Translate

Air terjun temam: niagara mini

Air terjun temam
Air terjun temam. Sumber: pribadi

Oke gaes, kembali ane berbagi cerita perjalanan ku, walaupun blog ane bahasa nya agak ngaco dan ngga formal, tapi ane jamin di blog ane akan menceritakan suatu pengalaman perjalanan yang akan beda dari blog atau postingan google lainnya sebab cerita yang ane bagikan adalah berdasarkan pengalaman ane sendiri serta foto-foto yang ditampilkan juga sebagian adalah karya ane sendiri jadi jangan lupa membaca cerita perjalanan ane di blog ane di vegabadai.ml. 

langsung saja, check this out! 

Air terjun temam adalah salah satu air terjun yang ada di provinsi sumatera selatan tepatnya di kota lubuk linggau, sumatera selatan. Kota ini bisa diakses dengan 7 jam perjalanan dari kota palembang.

Jadwal kereta api stasiun kertapati (palembang) menuju ke lubuk linggau ada dua, yakni kereta siang (ekonomi) dan kereta malam (bisnis dan eksekutif) jadwal kereta pagi adalah pukul 09.30 WIB dan akan tiba pukul 17.00 WIB dengan tiket Rp 32.000,- (kelas ekonomi) dan kereta malam berangkat pukul 20.00 WIB dan akan tiba biasanya pukul 03.30 WIB dengan harga tiket berkisar antara Rp 130.000 - Rp 170.000,-. 

Selain menggunakan kereta api, perjalanan menuju kesini juga bisa menggunakan mobil dengan waktu yang relatif sama (kalo di palembang biasa orang menyebutnya travel) tapi ongkos nya lupa karena saya cuma pernah nyobain sekali dan Alhamdulillah aku mabok perjalanan, hha... 

Selanjutnya masalah penginapan. Tidak usah khawatir masalah penginapan disini, ada banyak hotel disini, Anda hanya perlu menyesuaikan budget Anda saja. Anda bisa mencoba menginap di riverside

Sebenarnya ada lumayan banyak objek wisata yang bisa dikunjungi disini, seperti bukit sulap, air terjun temam, watervang, dan beberapa tempat wisata lainnya di daerah merasi seperti taman bunga merasi atau danau aur. 

Air terjun temam berada di kelurahan rahma, kota lubuk linggau, sumatera selatan. Saya sudah beberapa kali kesini, dan selalu ingin kembali.

Jika bingung dengan alamatnya lokasi nya berada setelah simpang priuk, cukup jauh jika Anda dari stasiun yang menurutku stasiun lubuk linggau adalah wilayah pusat kota lubuk linggau. Masih bingung juga? Tanya warga setempat, hha..setelah Anda masuk ke simpang air terjun temam, Anda masih harus masuk kedalam lokasi sekitar 2-3 km menurutku dari jalan raya simpang priuk. 

Air terjun ini memiliki panjang 25 meter dan tinggi 12 meter. Selain air terjun, juga terdapat water boom aku lupa namanya, tapi ada patung kingkong nya di depan pintu masuk nya, hha.. 
Air terjun temam lubuk linggau
Pintu masuk air terjun. Sumber: pribadi

Nah gambar diatas itu adalah gambar pintu masuk waterboom kingkong tadi, air terjun temam pintu masuk nya ada di sebelah kiri pintu masuk itu. 

Fasilitas di objek wisata ini menurutku cukup lengkap untuk sekedar menikmati keindahannya, disini terdapat musholla, wc, tempat makan dan fasilitas pendukung lainnya. Intinya menurutku sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, untuk itu tidak usah khawatir, semua nya sudah ok. Tiket masuknya Rp 2.000,- per orang (harga per 30 April 2018).
Air terjun temam lubuk linggau
Tiket masuk. Sumber: pribadi

Dari informasi yang aku dapat, katanya dari atas air terjun ada lampunya kalo malam, tapi terus terang aku belum pernah kesini malam hari, karena aku takut penjahat. Aku masih tidak yakin lokasi air terjun ini aman saat malam hari. 
Air terjun temam malam hari. Sumber: suararakyatmerdeka.com

Wisatawan yang datang kesini menurutku cukup ramai saat hari tidak libur saja lumayan ramai, apalagi pas libur. 

Selain dari atas, Anda bisa mengeksplore objek wisata ini dari bawah dengan menuruni anak tangga yang sudah ada. Anak tangga nya cukup banyak. 
Air terjun temam lubuk linggau
Anak tangga. Sumber: pribadi

Air terjun temam lubuk linggau
Anak tangga. Sumber: pribadi
Hati-hati saat menuruni anak tangga, karena licin oleh basahan air saat debit air terjun sedang tinggi. Oh iya saya bagikan rumus berwisata ke air terjun, rumusnya adalah jangan datang ke air terjun saat musim kemarau, karena biasanya debit air nya kecil atau bahkan air terjun nya ngga ada, hha.. 
Jembatan gantung temam. Sumber: pribadi
Air terjun temam lubuk linggau
Jembatan gantung dilihat dari bawah. Sumber: pribadi

Terdapat jembatan gantung menghubungkan antara sisi kiri dan kanan air terjun. selain itu ada banyak penjual makanan juga disini, jadi kalo lapar ke temam bisa pesan makanan aja disini sambil melihat keindahan air terjun. 

Jujur saja dengan keberadaan penjual makanan disini aku jadi pro kontra, pro nya karena aku bisa makan sekalian melihat keindahan air terjun temam. Kontra nya karena air terjun ini jadi banyak sampah dan terlihat kumuh karena bangunan penjual makanan ini bisa dibilang berdiri sembarangan saja. 
Air terjun temam lubuk linggau
Penjual makanan. Sumber: pribadi

Pesanku kepada pemerintah setempat adalah jika memang ingin ada penjual makanan di air terjun ini tolong mereka dibina dengan baik, gimana caranya agar tidak banyak sampah di air terjun yang indah ini. Satu lagi yang aku bingung, dibelakang penjual makanan ini dipojokan berdiri beberapa toilet umum, sedihnya aku toilet ini lokasi nya jauh sekali dari air terjun dan tidak ada airnya, jadi tolong hak tersebut dijadikan perhatian. 

Anda tahu air terjun temam adalah aset indonesia kuhususnya kota lubuk linggau yang tidak dimiliki daerah lain di sumsel, sebagian besar bentuk air terjun adalah tinggi dan satu saluran air kebawah, beda dengan air terjun ini yang mirip seperti air terjun niagara. Untuk itu, minta tolong air terjun ini agar diperbaiki lagi sarana prasarananya. 
Air terjun temam lubuk linggau
Mushola di air terjun temam. Sumber: pribadi

Air terjun temam lubuk linggau
Mushola dan toilet di samping nya. Sumber: pribadi

Mural di air terjun temam. Sumber: pribadi

Mural di air terjun temam. Sumber: pribadi
Oke sekian dulu share pengalaman mengunjungi air terjun temam nya, menurutku air terjun ini fasilitasnya sudah bagus sehingga sayang jika kesini tapi tidak mengunjungi temam yang indah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Air terjun temam: niagara mini"