mancakrida di villa bambu kuning palembang

Mancakrida di villa bambu kuning palembang
Mancakrida di villa bambu kuning palembang. Sumber: pribadi
mancakrida di villa bambu kuning palembang. pasti ada yang bertanya-tanya, Apa arti dari mancakrida. menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mancakrida adalah pelatihan yang memanfaatkan alam terbuka sebagai media, biasanya berbentuk permainan yang bertujuan untuk mengembangkan karakter diri dan meningkatkan kerja sama antar peserta.

Outbound villa bambu kuning
Peserta mancakrida. Sumber: pribadi
mancakrida memang jarang kita dengar, kita lebih akrab dengan kata outbound, tapi kita sebagai orang indonesia harus membiasakan menggunakan bahasa indonesia. okelah sudah pada tahu kan arti mancakrida, mari saya ulas mengenai mancakrida di villa bambu kuning palembang.

pada 20 oktober 2018, saya dan rekan-rekan ada acara kantor di villa bambu kuning palembang. nama acara nya ICV, tujuan dari acaranya adalah untuk menerapkan nilai-nilai kementerian keuangan. tapi ya sudahlah itu tidak akan saya bahas, saya hanya akan membahas mancakrida di villa bambu kuning palembang.

villa bambu kuning sendiri terletak di daerah kebun bunga, sukarami, palembang. untuk memudahkannya, jika Anda dari Bandara Sulthan Mahmud Badaruddin II, ketika ketemu simpang empat lampu merah, jika Anda ingin ke kota mengambil jalan lurus atau belok kanan, maka untuk mencapai lokasi villa bambu kuning, Anda harus belok kiri, tidak jauh dari simpang lampu merah ini hanya sekitar 500 meter kedepan, Anda akan menemukan lorong masuk villa bambu kuning.

lokasinya berada di sebelah kanan jalan jika Anda dari kota. setelah masuk kedalam lorong, lokasi villa bambu kuning sekitar 200 meter dari pinggir jalan raya.

villa bambu kuning sendiri berada dalam komplek pemukiman warga dan menurutku villa bambu kuning juga adalah rumah warga yang disulap menjadi lokasi mancakrida.

ketika Anda masuk lokasi villa bambu kuning, jangan harap Anda dapat menemui bambu yang berwarna kuning, sebab bambu kuning sendiri adalah nama jalan untuk masuk lokasi, lokasi nya memang berada di jalan bambu kuning.

villa bambu kuning sendiri menurutku terbagi atas beberapa lokasi, pertama lokasi taman. di lokasi taman ini ada kolam ikan, beberapa hewan peliharaan si empunya seperti burung, musang, anjing, iguana, kucing dan di lokasi taman ini juga ada panggung. jadi menurutku lokasi taman inilah yang menjadi lokasi inti.

kedua, lokasi indoor. lokasi indoor ini letaknya di seberan jalan lokasi taman. menurutku lokasi indoor ini mirip dengan bangunan lapangan futsal yang belum jadi. menurutku lokasi indoor ini cukup untuk dijadikan dua lapangan futsal.

ketiga, lokasi outdoor. lokasi outdoor villa bambu kuning ini menurutku merupakan arena paintball. udah tahu kan paintball itu apa? ya, paintball adalah olahraga perang-perangan.

di lokasi taman kami hanya makan-makan, nyanyi-nyayi dan membagi doorprize. lokasi taman ini dilengkapi kursi-kursi dan tenda-tenda dengan rumput jepangnya yang membuat lokasi ini terlihat indah.

di lokasi indoor, kami mencoba untuk melakukan beberapa games. oh iya, saat mancakrida di villa bambu kuning palembang kami menggunakan jasa event organizer (EO) jadi kami tidak ambil pusing, sudah ada yang mengatur semua-semuanya, kami hanya tinggal bawa badan aja, hhe..

permainan yang dilakukan di lokasi indoor ini seperti ice breaking lampu merah, tangkap tangan, jaga lilin dan beberapa games ice breaking lainnya. ada diberikan hukuman untuk orang/tim yang kalah. hukumannya adalah dicoret lipstik.

