stasiun kertapati

stasiun kertapati
stasiun kertapati. sumber: pribadi
kali ini saya sengaja membuat judul "stasiun kertapati", sebuah judul yang terlihat umum tanpa bahasan tertentu, tidak seperti postingan blog ku yang lain.

hal ini sengaja aku lakukan, karena aku ingin mengetes apakah postingan ini dapat muncul di halaman pertama google.

stasiun kertapati sendiri berada di kota Palembang, sesuai dengan namanya, stasiun kereta api ini memang terletak di kecamatan kertapati, palembang.

mari kita bahas sejarah nya dulu. dari beberapa informasi yang aku dapat, stasiun kertapati diresmikan pada tanggal 01 November 1915 oleh staatssporwegen (bahasa Belanda). stasiun ini memang dahulu nya dibangun oleh belanda pada jaman penjajahan.

stasiun kertapati saat ini melayani berbagai rute perjalanan kereta, untuk penumpang sendiri untuk tujuan paling jauh ada Kertapati - Tanjung Karang PP ada juga Kertapati -Lubuk Linggau yang didalamnya ada banyak stasiun yang dilewati (info lebih stasiun yang dilewati silahkan cari di tempat lain, hha..)

selain kereta penumpang, di stasiun kertapati ini juga terdapat kereta barang, diantaranya kereta babaranjang (Batubara Rangkaian Panjang), kereta semen (semen baturaja), dan ada juga kereta pengangkut BBM (Pertamina).

terus terang rumahku sangat dekat dengan stasiun ini, jadi tak jarang aku sering sore-sore melihat-melihat kereta api dari dekat di sekitar stasiun kertapati sembari mengambil foto kereta yang lewat.

stasiun kertapati sendiri memiliki tinggi dua meter dari permukaan air. jika Anda perhatikan setiap stasiun kereta api, biasanya ada papan nama stasiun yang setelah nya terdepat angka (+) dan angka, misal "Kertapati +2"

nah itu artinya menandakan stasiun kertapati memiliki tinggi 2 meter dari perrmukaan air. jika tidak percaya, silahkan googling di mbah google, pasti jawaban nya bener, hhe..

Rel kereta di stasiun kertapati ini hanya selebar 1.067 mm, dari informasi yang aku dapat, rel kereta selebar itu termasuk ukuran sempit, umunya rel kereta api berukuran 1.435 mm. dengan rel yang cukup sempit katanya akan mempengaruhi kecepatan kereta.

stasiun kertapati sendiri berada dibawah divisi regional (Divre) III Sumatera Selatan PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Suasana di stasiun kertapati sendiri saat ini sangat nyaman. tersedia berbagai fasilitas seperti mushola yang bersih, ruang tunggu yang nyaman, tempat cek-in tiket yang mudah dan berbagai kemudahan lainnya.

satu hal yang paling penting, tidak ada penjual makanan yang berkeliaran di sekitar stasiun bahkan didalam kereta api seperti kondisi perkeretaapiaan indonesia pada beberapa tahun lalu. para penjual makanan sudah disiapkan lokasi tersendiri sehingga seluruhnya terlihat rapi.

setiap paginya gerbong-gerbong kereta selalu dicuci bersih, aku pernah diem-diem masuk ke lokasi pencucian kereta api ini, aku motret disana, untungnya tidak ketahuan petugas, hha...

Mayoritas rel kereta api di sumatera selatan ini melewati hutan, kebun, rawa-rawa dan sebagainya, jarang sekali kereta api melewati perkampungan seperi rel kereta di puau jawa. Ada yang tahu kenapa?

sini tak kasih tau, jadi pada jaman penjajahan dahulu, kereta api di sumatera selatan dan lampung ini memang ditujukan untuk mengangkut barang, hasil bumi dan sebagainya, sehingga karena memang peruntukkan awalnya untuk mengangkut barang, makanya rel nya pun dibuat melewati dekat tempat barang-barang itu berada,

lain dengan pulau jawa, yang memang sedari dulu kereta nya diprioritaskan untuk mengangkut manusia, sehingga banyak melewati perkampungan warga.

