Candi ijo: candi tertinggi di jogja

siluet candi ijo
siluet candi ijo. sumber: pribadi
Berbicara mengenai candi, jogja tentu menjadi salah satu daerah dengan jumlah candi yang banyak, salah satunya adalah candi ijo yang merupakan candi tertinggi di jogja.

Letak

Candi ijo terletak di desa sambirejo, kecamatan prambanan, kabupaten sleman, provinsi D.I. Yogyakarta.

Candi ijo ini sendiri letaknya berada di 375 meter diatas permukaan laut (mdpl), jadi sebenernya bukan candi nya yang tinggi, melainkan lokasi dimana candi ini berada.

Akses

Untuk menuju ke lokasi objek wisata candi ijo ini tidaklah sulit, hanya tinggal pesan ojek/taksi online maka Anda akan tiba di candi tertinggi di jogja ini. Adapun jarak lokasi candi ijo jika Anda dari bandara adi sutjipto adalah 10km ke timur.

Namun satu hal yang harus Anda ingat, berhubung lokasi candi ini berada diperbukitan dan juga tidak berada dipinggir jalan raya, maka saran saya jangan pulang terlalu malam dari objek wisata candi ijo ini, sebab Anda akan kesulitan memesan ojek/taksi online.

Hal tersebut pernah saya alami ketika melihat sunset di ratu boko, saat itu saya pulang sekitar pukul 18:30 WIB setelah sholat maghrib di masjid komplek wisata candi tersebut, sialnya berhubung hari sudah malam, kami kesulitan memesan taksi online, beberapa kali sopir menolak pesanan kami dengan alasan terlalu jauh dan juga memang sudah sepi.
candi ijo
candi ijo. sumber: pribadi

Candi ratu boko dan candi ijo sendiri letaknya tidak terlalu berjauhan, hanya beberapa kilometer saja, jadi keduanya memang berada di lokasi yang cukup jauh dari jalan raya.

Solusi yang saya tawarkan ketika ingin melihat sunset di candi ijo ada baiknya Anda minta saja sang sopir untuk menunggu Anda, Anda hanya perlu membayar Rp 100rb untuk hal tersebut.

Selain itu wisata candi ijo juga letaknya tidak terlalu berjauhan dengan beberapa objek wisata lainnya. Tepat dibawah candi ijo ada objek wisata tebing breksi, kemudian jika Anda ke utara akan ada candi ratu boko, dan jika terus lagi ke utara, Anda akan bertemu candi prambanan.

Objek wisata

Kembali ke topik candi ijo. Selain mewarkan wisata sejarah, candi ijo juga menawarkan wisata sunset atau matahari terbenam. Letaknya yang berada di gumuk ijo bukit batur, membuat kita leluasa melihat matahari terbenam.

Ada satu yang spesial di candi ijo ini selain sunset, yaitu kita bisa melihat landasan pacu Bandara Adi Sutjipto dari candi ijo. Saat sunset tiba, pesawat yang lepas landas akan tepat melewati matahari jika dilihat dari kawasan wisata candi ijo, jadi jangan lupa membawa kamera dengan lensa tele untuk mengabadikan momen tersebut.

Biaya masuk

Biaya masuk candi ijo tergolong sangat murah jika dibandingkan biaya masuk candi prambanan, borobudur maupun ratu boko yang Rp 40rb. Biaya masuk candi ijo sendiri hanya Rp 5rb saja.

Ada yang tahu mengapa biaya masuk candi ijo murah? Jawabnya adalah karena candi ijo tidak dikelola oleh perusahaan swasta yang menaungi ketiga candi diatas.

candi ijo
candi ijo. sumber: pribadi

Sejarah

Candi ijo sendiri merupakan candi hindu, sama seperti candi prambanan dan juga candi ratu boko.

Nama candi ini sendiri diambil dari prasasti poh yang dalam penggalan nya menyebutkan "...anak wanua i wuang hijo.." yang berarti (anak desa, orang ijo). Dalam prasasti tersebut menyebutkan angka 906 masehi. Jadi jika dikurangkan dengan tahun 2019, berarti candi ijo sudah berusia sekitar 1.113 tahun.



0 Response to "Candi ijo: candi tertinggi di jogja"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...