Jalan-jalan di Nongsa Point Marina dan Turi Beach & Resort

Nongsa point marina
Nongsa point Marina & resort
Nongsa point marina & resort mungkin sudah tidak asing lagi di telinga warga batam, penginapan berbentuk resort dengan marina nya ini sudah menjadi primadona sejak dahulu kala. Sebelum melangkah lebih jauh, ada yang tahu Apa itu marina? jika pada pembahasan sebelumnya di blog ini saya sudah pernah menjelaskan Apa itu resort, kali ini saya akan mencoba memberi tahu Apa itu Marina?
Hotel Nongsa point
Nongsa point Marina & resort

Menurut KBBI, Marina adalah pelabuhan khusus yang disediakan untuk kapal pesiar, dilengkapi prasarana yang dibutuhkan, misalnya air tawar dan telekomunikasi.

Ya jadi marina itu adalah pelabuhan kapal pesiar, di nongsa point sendiri biasanya yatch atau kapal-kapal mewah yang bersandar disini. Setahuku memang ada kemudahan izin yang diberikan bagi kapal-kapal mewah ini jika ingin bersandar di Nongsa Point Marina, hal ini dimaksudkan untuk menarik wisatawan asing.
Nongsa point marina
Marina di Nongsa point
Jujur saja aku tidak menemukan kapan Nongsa Point Marina ini berdiri, yang jelas resort dengan 29 kamar ini setahuku sudah ada sejak aku kecil, dahulu beberapa kali aku ikut ayahku menghadiri acara kantornya di resort ini.

Nongsa Point Marina & Resort ini berada bersebelahan dengan Turi Beach & resort, dan masih dalam manajemen Nongsa Resort. Baik Nongsa point maupun Turi, keduanya terletak di Jalan Hang Lekiu, kecamatan nongsa serta keduanya adalah hotel bintang 5.

Untuk Turi Beach & Resort sendiri aku pernah mendapatkan informasi bahwa resort ini sudah berusia 27 tahun pada tahun 2017, dan bisa jadi usia keduanya tidak terlalu jauh.

Jika Nongsa Point Marina & Resort hanya memiliki 29 kamar, Turi Beach & Resort memiliki 140 kamar.

Nongsa Point Marina & Resort memiliki rate 1 hingga 4,5juta untuk semalamnya, sementara Turi Beach & Resort memiliki rate 2 hingga 3juta.

Untuk memesan kedua resort ini selain dari situs hotel dan tiket online, bisa juga menghubungi nomor telepon (0778) 761 333 untuk Nongsa Point, dan (0778) 761 080 untuk Turi.

Perlu digarisbawahi, waktu aku saya ke resort ini, saya bukan menginap, tapi hanya numpang foto-foto, wkwkwk...
Turi beach
Kolam renang Turi beach & resort

Untuk numpang foto-foto disini saat itu aku pesan minuman saja di restonya, setelah itu aku berkeliling di resort nya.

 Sayangnya saat itu untuk masuk ke marina nya tidak diperbolehkan satpam, jadi cuma bisa lihat-lihat dari jauh yatch dan kapal pesiar yang sandar tanpa boleh menyentuh.

Selain tempat berlabuh kapal mewah, di resort ini juga sering diadakan Nongsa regatta, yaitu kompetisi perahu layar/yatch bertaraf internasional, biasa diadakan sekitar bulan Januari setiap tahunnya.
Nongsa point
Nongsa point Marina & resort
Waktu itu aku kesana bulan februari, jadi sudah selesai Nongsa regatta nya.

Mungkin ada yang penasaran mengapa dinamakan Nongsa? Nongsa sendiri adalah nama daerah di Kota Batam. Nongsa ini diambil dari nama Raja Isa bin Raja Ali yang nama kecilnya adalah Nong Isa, namun oleh warga setempat lebih sering disebut Nongsa.

Ada beberapa resort di Nongsa ini, dan semuanya menurutku tidak murah #nasibsobatmisqueen.

Kembali ke topik, setelah aku puas berfoto-foto di Nongsa Point, aku terus berjalan hingga sampai di Turi Beach & Resort. Sesuai namanya, jika Nongsa Point yang ditonjolkan marina nya, Turi menonjolkan beach/pantai nya. Pantai di Turi Beach & Resort ini sangat indah.
Turi beach & resort
Pantai di Turi beach & resort
Secara pantai ini berada dalam resort, jadi pantai ini eksklusif dan terawat. Di Turi Beach & Resort ini terdapat jalan menuju ke laut yang sering dijadikan tempat foto prewedding atau foto landscape bagi para fotografer, sayangnya saat itu aku pergi bersama nyonya besar, saat aku ajak ke jembatan itu dia tidak mau, jadi terpaksa aku cuma melihat saja.

Selain pantai nya, terdapat juga kolam renang di tepian pantai Turi Beach & Resort ini. Biasanya kolam renang ini selalu ramai pengunjung.
Turi beach & resort
Turi beach & resort
Terus terang aku sudah beberapa kali masuk ke resort hanya untuk sekedar melihat-lihat saja. Di daerah Kepulauan Riau, salah satunya batam memang cukup banyak ditemui resort yang mayoritas menonjolkan pantai, jadi jika Anda hanya sekedar melihat-lihat resort tanpa menginap, sebaiknya ke pos satpam saja, katakan "Pak, permisi. Boleh ngga pak saya lihat-lihat pantainya?" biasanya boleh. Tapi ingat ya, hanya lihat-lihat pantai, jangan ke penginapannya.

Anda hanya perlu meninggalkan kartu identitas saja di pos satpam, namun jika tidak boleh, maka masuk ke restonya dan pesan makanan atau minuman disana, setelah itu keliling saja, mudah-mudahan tidak ada yang marah.

sekian dulu share jalan-jalan di Nongsa Point Marina & Resort dan Turi Beach & Resort nya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Jalan-jalan di Nongsa Point Marina dan Turi Beach & Resort"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...