Wisata danau ranau

Wisata danau ranau
Danau ranau dengan background gunung seminung
Pernahkah Anda berwisata ke danau ranau? Jika belum pernah kali ini saya akan membagikan pengalaman wisata danau ranau saya.

Danau ranau terletak pada posisi perbatasan dua provinsi, yaitu sumatera selatan dan lampung, namun wisata danau ranau yang akan saya ceritakan ini adalah wisata danau ranau dari bagian danau ranau yang terletak di provinsi sumatera selatan.

Danau ranau bagian provinsi sumatera selatam berada di kabupaten oku selatan. Untuk sampai ke danau terbesar kedua di Indonesia ini, Saya harus menempuh perjalanan darat sekitar 8 jam dari kota palembang.

Itulah mengapa danau ranau ini masih bisa dikatakan alami, sebab jaraknya cukup jauh dari perkotaan dan aksesnya juga hanya bisa ditempuh melalui jalur darat.

Ada beberapa wisata danau ranau yang bisa kita jajal saat kesini, ada wisata kuliner ikan nila bakar danau ranau, bermain jetski, menikmati keindahan danau dari pinggir danau dimana terdapat gunung seminung di tengah danau, wisata air panas, dan ada juga air terjun subik. Mari kita bahas satu per satu.
Wisata danau ranau
Ikan bakar ranau

1. Ikan bakar ranau

Ikan bakar ranau ini sangat terkenal. Ikan bakar yang dimaksud adalah ikan nila bakar. Satu piring ikan nila bakar akan membuat Anda merasa kurang dan ingin mencoba lagi. Tepat dipinggir danau ranau ada penjual ikan nila bakar. 

Ikan nila ini merupakan salah satu jenis ikan yang ada di danau ranau. Karena danau nya yang masih asri, ukuran ikan nila disini besar-besar. 

Aku lumayan sering makan ikan nila bakar, namun menurutku ikan nila bakar ranau ini yang paling enak. 

Satu piring ikan nila bakar ukuran jumbo (sekitar 1 kilo) dihargai Rp 100ribu. Lumayan mahal sebenarnya, namun karena saat itu aku dibayarin, jadi ngga apa, hhe..

2. Bermain jetski

Ada jetski yang bisa disewa di danau ranau. Letaknya tepat di bacaan "DANAU RANAU". Anda akan diajak berputar-putar mengelilingi danau yang terjadi akibat gempa vulkanik masa lampau. 

Jujur saja saat itu aku tidak bermain jetski, jadi tidak tahu berapa harga sewa jetski danau ranau. 

Bermain jetski di danau ranau tentu akan menimbulkan sensasi berbeda, sebab biasanya jetski dimainkan di laut, nah kali ini dimainkan di danau yang notabene adalah air tawar.

Anda tidak perlu khawatir bermain jetski di danau ranau, sebab Anda akan ditemani instruktur dan juga menggunakan baju pelampung, jadi Anda tidak perlu takut tenggelam.

Dari informasi yang aku dapat titik terdalam danau ranau adalah 209 meter, jadi tidak lebih dalam dari danau toba yang mencapai 505 meter.
Wisata danau ranau
Danau ranau

3. Menikmati keindahan danau dari tepian

Bentang alam danau ranau memang sangat indah, Anda bisa menikmati pemandangan alam ini dari tepian danau ranau.

Akan terlihat gunung seminung di tengah danau. Gunung seminung sendiri merupakan gunung api tidur dengan ketinggian 1.880 mdpl.

Jadi tidak perlu khawatir gunung tersebut akan meletus saat Anda sedang asyik menikmati keindahan danau ranau.

Oh iya, saat aku melakukan wisata danau ranau, aku tidak menemui orang yang berenang di sekitar danau. Aku tidak tahu apakah tidak boleh atau Bagaimana. Namun aku pribadi tidak ingin berenang di danau ini, sebab danau ini banyak ditumbuhi rumput dan aku pribadi merasa agak seram saat melihat dasar danau ini yang banyak ditumbuhi lumut.

4. Wisata air panas

Tidak banyak yang tahu bahwa di danau ranau ini terdapat sumber air panas. Letaknya di tengah danau di kaki gunung seminung. 

Ada dua akses yang bisa dilalui untuk tiba di air panas gunung seminung ini, pertama menyebrang menggunakan getek dari tepian danau atau melalui jalur darat. Namun darj informasi yang aku dapat, jalur darat ini belum 100% bisa digunakan (koreksi jika salah). 

Wisata air panas danau ranau ini berasal dari belerang gunung seminung. Khasiat nya sendiri bisa mengobati penyakit kulit dan Anda bisa merasakan kehangatan, jadi jika Anda butuh kehangatan cobalah mengunjungi air panas ini.
Wisata danau ranau
Air terjun subik

5. Air terjun subik

Air terjun subik letaknya agak jauh dari bacaan "DANAU RANAU". Jika perjalanan mobil, mungkin bisa 5 hingga 10 menit untuk tiba di air terjun subik ini. 

Anda hanya perlu menyusuri jalan sepanjang pinggir danau untuk tiba di air terjun ini. Jalannya lumayan naik turun dan berkelok serta sebagian jalan belum ada separator, sehingga berhati-hatilah saat menyusuri pinggiran danau ranau ini.

Saat itu aku tidak bayar untuk masuk air terjun subik ini, aku tidak tahu Apakah memang gratis atau sudah ada yang bayarin, hhe..namun walaupun bayar, aku rasa tidaklah mahal.

Air terjun subik ini bagus didatangi saat sore hari sebab matahari akan jatuh didepan air terjun, jadi hasil fotonya akan lebih baik.

Satu lagi tips saat mengunjungi air terjun adalah jangan datang ke wisata air terjun saat musim kemarau, karena bisa jadi debit air terjun nya kecil atau malah tidak ada sama sekali.

Akr terjun subik ini tidak terlalu tinggi, mungkin hanya 20 meter, serta airnya juga tidak jernih. 

Saya rasa itu dulu berbagi pengalaman wisata danau ranau nya, jika Anda butuh informasi penginapan di danau ranau kunjungi hotel di danau ranau

0 Response to "Wisata danau ranau"

Post a Comment

Tips menang lomba foto

Sebelum membahas tips menang lomba foto, saya ingin menginformasikan terlebih dahulu bahwa disini saya bukan bermaksud menggurui Saudara s...