ketam adena belitung

Ketam adena belitung
Ketam adena belitung. Sumber: pribadi
kali ini saya akan mencoba share mengenai ketam adena belitung. sebenarnya ketam adena belitung ini merupakan ketam isi. ketam isi ini sudah cukup tersohor namanya sebagai oleh-oleh khas belitung.

untuk membeli ketam adena belitung tidaklah sulit, ada berbagai cara yang bisa ditempuh, mulai dari beli langsung di lokasi yang beralamat di Jalan Sriwijaya, kampung ujung tanjung pandan, belitung,  atau Whatsapps penjual, hingga menghubungi beberapa reseller ketam adena belitung.

Jika sulit mencari alamatnya, patokannya adalah Hotel Maxone Tanjung Pandan, Ketam adena belitung tepat berada disamping hotel maxone atau di seberang kantor pelayanan pajak pratama tanjung pandan.

ketam adena belitung buka setiap hari. Senin-Sabtu buka pukul 08.00 WIB - 21.00 WIB. Minggu buka pukul 06.00 WIB s.d. 19.00 WIB.

Ketam adena belitung
Harga ketam. Sumber: pribadi
mengenai harga ketam adena belitung sendiri bervariasi, mulai dari Rp 90.000,- per kotak isi 10 ketam isi ukuran standar, Rp 110.000,- per kotak isi 10 ketam isi ukuran medium, dan Rp 140.000,- per kotak isi 10 untuk ukuran large. harga tersebut untuk rasa original dan lada hitam ya, untuk yang rasa pedas harga nya lebih mahal sedikit.

Ketam adena belitung
Toko ketam isi adena. Sumber: pribadi
tempo hari pas aku beli ketam adena belitung, sebelum datang ke toko nya, aku sudah WA dulu penjualnya, jadi aku ngga ngantre lagi dan pesanan ku sudah disiapkan. oh iya untuk nomor WA toko ketam isi adena belitung bisa menghubungi nomor +62819 491 8888 6.

tapi setelah aku pesan ke toko, ternyata ketam adena belitung memiliki beberapa re-seller di kota-kota lainnya. saat aku berrtanya ke penjual di tokonya, kata mereka "harganya sama pak di re-seller kita"

beberapa re-seller ketam adena belitung antara lain:
Bekasi : Artik Oktavianty (0813 8991 2782)
Cibinong/Jakarta Pusat : Lydia (0812 2224 8712)
Semarang : Yanti (0813 9030 4455)
Bandung : Shahib Store (Dinda) (0819 1977 6530)
Jakarta Barat : Lenny (0878 7504 2038)
Jakarta Pusat : Santi (0812 9002 1971)
Palembang : Tri (0813 6882 1021)

sebelumnya mungkin ada yang bertanya, Apa beda ketam dengan kepiting? dari sumber yang aku baca sebenarnya ada banyak perbedaan kepiting dengan rajungan (baca ketam), namun yang paling jelas adalah rajungan (ketam) memiliki totol-totol di cangkangnya, sementara kepiting tidak. perbedaan lainnya, cari sendiri! hha..

ketam adena belitung yang dijual di toko ada yang sudah tinggal makan (sudah digoreng), ada juga yang di es. saran saya jika membeli untuk yang dibawa keluar kota, belilah yang di es, jadi saat tiba di lokasi tujuan ketam tidak rusak.

tempo hari aku beli ketam isi yang sudah di es, ternyata yang di es pun sudah setengah matang, ketam sudah di goreng namun tidak garing, menurutku hal ini dilakukan untuk pengawetan alami dan juga untuk merekatkan isi dengan kuling cangkang ketam.

aku tempo hari beli yang original standar, menurutku isian ketam ini adalah daging ketam itu sendiri yang sudah dicampur kelapa parut dan berbagai bumbu rempah-rempah.

rasa ketam adena belitung ini maknyos, pokoknya enak..

Ketam adena belitung
Ketam goreng. Sumber: pribadi
saran saya jika Anda yang berwisata ke Belitung dan ingin membeli ketam isi adena, ada baiknya jika Anda berasal dari salah satu kota yang terdapat re-seller Ketam Adena Belitung, Anda beli langsung saja ke re-seller nya, karena kata penjual di tokonya, harga di re-seller nya sama. kan lumayan, Anda tidak perlu repot-repot menenteng ketam.

ok, sekian dulu share nya, saya tidak dibayar pihak manapun untuk membuat tulisan ini. tulisan ini dibuat semata-mata hanya untuk menambah konten di blog saya, dan memang tidak ada perjalanan wisata yang sempat aku lakukan saat bertugas ke belitung.

maklum saja, sesuai motto di instagram saya "sesekali jalan-jalan di sela-sela tugas negara", saat saya ke Belitung untuk menjalankan tugas negara, karena satu dan lain hal, saya tidak bisa kemana-mana. sedih ya!

tapi ga apa, karena perjalanan saya rata-rata memang karena tugas negara, tugas negara harus menjadi prioritas, jika ada kesempatan untuk berwisata, berarti itu bonus, jika tidak ada, maka tidak mengapa.

0 Response to "ketam adena belitung"

Post a Comment