perlu diketahui, kertapati sendiri sebenarnya bukanlah pusat kota palembang, tidak seperti stasiun lainnya yang berada di pusat kota, kertapati ini masuk dalam daerah pinggiran kota palembang.

menurutku hal ini disebabkan karena pada awalnya stasiun ini dipergunakan untuk mengangkut barang-barang, dan lokasi stasiun sendiri memang tepat di pinggiran sungai musi sehingga memudahkan pengangkutan barang-barang, lain halnya jika ditaruh di tengah kota, sementara pada jaman dahulu alat transportasi sungai lah yang paling populer di kota palembang ini, pasti akan kesulitan akses jika stasiun ditaruh di tengah kota.

selanjutnya beralih membicarakan akses ke stasiun kertapati. jarak antara stasiun kertapati ke bandara Sultan Mahmud Badaruddin II palembang. jarak antara stasiun kertapati menuju bandara sekitar 19 km dan dapat ditempuh sekitar 40 menit-an dengan kondisi jalanan palembang yang merayap saat ini.

jika Anda menggunakan taksi biasa biasa bayarannya Rp 100.000,- dan Rp 70.000,- jika Anda menggunakan grab.

perlu dikethui bersama, hingga saat saya menulis postingan ini, kertapati masih menjadi lokasi rawan tindakan kriminal, sehingga waspadalah selama di stasiun kertapati, jaga barang-barang Anda baik-baik, jangan sampai berpindah ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

saran saya jika Anda naik kereta api dari lubuk linggau menuju stasiun kertapati malam hari. biasanya kereta akan tiba di stasiun kertapati pada pukul 04.00 pagi, jadi sebaiknya Anda pesan saja grab atau taksi yang jelas, jangan sembarang pilih, karena daerah ini masih rawan.

saya sebagai orang yang tinggal di kertapati merasa sedih melihat hal ini, sebenarnya hal ini adalah fenomena dalam masyarakat. menurutku premanisme itu terjadi karena dua hal, yaitu "MALAS" dan "NARKOBA". seseorang menjadi preman stasiun (kita sebut saja begitu karena mereka hanya preman kelas teri) biasanya karena mereka miskin, kenapa miskin jawabnya adalah karena pemalas, coba kalo rajin, mudah-mudahan tidak miskin. "burung yang pagi nya lapar saja saat sore sudah kenyang, itu karena mereka rajin mencari makanan".

satu lagi penyebab premanisme adalah karena narkoba, ngga usah dijelasin lagi saya rasa semua sudah tahu, ketika kecanduan narkoba maka tidak akan mudah keluar dari narkoba. perlu pembaca sekalian ketahui, tidak ada orang yang jadi hebat karena narkoba.

maafkenlah, aku jadi ngaco lagi, keluar dari pembahasan stasiun kertapati, hhe..

Jika Anda ingin melihat kereta api dari dekat, saya kasih tahu lokasi nya yang dekat stasiun kertapati. Anda bisa melihat kereteta api dengan masuk dari "jeramba kencong", sebuah lokasi yang berada tepat setelah stasiun kertapati. jika Anda dari arah jembatan Ampera meuju arah stasiun, jeramba kencong berada tepat setelah stasiun di sisi sebelah kanan jalan.

jeramba kencong adalah sebuah nama jembatan kecil untuk masuk lorong. nah didalam lorong inilah ada parkiran motor pegawai PT. KAI. nah, disamping parkiran ini tepat berada rel kereta. Anda bisa sangat dekat dengan lokomotif kereta, bahkan bisa Anda sentuh, hhe..

okelah, sekian dulu share mengenai stasiun kertapati nya, semoga bermanfaat

0 Response to "stasiun kertapati"

Post a Comment

memotret menggunakan flash

Memotret menggunakan flash eksternal. Sumber: pribadi kali ini saya akan berbagi mengenai cara memotret menggunakan flash, flash yang di...