berkeliling jakabaring sport city

jakabaring sport city
jakabaring sport city. sumber: pribadi
kali ini saya akan membagikan cerita mengenai berkeliling jakabaring sport city. saya rasa sebagian besar pembaca sudah tahu mengenai Jakabaring sport city, sebuah komplek olahraga dengan luas 325 hektare yang berada di kota Palembang.

komplek olahraga jakabaring sport city sendiri dibangun pada awalnya untuk perhelatan PON ke XVI tahun 2004 yang diadakan di kota palembang. saat itu komplek olahraga ini hanya memiliki stadion utama, GOR dempo dan ranau.

kemudian pada tahun 2011, komplek olahraga jakabaring sport city akan digunakan untuk perhelatan Sea Games, sehingga banyak dilakukan renovasi.

jika mengulik sejarah kebelakang, dahulunya kata nenekku merupakan daerah sepi sekaligus rawan, kalo kata orang-orang "tempat jin buang anak". semenjak dibangun jakabaring sport city, wilayah ini sekarang menjadi ramai,

bahkan banyak tanah di sekitar wilayah jakabaring yang menjadi sengketa.

ok, kembali ke topik berkeliling jakabaring sport city. untuk berkeliling jakabaring sport city anda hanya perlu membayar uang masuk Rp 5.000,-. wilayah jakabaring sport city ini sangat besar, jadi kalo mau berkeliling jakabaring sport city saya sarankan untuk mengunakan kendaraan,

tapi jika Anda ingin berolahraga tidak ada salahnya untuk jalan kaki, tapi pasti capek, hha..

jakabaring sport city
gelora sriwijaya. sumber: pribadi
pertama, stadion gelora sriwijaya. stadion gelora sriwijaya ini merupakan markas dari sriwijaya F.C. klub sepak bola andalan wong kito ini pernah menjadi juara dalam liga sepak bola bergengsi di tanah air.

dengan luas 40 hektare, stadion ini mampu menampung sekitar 40.000 penonton dan merupakan stadion terbesar ketiga di indonesia setelah stadion utama gelora bung karno dan stadion utama palaran.

jakabaring sport city
gor ranau

kedua, gor ranau. gor ranau merupakan badminton stadium. gor ranau sendiri memiliki luas 1,5 hektare, dengan daya tampung penonton VIP 600 penonton, umum 1.500 penonton.

aku tidak tahu Mengapa di depan gor ranau ada bacaan conoco philips, yang jelas pasti ada kaitan perusahaan swasta tersebut dengan gor ranau.

jakabaring sport city
gor dempo
 ketiga, gor dempo. gor dempo merupakan gymnastic stadium. namun pada saat perhelatan Asian Games 2018, gor dempo dijadikan tempat dilangsungkannya pertandingan takraw.
 terus terang saja aku lupa, saat perhelatan Asian Games kemarin dimana pertandingan sepak takraw dilangsungkan, Apakah di Gor Ranau atau di Gor Dempo.

jakabaring sport city
lapangan tenis jakabaring sport city. sumber: pribadi

keempat, lapangan tenis. ketika aku berkeliling jakabaring sport city saat perhelatan Asian Games 2018 kemarin, aku ikut menonton pertandingan tenis. di lapangan tenis jakabaring sport city ini terdapat 12 lapangan pertandingan dan 6 lapangan latihan.

lapangan tenis jakabaring ini mampu menampung 2.000 penonton. saat menonton pertandingan tenis, aku berkesempatan menonton pertandingan final antara korea selatan vs indonesia. sayangnya saat itu pemain tunggal pria indonesia harus mengakui keunggulan korea selatan dan hanya keluar membawa perak.

jakabaring sport city
stadion atletik

kelima, stadion atletik. stadion atletik ini terus terang aku tidak tahu berapa luasnya, saya sudah coba browsing-browsing juga tidak menemukan data-data nya. yang jelass saya sudah sering masuk ke jakabaring sport city dan biasanya stadion atletik ini aku lihat digunakan untuk latihan lari.

Stadion aquatic jakabaring
Stadion akuatik
keenam, stadion akuatik. stadion akuatik ini berada tepat disamping lapangan tenis jakabaring. jakabaring aquatic stadium ini memiliki kapasitas penonton 3.000 orang dan memiliki kolam berukuran 26 x 3 x 51,2 meter dengan kebutuhan air 15.000 meter kubik.

stadion akuatik jakabaring ini merupakan kolam renang bertaraf internaional, bahkan diklaim merupakan stadion akuatik terbaik di asia.