Outbound villa bambu kuning
Peserta yang dihukum dicoret lipstick. Sumber: pribadi
kelucuan dimulai disini, para peserta yang wajahnya dicoret lipstik terlihat menjadi sangat lucu. namnu demikian, tidak ada peserta yang marah, sebab ini hanyalah permainan. kalah dan menang itu soal biasa.

selanjutnya adalah bermain di lokasi outdoor. permainan di lokasi outdoor jauh lebih seru dari permainan di lokasi indoor. ada lima games yang dilakukan bergantian masing-masing tim disini.

Outbound villa bambu kuning
Games menuang air. Sumber: pribadi
games pertama adalah menuanng air dalam ember dari galon. galonnya tidak boleh dipegang. galon diletakkan dalam kotak berukuran kurang lebih 2x2 meter dan peserta masing-masing tim diberikan tali untuk mengikat galon. dibutuhkak kerja sama disini untuk mengangkat dan menuangkan isi galon kedalam ember.

Outbound villa bamu kuning
Games melewati tali rintang. Sumber: pribadi
games kedua melewati rintangan. games ini adalah melewati tali yang sudah disusun sedemikian rupa dengan kaki antara peserta satu dengan peserta lainnya diikat. setiap peserta yang melewati rintangan tidak boleh mengenai tali rintang. ada satu orang peserta dari masing-masing tim yang ditutup matanya, sehingga peserta lain harus mengarahkan peserta yang matanya ditutup agar berhasil melewati tali rintangan.

Outbound villa bambu kuning
Games menggambar. Sumber: pribadi
games ketiga, menggambar. setiap peserta dari masing-masing tim diberikan kesempatan untuk menggambar. hanya saja setiap orang hanya boleh menggoreskan tinta spidol sekali. jadi dibutuhkan kerja sama tim disini agar gambar menjadi kesatuan yang utuh. jadi inti dari games ini adalah menyamakan persepsi. sebab jika tidak maka gambar akan menjadi kacau balau.

Outbound villa bambu kuning
Games memindahkan donat. Sumber: pribadi
games keempat, memindahkan donat. donat yang dimaksud disini adalah cincin besar. donat diletakkan agak jauh dari peserta. peserta harus masuk kedalam kotak yang sudah disediakan panitia dan berusaha mengambil donat tanpa keluar dari kotak. didalam kotak ada tiga buah tiang yang sudah ditancapkan.

ada tiga tiang yang ditancapkan dengan tinggi berbeda. donat harus dimasukkan kedalam tiang tanpa boleh mengenai tiang. dibutuhkan konsentrasi tinggi disini.

Outbound villa bambu kuning
Games mengalirkan bola. Sumber: pribadi
Games kelima, mengalirkan bola kedalam ember. Games ini adalah setiap peserta bekerjasama membuat jalur dari paralon untuk memasukkan bola plastik kedalam ember yang sudah disediakan.

dari setiap games yang dilaksanakan, mengandung pelajaran-pelajaran penting soal kerja sama dan konsentrasi.

jujur saja, mancakrida di villa bambu kuning palembang jadi menarik dikarenakan EO yang sudah berpengalaman. sebab jika melihat lokasi, aku kurang suka. lokasi villa bambu kuning tidak begitu luas dan terlihat kurang terawat.

namun aku ada senangnya juga, di dekat lokasi villa bambu kuning ada masjid, jadi para peserta tidak usah takut kesulitan beribadah, sebab masjid nya lumayan besar.

Outbound villa bambu kuning
Tim terbaik 1. Sumber: pribadi
Diakhir games, kepada tiga tim terbaik diberikan hadiah dan juga diadakan pembagian doorprize dengan hadiah utama sepeda.

oke, sekian dulu share mancakrida di villa bambu kuning palembang, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan mancakrida juga.


0 Response to "mancakrida di villa bambu kuning palembang"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...