 

Untuk mendapatkan informasi silahkan hubungi kontak Dinas Kesehatan Bengkulu di (0736) 252 36. Kantor ini beralamat di Jl. Indragiri nomor 2, Padang Harapan, Gading Cempaka. klik disini untuk melihat peta lokasi atau hubungi terlebih dahulu nomor berikut untuk informasi lebih lanjut 0822 8900 6900. 

2. Laboratorium Klinik Kimia Farma

laboratorium ini berlokasi di Jl. Kebun Kenanga, Padang jati bengkulu. biayanya sekitar 650.000 rupiah. Untuk melakukan tes cepat ini butuh waktu hanya satu jam saja sampai hasilnya keluar. Lab ini buka Senin-Sabtu, jika butuh info lebih lanjut dapat menghubungi (0736) 347 970. peta lokasi. Jam buka nya adalah pukul 07.00 - 21.00 WIB

3. Klinik Prodia

Prodia juga melayani tes cepat virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Cov-2) dengan biaya sekitar 650.000 rupiah juga. Buka Senin-Sabtu pkl. 07.00 sampai 15.00 Waktu Indonesia Barat. Beralamat di Jalan S. Parman No. 54A, atau mudahnya di deretan setelah Bank BRI S. Parman. klik peta untuk tahu lokasi persisnya.

4. Rumah Sakit HD (RS Kota)

Rumah Sakit Harapan dan Doa (HD) atau yang lebih dikenal dengan rumah sakit kota ini juga melayani tes cepat korona. Berlokasi di Jalan Basuki Rahmat, Padang Jati atau mudahnya adalah dekat simpang lima patung fatmawati. Nomor telepon rumah sakit 0812 1269 7721. RS ini buka 24 jam ya, tapi saran saya Anda melakukan pengecekan tiga hari sebelum saat hasil tes dibutuhkan, sebab hasil tes corona berlaku hanya selama tiga hari. google maps RSHD.

5. Rumah Sakit UMMI

RS UMMI berlokasi di Jl. Hibrida No.1, gading cempaka. Biaya tes rapid corona disini lebih murah, yaitu Rp 384.000. Selain itu jika Anda kurang puas dengan hasil rapid tes, Anda bisa tes SWAB untuk PCR. Biayanya lebih mahal yaitu Rp 2.500.000 dan hasilnya tidak keluar langsung, namun harus menuggu beberapa hari sampai hasilnya keluar. 

SWAB itu pengambilan lendir tubuh, katanya sih dimasukin selang dari hidung untuk mengambil lendir ini dan rasanya sakit sekali. Nah hasil SWAB lah yang di tes melalui PCR untuk mendeteksi ada apa tidaknya imun tubuh berupa IgG dan IgM yang katanya aktif jika ada virus ini. 
rapid test

Terdengar agak lucu ya, jadi perlu pembaca ketahui, tes cepat pun demikian. Jadi darah yang ditaruh di stik rapid itu juga untuk mendeteksi ada apa tidaknya imun IgG dan IgM dalam tubuh, bukan mengetes ada atau tidaknya virus corona. 

Saya tidak tahu juga Apakah belum ada alatnya apa tidak untuk mengetes virus ini yang langsung mendeteksi secara langsung keberadaan nya dalam tubuh.

kembali ke pembahasan, jadi jika Anda ingin melakukan tes korona, syaratnya sangat mudah, yaitu bawa KTP.

Untuk membaca hasil rapid test, hanya perlu waktu 15 menit, jika garis berada di huruf C artinya negatif, jika garis nya berada di T, berarti harus diulangi karena hasil tidak presisi, namun jika muncul dua garis di huruf C dan T, artinya positif. 

2. Cara naik pesawat selama pandemi

Yang saya bahas disini adalah kota bengkulu saja ya, sebab kemungkinan setiap bandara menggunakan cara berbeda. Untuk naik pesawat, jika tujuan Anda adalah Jakarta, maka saat pemeriksaan di bandara Anda membutuhkan hasil rapid dan juga SIKM (Surat Ijin Keluar Masuk). 

Namun, selain tujuan Jakarta, Anda hanya perlu membawa hasil rapid test saja saat pemeriksaan di bandara fatmawati.

Share :

Facebook Twitter

0 Response to "tempat rapid test di bengkulu dan cara naik pesawat selama pandemi"

Post a Comment