Venue baseball/softball
ketujuh, venue baseball dan softball. komplek jakabaring sport city juga memiliki lapangan baseball dan softball. kalo aku tidak salah letaknya di sebelah kanan pintu masuk jakabring sport city. terus terang aku tidak menemukan banyak informasi mengenai venue baseball dan softball jabaring ini, sehingga aku tidak bisa berbicara banyak

jakabaring sport city
shooting range jakabaring. sumber: pribadi

kedelapan, lapangan tembak. lapangan tembak ini berada tepat disamping danau yang merupakan venue rowing. di lapangan tembak 9 hektare ini tersedia venue tembak 600 meter dan venue running target. lapangan tembak ini dilengkapi dengan tribun VIP dan tribun tamu kenegaraan serta alat pencatat skor digital omega swiss timing.

venue dayung
venue ski air jakabaring. sumber: pribadi

kesembilan, arena ski air. arena ski air ini terletak tepat di depan lapangan tembak. luas danau ski air ini sebesar 40 hektare. pada saat perhelatan asian games 2018 kemarin, arena ini dijadikan sebagai arena jet ski yang masuk dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan serta danau 40 hektare ini juga dijadikan tempat olahraga dayung (rowing).

hanya saja, agak dipisahkan antara arena ski air dengan arena dayung. meskipun berada di danau yang sama, arena dayung berada di sebelah kanan, sementara ski air di sebelah kiri.

pada perhelatan asian games 2018 kemarin, di arena dayung dibangun tribun penonton. kapasitas tribun penonton nya sendiri mencapai 2.144 kursi penonton.

saya lupa, selain sebagai arena dayung, danau ini juga dijadikan arena kano (canoe) yang pada saat asian games 2018 kemarin juga dipertandingkan. venue dayung memiliki panjang lintasan 2.200 meter dengan lebar 200 meter dengan kedalaman 5 meter.

jakabaring sport city
beach volley ball venue. sumber: pribadi

kesepuluh, arena voli pantai. arena voli pantai sendiri terletak disebelah lapangan tembak dan masih juga di depan danau venue ski air. terdapat 5 lapangan pertandingan dan 2 lapangan latihan. luas arena voli pantai sendiri sebesar 8 hektare dan mampu menampung hingga 2.500 penonton.

karena namanya voli pantai, pasti ada pasir pantai nya. pasir pantai nya sendiri sudah melalui hasil penelitian untuk digunakan sebagai pasir untuk voli pantai. perlu Anda ketahui, jumlah pasir putih yang ada di arena voli pantai jakabaring sport city ini sebanyak 2.300 kubik pasir pantai dan didatangkan langsung dari pulau Bangka, tepatnya Bangka selatan.

Jakabaring sport city
Arena panjat tebing. Sumber: pribadi

kesebelas, arena panjat tebing. arena panjat tebing sendiri berada tepat disamping satadion atletik. ketika perhelatan Asian Games 2018, Indonesia berhasil menyumbangkan emas dalam cabang tersebut. papan panjat tebing sendiri langsung didatangkan dari luar negeri, tepatnya dari negeri tirai bambu.

Arena roller jakabaring

kedua belas, arena roller/ skate board. Arena Roller/skate board juga berada tidak jauh dari arena panjat tebing. sebelum perhelatan Asian Games aku pernah berkunjung ke arena ini, kondisiny saat itu kurang terawat. namun, saat perhelatan Asian Games digelar, Arena Roller/Skate board ini banyak mengalami renovasi.

Arena petanque jakabaring
Arena petanque jakabaring. Sumber: pribadi

ketiga belas, arena petanque. Ada yang tahu petanque? petanque adalah olahraga dari negara perancis. cara permainan nya adalah melemparkan bola besi mendekati bola kayu yang sudah ditentukan posisinya. biasanya jarak antara bola kayu dengan tempat melempar bola besi sekitar 6-7 meter. Arena petanque Komplek olahraga jakabaring ini menurutku kurang terawat. maklum saja, olahraga ini kurang terkenal di Indonesia.

Jakabaring sport city
Bowling jakabaring. Sumber: pribadi

keempat belas, arena bowling. Arena bowling ini masih tergolong baru. baru ada saat perhelatan Asian Games 2018. lokasinya pun agak berbeda sendiri dengan arena lainnya. meskipun masih dalam komplek Jakabaring Sport City, arena bowling ini terletak cukup jauh jika dari gerbang depan (utama). lokasi nya dekat dengan gerbang belakang.

Jakabaring sport city
Wisma atlet jakabaring. Sumber: pribadi

berbicara soal gerbang belakang, di gerbang belakang ini terdapat wisma atlet jakabaring. Ada dua atau tiga (saya lupa) gedung wisma atlet jakabaring ini. bentuknya mirip seperti apartemen. Jika saya tidak salah, setelah perhelatan Asian Games 2018, masyarakat umum boleh membeli wisma atlet ini.

berbicara berkeliling jakabaring sport city, tidak afdol rasanya jika saya tidak memberi tahu Anda Bagaimana akses dan lokasi Jakabaring Sport city ini. Untuk mengakses jakabaring sport city ini sangatlah mudah, dari Bandara Sulthan Mahmud Badaruddin II sudah tersedia LRT (Light Rail Transit) yang memang memiliki tujuan akhir Jakabaring. Jakark antara bandara ke jakabaring sendiri sekitar 24 kilometer. Lokasi Jakabaring Sport City adalah sesuai namanya, yaitu berada di Kecamatan Jakabaring.

sekian dulu share saya mengenai berkeliling jakabaring sport city, sebenarnya masih banyak yang bisa diceritakan, namun saya cukupkan sampai disini dulu, semoga bermanfaat







0 Response to "berkeliling jakabaring sport city"

Post a Comment

Candi ijo: candi tertinggi di jogja

siluet candi ijo. sumber: pribadi Berbicara mengenai candi, jogja tentu menjadi salah satu daerah dengan jumlah candi yang banyak, salah...