palembang muara enim naik motor

Mudik naik motor
kali ini saya akan share sedikit pengalaman saya, yaitu palembang muara enim. Terus terang perjalanan ini biasanya rutin saya lakukan sebulan sekali, karena orang tua saya memang menetap disana. Jika ditanya Mengapa Palembang muara enim naik motor? Jawabannya adalah karena saya lebih senang menikmati perjalanan. Karena dengan naik motor saya bisa bebas berhenti dimana saja saya ingin berhenti, selain itu alasannya adalah karena palembang - muara enim itu menurutku dekat.

Jarak antara palembang ke muara enim adalah 180,5 kilometer. Jarak tersebut jika ditempuh dengan mobil/sepeda motor (perjalanan normal) membutuhkan waktu sekitar empat jam perjalanan.

terus terang saja aku tidak menempuh perjalanan hingga kota muara enim nya, melainkan kota muara enim masih sekitar 47 kilometer lagi dari rumah orang tuaku. Namun, aku sering naik motor ke kota muara enim, bahkan lebih jauh hingga tanjung enim.

Sebelum Anda berpergian jauh mengunakan sepeda motor, ada baiknya Anda memeriksa kondisi kendaraan Anda dengan seksama. Jangan sampai saat diperjalanan, motor Anda mogok atau mengalami kerusakan karena Anda lupa memeriksa kondisi kendaraan.

Pastikan kondisi ban, tekanan angin, rantai/gearbox, tali kopling, tali gas, busi, oli dan sistem pengapian semuanya dalam kondisi baik. Satu yang harus diingat, jangan lupa isi bensin, hhe..

Terus terang aku pernah mengalami mogok saat perjalanan palembang muara enim naik motor. Hal itu karena sistem pengapian yang kurang baik, dan hal itu cukup menguras tenaga karena harus mendorong hingga sampai ke bengkel terdekat.

Sepanjang perjalanan palembang - muara enim memang bukanlah hutan belantara, namun ada beberapa titik yang antara rumah penduduk satu dengan lainnya cukup berjauhan, jika Anda mogok di daerah tersebut, lumayanlah bisa setengah jam doron motor jika mogok, hhe..jadi memeriksa kondisi kendaraan itu sangat penting.

setelah kendaraan siap, Anda juga harus mempersiapkan diri, pastikan Anda juga dalam kondisi fit, 4 jam perjalanan sepeda motor itu bukanlah sebentar, jika Anda tidak biasa, siap-siap saja pegal-pegal. Jangan lupa gunakan jaket, celana jeans, sepatu, sarung tangan, dan helm yang bagus. Bukan tanpa alasan, jalur yang akan Anda lewati adalah jalur lintas barat. Namanya jalan lintas, tidak ada orang yang mengendarai kendaraannya pelan-pelan. Kebanyakan akan menjadi liar di jalur lintas ini, termasuk aku, wkwkwk...

dengan safety yan cukup dan kondisi motor yang prima, Anda akan bisa melesat di jalur lintas ini tanpa khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Motor yang aku pernah gunakan saat melintas palembang - muara enim ini sudah cukup banyak. Aku pernah gunakan Honda Astrea Star 1995, Honda GL Pro Neotech 1996, dan Suzuki Spin 125 2011. Dasri ketiga jenis motor ini, Anda pasti sudah tahu mana yang paling cocok untuk digunakan melibas jalur lintas barat ini. Jawabannya benar, Honda GL Pro Neotech 1996 ini memang paling sesuai melintas di jalur lintas barat.

Dengan karakter GL Pro yang nafas nya panjang tapi bertenaga badak, sekelas Yamaha Scorpio 225 cc pernah tak berdaya melawan GL Pro ini meskipun hanya 150 cc.Waduh kok jadi ngawur ya ceritanya. Baiklah kita kembali ke topik pembahasan.

