main ke kampung arab 13 ulu palembang

Kampung arab palembang
Kampung arab 13 ulu. Sumber: pribadi
kampung arab 13 ulu, Apakah pada tahu belum dengan salah satu destinasi wisata ini? destinasi wisata ini merupakan destinasi wisata menjelajah budaya. sesuai dengan namanya, di kampung arab ini memang dihuni oleh orang arab keturunan.

wajah mereka memang arab, namun bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa palembang atau bahasa indonesia.
Kampung arab palembang
Kampung arab 13 ulu. Sumber: pribadi
kampung arab 13 ulu ini berlokasi di Lorong Al-Munawar No. 13, 13 Ulu, Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30115, lokasinya tepat berada di pinggiran sungai musi. Akses ke kampung arab 13 ulu ini tidaklah sulit, Bagi Anda yang baru pertama kali ke palembang Lorong Al-Munawar ini berada di Jalan K.H. Azhari atau mudahnya Anda bisa menyusuri jalan pasar 10 ulu terus saja menyusuri jalan melewati pasar 10 ulu ini, kampung arab Al-Munawar berada di sebelah kiri jalan tepat di seberang pos pemadan kebakaran 13 ulu.

Menurut sejarah yang berkembang, kampung arab 13 ulu ini sudah berusia lebih dari 200 tahun atau mungkin lebih. Pada awalnya nenek moyang mereka datang ke indonesia tepatnya ke palembang untuk berdagang, dan kemudian menetap di palembang tidak kembali lagi ke daerah asal.
Kampung arab palembang
Rumah batu. Sumber: pribadi
Lorong Al-Munawar sendiri dari informasi yang aku dapat berasal dari nama Habib Hasan Al-Munawar. Beliau adalah sessepuh adat atau orang yang dituakan disana.

untuk main ke kampung arab 13 ulu ini Anda harus membayar karcis masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. jadwal buka kampung arab ini mulai pukul 07.30 WIB s.d. 17.00 WIB. satu yang harus Anda garis bawahi, kampung arab al-munawar ini kalo aku tidak salah tidak buka di hari jumat maupun saat orang yang tinggal dalam lorong al-munawar ini sedang ada kenduri.
Kampung arab palembang
Aku di kampung arab. Sumber: pribadi
aku sudah sering main ke kampung arab 13 ulu ini, dan seingatku sudah dua kali tidak buka saat kedatanganku, pertama aku tidak tahu kalo kampung arab ini tidak buka di hari jumat, kedua aku datang saat warga dalam lorong ini ada kenduri.

mungkin ada yang bertanya-tanya, Apa saja yang bisa kita temui saat berwisata ke kampung al-munawar ini? pertama kita akan menemui rumah-rumah tua warga kampung arab, kedua Anda bisa melihat sungai musi dari dermaga, ketiga Anda bisa berfoto-foto di lorong al-munawar ini. lokasi kampung arab ini memang sudah dibenahi dinas pariwisata palembang, sehingga lorong al-munawar ini terlihat rapi dan bersih.

sebenarnya warga arab di palembang sendiri sangatlah banyak, geografis palembang yang berupa perairan memudahkan orang jaman dahulu untuk mengaksesnya, sehingga banyak keturunan etnis arab, cina, india yang tinggal di kota palembang.
Kampung arab palembang
Berfoto di kampung arab. Sumber: pribadi
di daerah 13 ulu sendiri, ada sangat banyak warga keturunan etnis arab, namun lorong al-munawar inilah yang dijadikan contoh awal pembangunan wisata budaya di kota palembang.

ketika Anda main ke kampung arab al-munawar, Anda akan seperti bukan berada di Indonesia, warga yang tinggal di kampung ini perawakannya tinggi, hidungnya mancung, yang perempuan cantik-cantik, yang pria biasa aja (soalnya aku ngga suka pria, jadi menurutku biasa aja, hha..).

 untuk mengakses kampung arab 13 ulu ini, selain menggunakan jalur darat seperti yang saya sebutkan diatas, bagi Anda yang ingin merasakan sensasi naik ketek (perahu bermesin tempel), Anda bisa naik ketek dari benteng kuto besak atau dari bawah ampera menuju kampung arab al-munawar. terkait ongkosnya berapa, silahkan Anda nego sendiri dengan mamang sopir ketek, namun menurutku Rp 15.000,- s.d. Rp 20.000,- per orang aku rasa wajar. Namun jika Anda ingin naik ketek ke kampung al-munawar, saranku Anda harus naik ketek berombongan, jika tidak biasanya mamang ketek tidak mau narik atau mau narik tapi harganya mahal, hhe..
Kampung arab palembang
Kampung arab. Sumber: pribadi
sepertinya hanya itu saja yang bisa aku bagikan mengenai kampung arab palembang, sebab sudah banyak juga yang menulis hal yang sama, aku hanya berusaha menceritakan apa yang kira-kira tidak diceritakan di blog lain, hhe..

baca juga: main ke rumah baba boentjit

0 Response to "main ke kampung arab 13 ulu palembang"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...