tanya jawab auditing


 Pertanyaan:

 

1.      Jelaskan tentang bukti audit!

2.      Jelaskan tentang dokumentasi audit!

3.      Jelaskan tujuan dari dokumentasi audit!

 

Jawab:

 

1.      Bukti audit adalah segala informasi yang digunakan auditor untuk menentukan Apakah informasi yang diaudit sudah sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Adapun jenis-jenis bukti audit adalah sebagai berikut: pemeriksaan fisik, konfirmasi, dokumentasi, prosedur analitis, tanya jawab, penghitungan ulang, pelaksanan ulang, dan observasi.

 

2.      Dokumentasi audit pada dasarnya dibuat sebagai referensi auditor dalam melakukan audit berikutnya, dengan melihat dokumentasi audit akan memudahkan pekerjaan auditor. 3.

 

3.      Adapun tujuan dokumentasi audit:

 

-          Melakukan perencanaan audit berikutnya

-          Meyakinkan audit sudah dilakukan sesuai standar

-          Menyimpulkan opini yang sesuai dengan laporan keuangan klien

-          Supervisi auditor junior

 

 

DISKUSI 3

 

Saudara misalkan sekarang ini ditugaskan untuk mengaudit siklus penjualan, maka Saudara diminta untuk menguraikan keputusan penting terkait bukti audit atas transaksi atau saldo akun yang akan saudara periksa terkait siklus tersebut, criteria bahan bukti yang dapat dipercaya/reliable serta hubungannya dengan bahan bukti yang relevan!

 

Apabila diminta mengaudit siklus penjualan, maka menurut saya yang paling penting adalah memastikan kebenaran dari penjualan yang dilakukan, criteria bahan buktinya adalah menggambarkan proses penjualan, missal seperti kwitansi penjualan, invoice dan bahan pendukung lainnya yang berkaitan dengan siklus penjualan.

 

Posting Komentar untuk "tanya jawab auditing"