Translate

Naik travel palembang bengkulu pp

Travel palembang bengkulu

Kali ini saya akan share pengalaman saya mengenai naik travel palembang bengkulu pp. Pengalaman ini bisa dikatakan khatam saya mengalami nya, karena dalam sebulan sekali ada beberapa kali saya rutin melakukan nya.

Kalo ada yang belum tahu travel, travel adalah mobil perjalanan wisata. Dahulu kebanyakan menggunakan L300 atau Hiace, namun kini dengan alasan efisien banyak diganti dengan minibus seperti innova dan avanza.

Tanpa berpanjang lebar, langsung saja.

1. Pesan lah travel melalui loket resmi

Saya taruh ini yang pertama kali, sebab ini sangat lah penting. Jangan sekali-kali memesan travel melalui sopir. 

Pertanyaan nya Mengapa harus pesan melalui loket resmi? Karena jika Anda memesan langsung melalui sopir, jika terjadi sesuatu kepada Anda, loket tidak akan bertanggung jawab.

Disatu sisi mungkin Anda merasa beruntung dengan memesan travel melalui sopir, sebab biasanya lebih murah. Namun disisi lain, untuk perjalanan jauh palembang bengkulu yang bisa memakan waktu 9-12 jam perjalanan mobil, hal itu sangatlah beresiko.

Jika mobil kecelakaan, jangan harap loket akan bertanggung jawab atas resiko yang Anda alami, Anda akan dianggap penumpang gelap.

Cara memesan melalui loket adalah dengan menelpon langsung nomor telepon resmi loket travel atau datang langsung ke loket agar Anda juga mendapatkan karcis resmi.

Saya ceritakan sedikit pengalaman buruk saya menggunakan travel. Jadi pernah suatu ketika mobil yang saya tumpangi mengalami kerusakan di jalan, dalam suatu perjalanan jarak jauh seperti palembang bengkulu, biasanya travel berjalan beriringan alias konvoi. Jadi mobil yang saya tumpangi rusak, pecah klahar tepat nya, karena berjalan konvoi, ketika mobil yang saya tumpangi berhenti di pinggir jalan, otomatis mobil lain (saat itu ada 6 innova lain) juga akan berhenti untuk menolong rekan nya.

Saat itu sang sopir berusaha memperbaiki mobilnya sambil dibantu rekan yang lain, walhasil sopir melanjutkan kembali perjalanan sambil mobil terseok seok karena klahar kiri depan yang pecah.

Tak jauh berselang, mobil rusak kembali, ternyata kerusakan yang sama. Walhasil, rekan sopir yang lain menyarankan agar sang sopir merelakan penumpang nya untuk dioper ke mobil lain, namun karena sopir ini kemaruk, dia tetap memaksakan kami untuk tetap ikut bersama dia dan kembali meneruskan perjalanan.

Karena berjalan terlalu lambat, akhirnya rekan-rekan konvoi yang lain meninggalkan kami. Sekitar setengah jam berlalu, mobil kembali rusak dan kali ini benar-benar berhenti total, roda tidak bisa lagi berjalan.

Saat itu di desa Mangun Jaya, babat toman dan tepat berhenti di kuburan. Mantap sekali bukan.

Akhirnya barulah si sopir bloon ini menghubungi rekan-rekan nya yang sudah jauh meninggalkan dia. Otomatis rekan nya tidak mau lagi kembali, alasan mereka kami sudah jauh.

Saat itu tepat pukul 00.30 dini hari, dan berhenti tepat di kuburan. Sopir berusaha mencari pertolongan, tapi jam segitu mana ada lagi bengkel yang buka.

Saat itu pemumpang nya ada tiga orang, Aku, seorang pegawai indomarco, dan seorang perempuan.

Dua jam berlalu, lewatlah sesorang dengan mobil wuling nya yang juga travel, hanya saja malam itu dia mengatakan berangkat kosong alias tanpa pemumpang dari palembang. Dan dia mengatakan berangkat dari palembang pukul 00.00 tadi.

Jujur saja aku tidak percaya dengan perkataan orang ini, sebab aku tahu persis jadwal travel palembang bengkulu ada nya hanya pagi jam 10.00, jam 16.00 (travel sore), dan yang paling malam pukul 20.00 WIB.

