wisata taman bunga merasi

Wisata kebun bunga merasi
Wisata taman bunga merasi. Sumber: pribadi
mungkin Anda pernah mendengar wisata taman bunga merasi? wisata taman bunga merasi ini beberapa waktu lalu sempat heboh dan sempat menjadi berita di beberapa stasiun TV nasional karena keindahannya.

Sesuai namanya, wisata taman bunga merasi ini memang terletak di daerah merasi, tepatnya di daerah Tugumulyo - Musi Rawas. Jika Anda bingung aksesnya, letaknya tidak jauh dari kota lubuk linggau, sumatera selatan. Anda bisa mengaksesnya melalui bandara silampari, stasiun lubuk linggau, atau sengaja menggunakan mobil dari daerah sekitarnya.
Bunga celosia
Kebun bunga merasi. Sumber: pribadi

Apabila Anda dari bandara silampari, Anda bisa langsung naik taksi dan mengatakan ingin ke taman bunga di merasi, letaknya sekitar satu jam dari bandara. Jika Anda dari stasiun lubuklinggau, Anda bisa naik angkot yang memang sudah parkir di depan stasiun, dan katakan ingin ke taman bunga di merasi. Saya rasa rata-rata sopir angkot atau taksi tahu dimana keberadaan taman bunga ini.

Sebenarnya taman bunga ini sendiri ada beberapa tempat, ada di H, Y, G, dan setahuku sedang dibangun di B, dan mungkin ada di beberapa tempat lainnya (Jadi seluruh desa di merasi dinamai huruf kemudian nama desanya, misal B Srikaton, H Ngadirejo, dan masih banyak lagi).

Adapun bunga yang ditanam di kebun bunga di merasi ini didominasi oleh bunga celosia. Bunga celosia lebih dikenal dengan bunga jengger ayam. bunga ini masih satu famili Amaranthaceae atau bayam-bayaman.bunga ini sebenarnya termasuk tanaman semusim, tapi jika bunganya dijadikan bunga potong biasanya bisa bertahan lama. tinggi batang bunga ini berkisar 1 meteran.

Bunga celosia yang ditanam di kebun bunga merasi ini didominasi warna kuning dan merah. Selain ditanami bunga celosia, bunga yang ditanam di beberapa wisata taman bunga merasi ini adalah bunga matahari, selain itu ada juga kebun petik buah belimbing (lokasinya di L)

Biaya masuk wisata taman bunga merasi ini 10ribu per orang dan parkir kendaraan 5ribu, jadi cukup murah kan!
Kebun bunga
Bunga celosia. Sumber: pribadi

Jika Anda masih bingung dimana letak kebun bunga ini, saya beritahu satu lokasi wisata taman bunga merasi yang menurut saya paling mudah diakses. Anda bisa naik angkot atau menggunakan mobil pribadi, masuk ke merasi adalah melalui simpang priuk lubuklinggau, setelah masuk simpang priuk, lurus saja mengikuti jalan, nanti Anda akan bertemu restoran mangking, lurus terus hingga bertemu pasar B Srikaton, masih lurus lagi sekitar 15 hingga 20 menit, maka wisata taman bunga merasi tepat berada disisi kanan jalan.

Sebenarnya wisata taman bunga merasi ini adalah sawah yang disulap oleh petaninya menjadi wisata taman bunga, jadi Anda akan menemui pemandangan sawah sepanjang mata memandang jika Anda masuk ke merasi. Daerah ini memang dikenal sebagai lumbung beras. Sebagian besar penduduknya merupakan transmigran dari pulau jawa sekitar tahun 40 hingga 50-an (koreksi jika saya salah) yang dibawa belanda untuk bertani disini.

Di daerah merasi ini seluruh sawahnya merupakan sawah irigasi, sistem pengairan disini bisa dibilang sangat bagus. Sumber pengairannya adalah bendungan watervang yang merupakan peninggalan belanda pada tahun 1942.

Kembali ke topik pembahasan wisata taman bunga merasi. selain bunga, didalam taman bunga ini juga dibuat tempat-tempat yang instagramable untuk berfoto, ada kincir angin, anjungan tepat foto, dan beberapa mural yang sengaja disediakan sebagai tempat untuk pengunjung berfoto.
Kebun bunga merasi
Salah satu pengunjung berfoto di spot foto

Saya rasa itu saja yang bisa saya ceritakan terkait wisata taman bunga merasi ini, taman bunga ini hanyalah sekedar taman yang bisa digunakan untuk berfoto sembari menikmati keindahan bunga-bunga yang sedang bermekaran, jika ada ketikkan saya yang salah pada artikel ini silahkan perbaiki di kolom komentar, semoga bermanfaat.


0 Response to "wisata taman bunga merasi"

Post a Comment

Candi ijo: candi tertinggi di jogja

siluet candi ijo. sumber: pribadi Berbicara mengenai candi, jogja tentu menjadi salah satu daerah dengan jumlah candi yang banyak, salah...