Wisata murah jogja 2019

Tamansari
Wisata murah jogja. Sumber: pribadi
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi wisata murah jogja 2019.

Siapa yang tidak tahu jogja, atau lebih lengkap nya Daerah istimewa Yogyakarta. Kota pelajar ini memang menjadi salah satu Daerah istimewa di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah provinsi ini dipimpin oleh seorang gubernur yang sekaligus merangkap sebagai sultan. Saat ini hanya ada dua daerah istimewa di indonesia, yaitu aceh dan jogja.

Selain sebagai kota pelajar, jogja juga terkenal dengan tempat wisata nya. Secara garis besar wisata itu terbagi atas wisata gunung, wisata pantai, maupun wisata sejarah.

Kali ini saya hanya akan membagikan wisata murah nya saja walau sebenernya mahal atau murah itu relatif. Seluruh tempat wisata yang akan saya ceritakaan merupakan wisata sejarah di yogyakarta.

1. Candi prambanan

Prambanan
Candi prambanan. Sumber: pribadi
Siapa yang tidak tahu dengan candi prambanan? Saya rasa sebagian besar orang sudah tahu dengan candi ini. Candi ini sering disebut-sebut pada buku pelajaran sejarah saat kita SD. 

Selain itu legenda nya juga cukup terkenal, yaitu legenda percintaan roro jonggrang. Dalam legenda nya, roro jonggrang meminta bandung bandawasa membuatkan seribu candi untuknya dalam satu malam, namun roro jonggrang berlaku curang yang menyebabkan bandung bandawasa tidak bisa menyelesaikan seribu candi itu dan akhirnya roro jonggrang sendirilah yang menjadi candi ke seribu serta menjadi arca dari candi ke seribu.

Mari kita ceritakan sejarah aslinya. Candi prambanan merupakan candi hindu yang dibuat sekitar tahun 850 masehi, tidak terlalu jauh jarak pembuatan nya dengan candi borobudur yang merupakan candi budha. Diduga candi prambanan dibuat memang untuk menyandingi candi borobudur. Candi prambanan dibuat pada masa raja Rakai Pikatan yang merupakan raja kerajaan mataram kuno. 

Candi prambanan terletak di desa bokoharjo, kecamatan prambanan, kabupaten sleman, provinsi D.I Yogyakarta.

Akses menuju candi ini tidaklah sulit, letaknya sekitar 7 kilometer dari bandara adi sucipto atau 16 kilometer dari stasiun lempuyangan dan 21 kilometer dari stasiun tugu.

Setibanya Anda di bandara Adi sutjipto, Anda harus belok kanan dan langsung lurus saja hingga tiba di candi prambanan. 

Ada hal unik yang aku temui di jogja ini, jika Anda bertanya alamat kepada warga sekitar, maka mereka akan menunjukkan menggunakan arah mata angin, jadi mereka akan menunjukkan dengan menyebut ke barat ke timur maupun ke utara atau selatan.

Jujur saja aku agak bingung awalnya, namun aku tahu, aku harus melihat matahari, sebab matahari terbit dari timur dan terbenam di barat.

Kembali ke candi prambanan. Harga tiket masuk candi prambanan adalah Rp 40.000 untuk turis domestik dan lebih mahal untuk turis asing. 

Wilayah candi ini cukup luas, jadi lumayan lah jika Anda berjalan kaki di candi ini. Sebenernya tersedia mobil wisata yang siap mengantarkan Anda, namun bagiku rasanya berbeda dengan aku menikmati keindahan candi ini sambil berjalan kaki.

Candi prambanan ini sangat bersih. Candi prambanan, candi borobudur, dan candi ratu boko dibawah pengelolaan pengembang yang sama. Ketiganya dikelola oleh PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (persero).

Dikarenakan pengembang yang sama, layout ketiga candi ini sama. Bentuk-bentuk gerbang, skema tempat orang berjualan, dan banyak lagi persamaan nya.

2. Candi borobudur

Borobudur
Candi borobudur. Sumber:pribadi
Candi borobudur merupakan candi budha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Jalan badrawati, kec. Borobudur, kota magelang.

Untuk menuju candi borobudur, jaraknya sekitar 44 kilometer dari bandara adi sudjipto, jadi lumayan jauh. Saat saya ke candi ini, butuh waktu sekitar satu jam lebih untuk sampai kesini dari daerah sekitaran bandara adi sutjipto menggunakan sepeda motor.

