tanya jawab asas-asas manajemen

 Tanya jawab asas-asas manajemen


1. Ibu Ratna selaku manajer pemasaran membuat sebuah rencana untuk mengenalkan produk baru kepada konsumen secara langsung di beberapa mal yang ada di Kota Besar. Ibu Ratna menetapkan tindakan apa saja yang akan dilakukan, orang yang terlibat, penganggung jawab tiap kegiatan, jadwal pelaksanaan, dan sumber daya lainnya, termasuk sumber daya keuangan. Berdasarkan kasus tersebut, yang dilakukan oleh Ibu Ratna termasuk ke dalam tipe perencanaan yang mana? Jelaskanlah alasannya!

Jawab:

Menurut saya Ibu Ratna masuk dalam tipe manajer (perencanaan) otokratik dimana dalam pengambilan keputusan manajer ini akan bertindak sendiri tanpa melibatkan bawahannya, bergerak sendiri tanpa mempertimbangkan Apakah kepemimpinan nya diterima atau tidak, memberlakukan bawahan nya sebagai tingkat yang lebih rendah dan lebih berorientasi pada kekuasaan atas penyelesaian tugas yang menjadi tanggung jawab bawahan, dan kurang memperhatikan hubungan relation.


2. Bapak Haris, selaku pimpinan di salah satu perusahaan ritel mencoba menjalankan rencana yang telah ditetapkan. Pak Haris melakukan beberapa pendekatan agar orang yang terlibat mau melaksanakannya. Salah satunya dengan memotivasi masing-masing individu, agar terjadi harmonisasi kebutuhan karyawan dan kepentingan perusahaan. Berdasarkan contoh kasus tersebut, yang dilakukan oleh pak Haris termasuk kedalam prinsip penggerakan yang mana? Jelaskanlah alasannya!

 Jawab:

 Menurut kami prinsip penggerakan yang dilakukan Bapak Harris masuk kedalam prinsip keharmonisan dengan tujuan, dimana terlihat dari Bapak haris memotivasi masing-masing individu agar tercipta keharmonisasian dalam tujuan sebab setiap individu dipercaya memiliki tujuan masing-masing yang berbeda-beda menurut prinsip pergerakan ini.

  

3. Bapak Roma diberikan tanggung jawab oleh perusahaan untuk mengawasi target-target keuangan, pengeluaran, dan arus kas perusahaan. Di akhir periode, pak Roma menganalisis laporan yang didalamnya ada rasio-rasio yang menggambarkan aktivitas perusahaan secara keseluruhan. Berdasarkan kegiatan pak Roma tersebut, termasuk kedalam jenis pengawasan yang mana? Jelaskanlah alasannya.

Jawab:

Tipe pengawasan manajemen yang dilakukan pak roma adalah tipe pengawasan umpan balik (feed back control), dimana tipe pengawasan ini mengukur hasil-hasil yang sudah terjadi dan mengevaluasi nya agar dimasa mendatang hal-hal yang kurang baik dapat diminimalkan.

 

4. Ibu Anis merupakan salah satu karyawan di perusahaan jasa transportasi. Adanya perubahan yang dilakukan oleh organisasi yang diakibatkan oleh wabah Covid-19, membuat reaksi yang beragam dari tiap individu atau kelompok pada perusahaan tersebut. Ibu Anis merespon perubahan tersebut dengan cara berkomitmen kepada dirinya dan perusahaan serta mengikuti arah perubahan agar terlaksana dengan sukses. Berdaarkan contoh kasus tersebut, Ibu Anis termasuk kedalam tipe orang mana dalam perubahan? Jelaskanlah alasannya!

Jawab:

Menurut saya Ibu Anies masuk kedalam tipe orang yang terbuka terhadap perubahan (tipe masyarakat terbuka) dan merupakan salah satu ciri masyarakat modern yaitu terbuka terhadap perubahan. Hal ini terlihat dari komitmen Ibu Anies yang akan mengikuti arah perubahan yang ada.

Sudah selayaknya kita semua terbuka terhadap perubahan yang ada dengan tetap menseleksi perubahan yang ada mana yang baik dan buruk dan mengedepankan budaya ketimuran kita meskipun dunia sudah banyak sekali berubah.

Posting Komentar untuk "tanya jawab asas-asas manajemen"