Translate

membuat mouth guard di tidi dental care palembang

mouth guard

 Pernah dengar kata "mouth guard"? dalam bahasa indonesia sudah dapat diartikan bahwa yang dimaksud mouth guard adalah pelindung gigi. Beberapa waktu lalu saya membuat mouth guard di Tidi Dental Care Palembang.

Alasan saya membuat mouth guard adalah karena saya punya kebiasaan menggesekkan gigi disaat tidur, atau biasa disebut bruxism.

Kebiasaan ini sudah berlangsung lama dan baru saya tahu ketika saya sudah menikah, ketika istri saya mengatakan bahwa ketika saya tidur saya sering menggesekkan gigi saya. Hal ini membuat gigi saya terlihat rata atas bawah dan susunan nya sangat rapi. Meski demikian, hal ini berbahaya bila berlangsung lama, karena dapat mengakibatkan gigi habis.

A. Penyebab bruxism

Berdasarkan penelusuran dari mbah google, informasi dari teman, dan informasi dari dokter, ada beberapa penyebab bruxism:

1. Kebiasaan

Ada yang mengatakan bahwa bruxism ini adalah kebiasaan. Orang yang ketika bangun tidur memiliki kebiasaan geram, biasanya memiliki tidur yang bruxism.

2. Keturunan

Perhatikan keluarga Anda, Apakah cuma Anda saja yang tidur sembari menggeretakkan kedua gigi? Saya masuk kedalam golongan ini sepertinya. Ketika Bu Dokter menanyakan, "Apa ada keluarga Bapak yang memiliki kebiasaan yang sama?", saya langsung teringat kepada adik saya yang dulu saya sering terganggu karena tidur nya yang berisik, walau akhirnya saya juga tahu bahwa tidur saya juga berisik.

3. Stres

Faktor ketiga penyebab bruxism adalah stres. Orang yang sering stres dalam kesehariannya, bisa menjadi penyebab orang tersebut mengalami bruxism ketika tidur nya.

4. Gangguan jin

Faktor terakhir adalah adanya gangguan jin. Orang yang pada tubuhnya dirasuki jin, biasanya akan mengalami bruxism pada tidurnya. Mengapa demikian? Jawaban ilmiah nya adalah karena salah satu makanan bangsa jin adalah tulang. Tulang gigi yang terkikis inilah yang akan menjadi makanan jin.

Saya sampai pernah datang ke tempat ruqyah karena khawatir jika didalam tubuh saya bersemayam bangsa jin. Hasilnya nihil. Pak ustadz yang meruqyah saya membenarkan bahwa salah satu tanda orang yang dirasuki jin adalah sering menggeretakkkan gigi saat tidur, namun tidak hanya itu saja, biasanya disertai seringnya mimpi buruk dsb.

Saya bisa dikatakan sangat jarang sekali bermimpi saat tidur, jika mimpi pun biasanya mimpi indah saja, wkwkwk...

B. Prosedur pemasangan

ruang dokter

Setelah kita membahas penyebab bruxism yang mengharuskan saya memasang mouth guard, sekarang kita membahas prosedur pemasangannya. Sebenarnya bisa saja saya membeli mouth guard yang banyak dijual online, selain harganya murah juga lebih praktis daripada membuat sendiri.

Hanya saja, biasanya tidak pas dengan gigi, karena mouth guard yang dijual online itu biasa peruntukkannya untuk atlet tinju atau petarung lainnya sehingga tidak pas digigi untuk digunakan saat tidur.

Prosedur membuat mouth guard adalah dengan membuat cetakan gigi terlebih dahulu. Gigi Anda akan dimasukkan alat pencetak gigi, bentuknya seperti permen karet yang dimasukkan ke gigi, lama kelamaan permen karet tersebut akan mengeras dan membentuk sebuah cetakan gigi.

Setelah cetakan dibuat, kita tinggal menunggu mouth guard selesai, lamanya sekitar seminggu.

C. Harga

Biaya membuat mouth guard untuk satu gigi di Tidi dental care adalah Rp 650.000,-. Biaya ini akan lebih murah jika Anda berencana membuat mouth guard untuk dua gigi (atas bawah) yaitu Rp 1.100.000,-. Harga tersebut tentunya bervariasi setiap dokter gigi.

D. Perawatan Mouth guard

tampak depan

Perawatan mouth guard tidaklah sulit, Anda hanya perlu membersihkan nya dengan air hangat sesaat sebelum digunakan. Ingat ya, air hangat, bukan air panas. Soalnya mouth guardnya terbuat dari plastik, ketika terkena air panas maka akan meleleh.

Jangan sampai seperti saya, yang baru tiga hari digunakan mouth guard nya sudah rusak karena air hangat nya terlalu panas mungkin, sehingga mouth guard saya menjadi bengkok dan tidak pas lagi dengan gigi saya. Semoga Tidi membaca tulisan saya ini dan memberikan saya kompensasi, sebab sang dokter juga lah yang menyarankan mencuci mouth guard itu dengan air hangat.


Saya rasa sekian dulu tulisan saya mengenai membuat mouth guard di Tidi Dental Care. Secara garis besar pelayanan di dokter gigi ini sangat memuaskan, selama covid-19 ini protokol kesehatan yang diterapkan juga sangat ketat. Mouth guard nya bagus dan saya sangat nyaman menggunakannya sebelum mouth guard nya rusak, wkwkwk.. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "membuat mouth guard di tidi dental care palembang"