Singkat cerita akhirnya kami bertiga dioper ke mobil wuling ini. Sebelum berangkat tadi aku sudah dimintai ongkos sama sopir ini, aku diminta ongkos Rp 350.000, padahal biasanya ongkos travel bengkulu palembang hanyalah Rp 230.000. Dia beralasan lagi musim corona, jadi satu mobil hanya boleh mengangkut penumpang tiga orang saja. Karena aku tahu mobil operan ini hanya membawa kami sampai lubuk linggau, aku meminta kembali sebagian ongkos ku, sebab aku hanya akan diantarkan ke lubuk linggau, namun sopir ini tidak mau, dia berkilah aku hanyalah penumpang operan, sehingga tadi dia harus membayar biaya operan ke travel yang mengoper ku. Aku tak perlu bekeras, sebab aku pesan di loket resmi, lihat saja dia akan aku laporkan ke loket. Itulah salah satu keuntungan lagi jika pesan di loket, loket akan bertanggung jawab atas segala kejadian yang tidak nyaman.

Kami dioper ke mobil wuling, dan sang perempuan duduk di depan.
Di perjalanan, sang sopir genit sekali dengan perempuan ini saya lihat, maklum saja, perempuan ini memang terlihat masih gadis.
Lubuk linggau
Kota lubuk linggau

Sekitar pukul 05.00 pagi kami pun tiba di lubuk linggau. Karena aku paham jalur, aku memutuskan untuk berhenti di depan masjid agung lubuk linggau saja. Karena biasanya ada banyak travel linggau curup yang menunggu disitu, nanti untuk ke bengkulu tinggal meminta sopir travel linggau curup untuk mencarikan, dia pasti mau, sebab dia juga akan dapat uang operan dari sopir travel curup bengkulu.

Pegawai indomarco, mengikuti caraku, namun tahukah Anda Apa yang terjadi dengan si perempuan?

Agak mundur ke belakang, aku tahu percakapan si sopir dengan si perempuan sepanjang perjalanan dari kuburan ke lubuk linggau tadi. Si sopir sudah tahu akan tiba pukul 05.00 di lubuk linggau, dan loket nya di lubuk linggau, menurut si sopir baru buka pukul 08.00 pagi. Jadi di perjalanan tadi, si sopir menyarankan agar si perempuan istirahat dulu di kosan si sopir.

Entah apa yang ada di pikiran perempuan ini, dia ngikut saja omongan si sopir. Terus terang aku berniat menolong nya, pikirku misalkan dia terpaksa mengikuti kemauan si sopir karena tidak ada uang lagi untuk melanjutkan perjalanan ke bengkulu dari linggau, biarlah aku saja yang membayari nya, ongkos linggau bengkulu hanya Rp 90.000 - Rp 100.000

Namun karena aku dengar semua percakapan mereka di mobil tadi karena aku hanya pura-pura tidur, aku mengurungkan niat ku, sebab menurutku perempuan ini juga bukan cewek baik-baik. Dia seperti kesenangan meladeni rayuan sopir.

Itulah sepenggal cerita kurang mengenakkan ku, aku tidak tahu kelanjutan nasib perempuan itu. Satu yang perlu pembaca ketahui, di perjalanan, saat si cewek tertidur, sopir bajingan ini sempat memfoto si perempuan menggunakan flash hp nya, lalu mengirimkan foto si cewek ke rekan nya sambil mengirimkan rekaman suara di wa nya menanyakan Adakah kamar kosong?

2. Ongkos travel

Ongkos travel palembang bengkulu ini bervariasi, hanya saja sebagian besar adalah sebagai berikut:
  • Rp 230.000 hari biasa 
  • Rp 300.000 alasan corona, saranku pesan dengan datang langsung ke loket, jangan-jangan ini permainan oknum, sebab harga segini terlalu mahal
  • Rp 40.000 (lubuk linggau curup PP)
  • Rp 50.000 (curup bengkulu PP)

3. Lama perjalanan

Lama perjalanan palembang bengkulu bisa dikatakan bervariasi, tergantung sopir, namun rata-rata sebagai berikut:
  • Palembang - bengkulu atau sebaliknya : 10 - 12 jam
  • Lubuk linggau - curup: 1,5 - 2 jam
  • Curup - bengkulu: 1,5 - 2 jam

4. Lokasi loket

Lokasi loket travel bisa dilihat melalui google maps, hanya saja jika Anda ngeteng naik kereta api terlebih dahulu dari palembang ke lubuk linggau. Di depan stasiun lubuk linggau tersedia beberapa travel tujuan curup yang nanti akan membantu Anda mencarikan travel curup bengkulu setiba nya di curup.
Naik travel palembang bengkulu pp
Naik travel palembang bengkulu pp

Jangan lupa, jika Anda adalah orang yang suka mabok perjalanan, sediakan antimo atau dramamine sebagai teman perjalanan Anda, sebab jalan kepahiang bisa menjadi momok menakutkan bagi Anda karena jalan nya berkelok-kelok. 

Saya rasa sekian dulu share saya mengenai naik travel palembang bengkulu nya, semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Naik travel palembang bengkulu pp"