Menurut sejarah candi ini dibangun pada masa dinasti syailendra dan rampung pada masa raja samaratungga pada tahun 825 masehi. Butuh sekitar seratus tahun untuk menyelesaikan candi ini.

Candi ini dulu pernah ditinggalkan lama dan menghilang akibat tertutup pasir merapi setelah bencana alam yang menimpa jogja. Baru sekitar tahun 1814 candi ini kembali ditemukan. Candi ini ditemukan kembali oleh Thomas Stanford Rafless pada saat pulau jawa dikuasi inggris.

Sama seperti prambanan, harga tiket masuk candi ini juga Rp 40.000,-. Untuk tiba di lokasi candi, lumayan menaiki banyak anak tangga, sebab candi ini terletak diatas bukit.

Dari referensi yang saya baca, nama borobudur berasal dari "boro" yang merupakan nama desa tempat candi ini berada dan "budur" yang berarti purba.

3. Tugu jogja

Tugu jogja
Tugu jogja. Sumber: pribadi
Tugu jogja berada di cokrodiningratan, kecamatan jetis, yogyakarta, dan merupakan jantung kota yogyakarta.

Tahukah Anda bahwa tugu ini merupakan satu poros imajiner dengan laut selatan, gunung merapi, dan keraton yogyakarta.

Pada awalnya tugu ini diberi nama tugu golong gilig yang berarti bulat silinder dan dibangun pada masa Sultan Hamengkubuwono I. Tinggi tugu golong gilig adalah 25 meter. Namun tugu golong gilig sudah lama hancur pada tahun 1867 saat jogja diguncang gempa dahsyat. 

Tugu golong gilig yang hancur dibangun kembali dan diresmikan pada tahun 1889 oleh Sultan Hamengkubuwono VII dan diberi nama Tugu Putih. Tinggi tugu jogja yang sekarang adalah 15 meter.

Jika Anda ingin berwisata murah meriah dan bisa dapat banyak tempat wisata, Anda bisa memulainya dari tugu jogja ini dengan berjalan kaki sampai Anda akhirnya tiba di alun-alun kidul/selatan keraton yogyakarta.

4. Jalan malioboro

Jalan malioboro
Saya di jalan malioboro. Sumber: pribadi
Satu lurusan dari tugu jogja, maka Anda akan bertemu dengan Jalan malioboro, Anda hanya perlu jalan lurus di Jalan margo utomo hingga sampai di Jalan malioboro.

Jalan malioboro dalam bahasa sansekerta berarti karangan bunga. Jalan malioboro dibangun bersamaan dengan keraton yogyakarta.

Jalan ini menjadi sangat terkenal karena sejak dahulu daerah ini menjadi pusat perdagangan di yogyakarta.

Saya rasa belum afdhol rasanya jika Anda berwisata ke jogja namun tidak berfoto di tiang jalan malioboro.

Sepanjang Jalan Malioboro ini selain ada banyak orang berjualan, juga banyak tersedia kursi untuk Anda bersantai.

Jalan malioboro ini sangat ramai wisatawan, terlebih saat malam tiba dan memang lebih enak malam jika Anda ke Jalan malioboro, sebab tidak panas, hhe..

Oh iya, untuk ke jalan malioboro maupun tugu jogja, keduanya gratis, sebab ini jalan umum. Begitu juga pasar beringharjo, tugu 0 km yogyakarta, monumen serangan umum 1 maret 1949, dan alun-alun kidul, semuanya gratis.

5. Pasar beringharjo

Pasar beringharjo
Pasar beringharjo. Sumber: pribadi
Setelah jalan malioboro, maka Anda akan bertemu Jalan Ahmad Yani, nah di Jalan Ahmad Yani inilah ada pasar beringharjo.

Kata beringharjo sendiri berasal dari kata bering (beringin) dan harjo (makmur). Dinamai beringharjo sendiri karena dahulu sebelum menjadi pasar, lokasi ini merupakan hutan pohon beringin.

Pasar beringharjo menjual batik, barang antik, aneka rempah-rempah dan banyak lagi lainnya.

