mengenal jenis penginapan hotel, sanggraloka, villa dan sebagainya

Mungkin Anda pernah menginap di hotel, villa, resort, guest house, dan sebagainya? lalu Anda bingung apa sih perbedaan dari hotel, villa, resort, guest house dan sebagainya itu, kali ini saya  akan mencoba menjelaskannya menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

1. Hotel

Hotel adalah tempat penginapan yang umum kita kenal, menurut wikipedia, hotel sendiri berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa perancis kuno. bangunan publik ini sudah disebut-sebut sejak akhir abad ke-17. maknanya "tempat penampungan buat pendatang" atau bisa juga "bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum".

Hotel biasanya berbentuk bangunan tinggi bertingkat, memiliki kamar yang banyak (hotel bintang 1 minimal harus memiliki 15 kamar), dan terletak di lokasi strategis. Hotel biasanya memiliki kelas-kelas. kelas tersebut lah yang membedakan fasilitas dari hotel tersebut.

sementara itu menurut pemerintah (Keputusan Menteri Parpostel nomor KM-94/HK.103/MPPT/1987) Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komesil.

2. Resort/Sanggraloka

Resort atau bahasa indonesia nya sanggraloka pada dasarnya mirip dengan hotel, hanya saja resort memiliki sarana rekreasi didalamnya.

Sanggraloka biasa berdiri di penggir pantai, pegunungan, tepi aliran sungai, dsb. Intinya sanggraloka adalah hotel yang memiliki fasilitas untuk berlibur/berwisata.

3. Hostel/dormitory

Hostel atau dormitory (bahasa indonesia nya asrama), merupakan penginapan yang biasanya dalam satu kamar diisi beberapa ranjang tidur. Hostel/dormitory biasa merupakan andalan para backpacker. Biaya menginap di hostel atau asrama ini jauh lebih murah dari menginap di hotel. Hostel biasanya juga berbentuk lebih sederhana dari hotel.

4. Suites

Suites ini biasanya merujuk ke hotel atau tepatnya merujuk pada jenis kamar hotel yang biasanya ukuran nya lebih besar dari ukuran kamar standar serta fasilitasnya yang lebih lengkap dari kamar standar. Hotel bintang tiga keatas biasanya memiliki kamar dengan tipe suites ini. Salah satu contoh kamar suites adalah president suite yang harga menginap dalam semalam nya untuk saya pribadi WOW...

5. Motel

Motel adalah singkatan dari motor hotel. biasanya terletak  di pinggiran kota di pinggir jalan dan biasa digunakan sebagai tempat  menginap transit bagi mereka yang sedang bepergian antar-kota. Motel biasanya didepan kamar langsung ada garasi mobilnya, sehingga memudahkan bagi Anda yang sedang bepergian antar kota.

6. Losmen atau Hotel Melati

Losmen disebut juga hotel kelas melati. Penginapan ini merupakan tempat penginapan sederhana,walaupun biasanya didalam setiap kamarnya dilengkapi tv dan AC. Bagi Anda sekalian, berhati-hatilah jika menginap di Hotel kelas Melati, sebab hotel ini sering kena razia, hha..

Hotel melati sendiri ada kelas-kelas nya, hotel melati 1 biasa memiliki jumlah kamar 5 buah, hotel melati 2 biasa memiliki kamar 10 buah, dan hotel melati kelas 3 memiliki jumlah kamar 15 buah. Untuk Hotel melati kelas 3 ini memiliki kesamaan jumlah kamar dengan hotel bintang 1 yang klasifikasi kamarnya harus minimal 15 buah.

7. Villa

Saya rasa yang ini tidak usah dijelaskan lagi, sebab ini lazim di telinga kita. Villa adalah penginapan yang biasanya berbentuk rumah satu-satu, biasa terletak di pegunungan atau berada di lokasi yang jauh dari keramaian.

Villa tidak ubahnya rumah biasa hanya saja lokasi nya yang biasa berada di daerah pegunungan dan juga biasanya villa ini merupakan penginapan mewah. Villa yang terkenal adalah Villa di daerah puncak, bogor.

8. Guest House atau Homestay

Guest house atau homestay ini biasa dikelola secara pribadi oleh perorangan. biasa berbentuk sederhana. Jadi, Guest House ini biasanya adalah rumah si pemilik rumah yang kamar nya banyak dan disewakan harian untuk pengunjung yang datang. Biasanya tidak disediakan sarapan seperti ketika Anda menginap di hotel

9. Wisma atau pesanggrahan

Wisma atau pesanggrahan biasanya dimiliki oleh pemerintah. menurut KBBI, Wisma artinya bangunan untuk tempat tinggal, kantor dan sebagainya. sementara Pesanggrahan adalah rumah peristirahatan atau penginapan milik pemerintah.

10. Cottage

Cottage ini mirip seperti villa, hanya saja ukuran nya yang lebih kecil dari villa dan lebih sederhana jika dibandingkan dengan villa. Terkait lokasinya biasa sama dengan lokasi villa.

11. Bungalow

Bungalow ini mirip Villa atau cottage, perbedaan jika villa atau cottage adalah rumah-rumah tempat menginap, bungalow hanyalah pondok-pondok. Bungalow biasa berada dalam satu kesatuan dengan Villa atau cottage

12. Bed & Breakfast (B&B)

Sesuai namanya, tempat penginapan ini hanya menawarkan fasilitas tidur dan sarapan, tidak ada fasilitas lainnya seperti layaknya hotel. lokasi nya biasa berada di perrkotaan. Jika Anda ingin menginap murah tapi dapat sarapan, B&B ini bisa jadi solusi.

13. Inn

Inn ini dalam bahasa inggris artinya penginapan, jika menurut pada arti aslinya, Inn ini hanyalah penginapan dalam kondisi darurat, namun jika saya melihat pada kenyataan nya, ada banyak hotel yang memberi nama hotel mereka dengan akhiran inn ini.

Baca juga: perbedaan hotel bintang 4 dan bintang 5

Baiklah sekian dulu pembahasan mengenai jenis penginapan, jika ada pengertian-pengertian yang salah mohon berikan kebenaran di kolom komentar, semoga berrmanfaat







 


0 Response to "mengenal jenis penginapan hotel, sanggraloka, villa dan sebagainya"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...