apa itu exif foto

sebenarnya hal ini tidak berkaitan dengan teknik fotografi, namun Anda harus mengetahui apa itu exif foto agar Anda bisa belajar Bagaimana suatu foto yang bagus diambil/dipotret dengan mengetahui exif nya.

EXIF sendiri merupakan singkatan dari Exchangeable image file format atau dalam bahasa Indonesia sering disebut metada foto.

Metadata/exif foto merupakan informasi/data dari foto itu sendiri, metadata/exif ini biasanya memuat kapan foto itu diambil, berapa shutter speed yang digunakan, berapa apperrture yang digunakan, berapa ISO yang digunakan dan masih banyak lagi yang lainnya bahkan biasanya aplikasi apa yang digunakan untuk mengedit foto ini pun sudah terlihat di exif nya.

lantas Bagaimana cara kita melihat exif/metadata foto kita? caranya sanat mudah, Anda hanya perlu menekan tombol properties pada foto Anda, jika menggunakan komputer EXIF biasanya berrada di bagian detail pada properties, cara nya adalah klik kanan mouse pada foto Anda, lalu klik properties, pada bagian properties, pilih detail, maka akan terlihat exif foto Anda.

Apakah exif hanya bisa dilihat menggunakan komputer, jawabnya tidak. handphone pun bisa melihat exif foto. caranya sama, tinggal ketik bagian properties, maka exif foto pun akan keluar, hanya saja exif foto di hp tidaklah selengkap menggunakan komputer/laptop.

Namun perlu Anda ketahui, jika Anda mengunduh foto dari google atau sosial media, maka biasanya exif foto sudah hilang, hal ini disebabkan foto yang masuk ke google atau sosial media akan otomatis dikompres oleh google atau sosial media. salah satu yang terkena kompres adalah exif.

Daripada berrlama-lama membahas exif, lebih baik saya jelaskan menggunakan gambar, kita ambil contoh gambar bunga ini:

gambar 300_1472.jpg
gambar diatas adalah gambar bunga yang saya ambil di jakabaring sport city, mari kita lihat exif nya:

exif foto
exif foto
pada gambar diatas terlihat authornya rahmat_a (ini saya setel di kamera nya), date taken (waktu foto diambil) 24/06/2018 pada pukul 06.35 WIB (pagi), Program name: ver 1.10 (ini belum diedit jika diedit biasanya program name akan berubah sesuai nama aplikasi edit foto), dimension (ukuran foto) 4288 x 2848 pixel, resolution (resolusi default nikon adalah 300 dpi, canon/fuji biasanya 72 dpi) 300 dpi.

exif foto
exif foto
selanjutnya camera model, saya menggunakan nikon d300, bukaan/apperture f/5.6, shutter speed 1/125, ISO yang digunakan 400, panjang lensa (focal length) 50 mm, ini karena saya memotret bunga tersebut memang menggunakan lensa fix 50 mm, metering mode pattern (pada kamera nikon nama metering ini adalah matrix metering (artinya metering dengan mengukur cahaya seluruh bagian foto.

itulah mengapa ketika Anda mengikuti perlombaan foto terkadang juri selain meminta Anda upload di instagram, Anda juga diminta mengirimkan file asli foto tersebut melalui email, foto kiriman peserta akan dilihat exif nya untuk keperluan klarifikasi.

saya rasa setelah membaca tulisan ini Anda akan paham apa itu exif foto, semoga bermanfaat

baca juga: memahami mode p a s m kamera










0 Response to "apa itu exif foto"

Post a Comment

Tips menang lomba foto

Sebelum membahas tips menang lomba foto, saya ingin menginformasikan terlebih dahulu bahwa disini saya bukan bermaksud menggurui Saudara s...