6. Benteng Vredeburg

Benteng vredeburg
Benteng vredeburg. Sumber: pribadi
Maju lagi ke selatan Anda akan bertemu benteng vredeburg. Benteng vredeburg pada awalnya diberi nama benteng rustenberg (benteng peristirahatan) yang kemudian diganti namanya menjadi benteng vredeburg (benteng perdamaian) setelah hancur pada saat gempa 1867.

Benteng vredeburg pertama kali dibangun pada 1760 atas prakarsa belanda kepada sultan Hamengkubuwono I dan selesai pada 1787. 

Biaya masuk museum vredeburg ini Rp 3.000,-. Seperti pada postingan-postingan sebelumnya, saya selalu katakan, jika Anda ingin berkunjung ke museum, maka jangan datang pada hari senin, sebab biasanya museum akan tutup pada hari senin.

Koleksi museum vredeburg ini kebanyakan adalah diorama. Selain diorama juga terdapat beberapa barak prajurit belanda.

7. Titik 0 KM yogyakarta

Titik 0 km jogja
Titik 0 km yogyakarta. Sumber: pribadi
Titik 0 KM biasanya merupakan tempat awalan suatu jarak sebuah kota dimulai. Terkadang sebuah lokasi diberi nama kilometer nya yang dimulai dari titik 0 kilometer. 

Tahukah Anda dimana titik 0 suatu kota biasanya dimulai? Titik 0 suatu kota biasanya dimulai dari kantor pos.

8. Monumen serangan 1 maret

Monumen serangan umum 1 maret 1949
Monumen serangan umum 1 maret
Sumber: pribadi
Monumen serangan umum 1 maret 1949 ini merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat yogyakarta melawan belanda pada 1 Maret 1949. Disini dahulu pernah terjadi pertempuran antara pejuang indonesia melawan belanda.

9. Keraton yogyakarta

Keraton yogyakarta
Keraton yogyakarta. Sumber: pribadi
Maju lagi ke selatan sekitar 550 meter dari monumen serangan 1 maret 1949, maka Anda akan masuk wilayah keraton ngayogyakarta hadiningrat. 

Jujur saja aku kurang paham benar sejarah keraton ini dan berbagai tempat didalam nya, jadi aku tidak berani bercerita banyak terkait keraton ini meskipun aku punya banyak foto-foto keraton ini yang aku jepret sendiri untuk stok foto.

Dibagian depan keraton ada alun-alun kota, alun-alun lor namanya yang merupakan alun-alun utara dan dibagian belakang keraton ada juga alun-alun selatan atau dikenal juga dengan alun-alun kidul.

Dari referensi yang aku baca, keraton ini mulai didirikan beberapa bulan setelah perjanjian giyanti pada 13 februari 1755 antara voc, sunan pakubuwana dan pangeran mangkubumi. 

Pangeran mangkubumi lah yang menjadi sultan Hamengkubuwono I sementara sunan pakubuwana menjadi sultan di keraton surakarta. Kedua nya merupakan pecahan dari kerajaan mataram. (Koreksi saya jika salah)

Secara garis besar isi keraton ini adalah koleksi benda-benda berharga milik keraton. 

Biaya masuk keraton ini Rp 5.000 dan harus menambah Rp 2.000 jika Anda membawa kamera. 

Di bagian depan keraton ini tidak terlalu banyak koleksi yang bisa dilihat, ada mobil yang pernah dipakai sultan, ada juga foto-foto sultan Hamengkubuwono, hanya saja foto dimulai dari Sultan Hamengkubuwono ke IV saja sampai sultan yang sekarang, yaitu Sultan Hamengkubuwono X.

Di bagian belakang keraton ini (masuk lagi dari tempat yang lain setelah keluar dari bagian depan keraton) ada bagian yang lebih menarik.

Disini ada banyak abdi dalem keraton, dan ada banyak koleksi keraton lainnya mulai dari batik, porselen, dan berbagai barang berharga milik keraton.

Biaya masuknya jika aku tidak salah Rp 8.500 jika Anda membawa kamera.

10. Museum kereta kencana

Sesuai namanya, isi museum ini memang kereta kencana milik keraton.

Ada cukup banyak kereta kencana disini dengan berbagai peruntukkan nya.

Letaknya disebelah barat keraton. Jika saya tidak salah, disini ada kereta kencana dari sejak jaman sultan Hamengkubuwono I, yaitu kereta Nyai jimat. 