Sekarang kita berbicara kondisi jalan. Akan ada beberapa daerah yang akan anda lewati sebelum tiba di muara enim. Mari kita urutkan dari kota palembang.

gerbang keluiar kota palembang dimulai dari keluar kertapati hingga tiba di timbangan 32 inderalaya. kondisi jalan bisa dikatakan tidak terlalu baik, banyak ditemui lubang disini, selain itu karena ini pintu gerbang masuk palembang, seluruh kendaraan dari mana-mana akan melewati daerah sini, akan banyak truk besar maupun bis anatar kota antar provinsi, jadi Anda harus berhati-hati. saran saya jika Anda tepat berada dibelakang mobil, maka jangan pernah Anda berada di bagian tengah belakang mobil, hal ini sangat berbahaya, Anda bisa kejeblos lubang. Jadi saat dibelakang mobil, Anda harus mengikuti ban mobil. Sopir mobil didepan kita pasti tidak mau mobilnya masuk lubang kecuali memang sudah kepepet, Anda pasti akan aman jika mengikuti mobil berada tepat di jalur ban mobil.

Selain itu jika Anda akan mendahului, jangan mendahului di tikungan, jangan mendahului jika markah tengah jalan tidak putus-putus, dan yang paling penting, Jangan mendahului jika ragu. Aku tidak pernah ragu saat mendahului kendaraan, jika perlu gaspol maka akan aku gaspol untuk mendahului, hha..

Pahami rambu-rambu lalu lintas, meskipun sebagian besar pembaca artikel ini adalah orang yang mendapatkan SIM dengan cara menembak, tapi Anda tetap harus paham mengenai rambu-rambu lalu lintas.

Setelah lewat dari daerah inderalaya sampai ke prabumulih, maka jalan yang akan Anda temui adalah jalan yang bagus dan lurus-lurus. Tapi tetaplah berhati-hati, meski kendaraan sudah tidak terlalu ramai, namun Anda tetap harus waspada, sebab tidak pernah ada orang yang tergelincir di batu yang besar, orang akan tergelincir karena kerikil yang kurang diperdulikan.

Selanjutnya adalah Prabumulih hingga muara enim. Kontur jalan disini banyak lubang maupun tambalan aspal, serta jalannya berkelok-kelok, tidak ada jalan lurus. Waspada juga terhadap tronton maupun trintin pembawa kayu yang besar-besar. Tidak mudah mendahului di jalan yang berkelok-kelok dan berlubang, pastikan dari arah berlawanan tidak ada kendaraan lain sebelum Anda mendahului.

Selain kondisi jalan, waspada juga terhadap jalur perlintasan kereta api, jika aku tidak salah akan ada 6 hingga 7 perlintasan kereta api yang akan memotong jalan Anda. Namun begitu jika tidak salah dari palembang ke muara enim hanya ada satu perlintasan tanpa palang pintu, yaitu di daerah bantaian. Ada satu pameo, "Jika dari awal pintu perlintasan (jika tidak salah perlintasan pertama yang akan Anda temui diderah sekitar gelumbang) Anda bertemu kereta, maka Anda akan ketemu kereta lagi disetiap perlintasan berikutnya"

Kereta yang melintas didominasi kereta batu bara rangkaian panjang (babaranjang), panjangnya bisa sampai 60 hingga 90 gerbong. Cara mudah mengetahui berapa gerbong kereta babaranjang yang ditarik lokomotif, adalah dengan menghitung berapa jumlah lokomotif yang menarik kereta, jika ada dua lokomotif maka biasanya akan menarik 60 gerbong kereta babaranjang, jika ada satu lokomotif, maka akan mearik 30 kereta.

Sepanjang perjalanan palembang muara enim Anda akan melintasi dominasi kebun sawit dan kebun karet serta pemukiman warga. Untuk pemukiman warga sendiri, menurutku aman-aman saja, tidak ada daerah yang ditakuti seperti saat cerita perjalananku lubuklinggau bengkulu yang harus melewati kepala curup. ceita perjalananku lubuklinggau bengkulu bisa dibaca disini.

Saya rasa itu dulu cerita saya menenai palembang muara enim naik motor, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk meng-klik iklan yang muncul di blog ini agar saya tetap bisa terus semangat menulis karena satu klik-an iklan Anda akan bernilai 500 rupiah bagi saya, hhe..

terima kasih

0 Response to "palembang muara enim naik motor"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...