Main ke artjog 2019

Artjog 2019
Salah satu karya seni di artjog 2019
Sumber: pribadi
Mumpung masih di jogja, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi festival seni rupa di Jogja National Museum (JNM).

Artjog 2019 atau Artjog MMXIX kali ini mengusung tema Art in common dan sub-tema nya jika tidak salah common space.
Artjog 2019
Pengunjung di artjog 2019
Sumber: pribadi

Ada 39 seniman (baik individu maupun per orangan) yang ikut ambil bagian dalam artjog 2019 ini. Artjog 2019 ini merupakan artjog ke-12 dan dibuka langsung oleh Menteri keuangan Sri Mulyani.
Artjog 2019
Artjog 2019. Sumber: pribadi

Artjog 2019 ini mulai dibuka 25 Juli - 25 Agustus 2019 dengan tiket masuk dewasa Rp 50.000 dan anak-anak Rp 25.000

Artjog mulai dibuka pukul 10.00 pagi hingga pukul 09.00 malam.

Jujur saja aku kurang begitu paham dengan detail pesan dari setiap karya yang ditampilkan, namun secara garis besar artjog kali ini membawa pesan mengenai kerusakan alam.

Selain pesan yang disampaikan oleh karya-karya para seniman, karya-karya yang ditampilkan juga kebanyakan instagrammable untuk difoto.

Pencahayaan yang baik membuat foto yang dihasilkan menjadi bagus dan unik karena karya seni rupa yang menjadi background merupakan pemandangan yang langka.
Artjog 2019
Karya handiwirman. Sumber: pribadi

Aku ada suka satu karya Handiwirman jika tidak salah nama senimannya, dia menggali lubang jogja national museum untuk menciptakan karya yang bercerita tentang taman. Pesan yang ingin disampaikan nya menurutku meskipun taman terlihat indah, namun karena taman merupakan ekosistem buatan manusia, sebenernya ada banyak hal-hal yang tidak baik digunakan untuk membangun sebuah taman, seperti plastik, pipa yang diwakili karet, dsb.

Aku suka karena aku mudah mencerna cerita dari pesan yang ingin disampaikan oleh si seniman.
Artjog 2019
Tukang parkir. Sumber: pribadi

Ada juga patung tukang parkir yang menurutku aku mudah mencerna pesan yang ingin disampaikan. Si seniman ingin menyampaikan bahwa tukang parkir adalah penguasa dalam lingkup tertentu, yang mana untuk mendapatkan kekuasaan itu sangat tidak mudah, karena mereka harus bersaing dengan yang lainnya.

Satu lagi yang aku suka adalah bubu (perangkap ikan) karya sunaryo yang mudah aku pahami pesan nya, bubu memang aslinya dibuat untuk menangkap ikan dengan cara ikan yang masuk tidak bisa keluar lagi karena pintu masuk bubu memang dirancang bisa masuk susah keluar.
Artjog 2019
Bubu karya sunaryo. Sumber: pribadi

Didalam bubu ini dibuat cermin sebagai bahan untuk kita berkaca, jadi ceritanya adalah perjalanan hidup manusia itu tidak bisa diulang, jadi berkacalah dengan apa yang sudah Anda lalui dalam hidup dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

Terus terang aku datang ke artjog ini untuk belajar Bagaimana seniman berusaha menyampaikan pesan yang dibawa dari seni yang dia buat.

Aku senang fotografi dan selalu berusaha menghasilkan cerita dalam foto yang aku buat, jadi aku ingin melihat Bagaimana cara berpikir si seniman sebelum menghasilkan karya nya yang bercerita.
Artjog 2019
Humba karya riri riza. Sumber: pribadi

Kembali ke laptop. Untuk melihat karya di artjog ini ada beberapa peraturan yang harus Anda patuhi, seperti tidak boleh menggunakan flash, tidak berisik, tidak membawa makanan, tidak menyentuh karya seni dan beberapa peraturan lainnya terkait agar karya seni tidak rusak.

Baiklah sekian dulu sharing mengenai artjog 2019 nya, jika Anda penikmat seni dan lagi ada waktu luang, sempatkan untuk main ke artjog 2019.

Baca juga: wisata murah di jogja

0 Response to "Main ke artjog 2019"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...