Menurutku museum kereta kencana ini agak mistis, agak bau-bau bunga dan penerangan nya yang kurang menambah kesan mistis museum ini.

Didepan kereta nyai jimat ini ada bunga yang konon katanya jika difoto akan terlihat segar meskipun bunga tersebut sudah layu. Selain itu, didekat bunga ada patung wanita yang katanya jika dijepret akan sulit fokus.

Biaya masuk kereta ini Rp 5.000,-

11. Tamansari

Tamansari
Tamansari. Sumber: pribadi
Sekitar 2 kilometer ke arah selatan dari keraton yogyakarta, maka Anda akan menemui tamansari. 

Tamansari sendiri merupakan tempat pertahanan, tempat religius sekaligus tempat rekreasi keluarga keraton. Tamansari dibangun oleh tumenggung Mangundipura sekitar abad ke-18

Didalam tamansari ini terdapat umbul binangun yang merupakan kolam yang konon dahulu digunakan untuk mandi putri raja atau keluarga kerajaan.

Selain umbul binangun, terdapat sumur gumuling yang paling sering digunakan para wisatawan untuk berfoto. 

Saran saya, jika Anda berkunjung ke tamansari dan ingin ke sumur gumuling dan pulo kenanga, maka siapkan tenaga ekstra.

Sebab, wilayah nya lumayan luas serta sumur gumuling dan pulo kenanga berada terpisah dengan umbul binangun.

Untuk menuju sumur gumuling, maka Anda harus melewati pemukiman warga dan berjalan ke arah barat. Sumur gumuling berada di bawah tanah, sementara pulo kenanga berada diatas bukit.

Dahulu dipercaya sumur gumuling merupakan tempat semedi sultan dan juga sebagai tempat pertahanan, sebab ada banyak lorong yang langsung bisa membawa Anda ke tempat lain dari sumur gumuling ini.

Sementara pulo kenanga merupakan bangunan megah berasiteksur eropa. Jika dijaman sekarang, pulo kenanga ini mirip seperti hotel.

Biaya masuk tamansari adalah Rp 5.000,- dan Anda harus menambah Rp 2.000,- jika Anda membawa kamera

12. Alun-alun kidul

Alun-alun selatan
Alun-alun kidul. Sumber: pribadi
Alun-alun kidul atau alun-alun selatan ini berada sekitar 500 meter dari tamansari. Anda hanya perlu berjalan ke selatan sedikit dari tamansari untuk menuju alun-alun kidul.

Di Alun-alun kidul ini juga terdapat dua pohon beringin besar yang menurut mitos nya jika ada yg berhasil melewati ledua pohon ini dengan mata tertutup berarti berhati bersih dan permintaan nya akan terkabul

Terus terang saya aku tidak percaya dengan hal yang seperti ini.

Mari kita hitung biaya yang dihabiskan untuk berwisata murah di jogja ini.
-rental motor 1 hari: Rp 100.000
-tiket masuk prambanan: Rp 40.000
-tiket masuk borobudur: Rp 40.000
-tiket masuk tugu jogja: gratis
-tiket masuk malioboro: gratis
-tiket masuk pasar beringharjo: gratis
-tiket masuk benteng vredeburg: Rp 3.000
-tiket masuk titik 0km: gratis
-tiket masuk monumen 1 maret: gratis
-tiket masuk keraton yogyakarta: Rp 5.000
-tiket masuk museum kereta kencana: Rp 5.000
-tiket masuk bagian belakang keraton: Rp 6.000
-tiket masuk tamansari: Rp 5.000
-tiket masuk alun-alun kidul: gratis
-biaya overhead (makan, minum dll.): Rp 50.000

Sehingga totalnya hanya Rp 254.000 saja.

Saya rasa itu dulu sharing mengenai wisata murah di jogja, saran saya jika ingin berwisata di jogja, ada baiknya merental sepeda motor. Ada banyak rental motor disini, harga per hari rental nya berkisar Rp 50.000 - Rp 100.000. Anda hanya perlu menyiapkan ktp dan sim saja untuk menyewa motor di jogja.

Perlu diingat murah dan mahal itu relatif bagi setiap orang. Semoga bermanfaat

Baca juga: berenang di tempat tertinggi palembang

0 Response to "Wisata murah jogja 2019"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...