tempat wisata di palembang tahun ini

sebenarnya ada cukup banyak tempat wisata yang bisa didatangi saat Anda datang ke Palembang. namun kali ini saya hanya akan mengulas beberapa saja, sisanya ada yang sudah saya datangi tapi lupa ambil fotonya, ada juga yang memang belum pernah sama sekali saya datangi. ok langsung saja, check this out!

1. alquran raksasa gandus
Al-quran raksasa gandus merupakan alquran berbahan dasar kayu terbesar di dunia hinga saat ini. Al-quran raksasa ini terletak di daerah gandus, biaya tiket masuk per orang nya adalah 5.000 rupiah.
alquran terbesar di dunia
alquran raksasa gandus. sumber: koleksi pribadi

alquran terbesar di dunia
alquran raksasa gandus. sumber: koleksi pribadi
 2. Jembatan Ampera
Jembatan Ampera yang nama awalnya adalah jembatan Bung Karno dibangun dari hasil harta rampasan perang. jembatan ini diresmikan tepat sore hari sebelum saat kejadian G30SPKI dan diresmikan oleh satu yang menjadi korban lubang buaya (saya lupa). panjang jembatan ini kalo saya tidak salah sepanjang 1,1 km. Jembatan Ampera juga menjadi ikon kota Palembang.
jembatan ampera sepanjang 1,1km
jembatan ampera. sumber: koleksi pribadi
 3. Gelora Sriwijaya
Gelora Sriwijaya atau yang lebih dikenal dengan Jakabaring Sport Center terletak di daerah Jakabaring, Palembang. sebentar lagi akan dihelat Asian Games 2018 disini, jadi jangan lupa untuk Visit Palembang 2018 to watching Asian Games 2018! hhe..
jakabaring sport centre
gelora sriwijaya. sumber: koleksi pribadi
 4. Jembatan Ogan
Jembatan Ogan terletak di daerah kertapati, tepatnya di sebelah stasiun kertapati. Jembatan ini kalo saya tidak salah dibangun sekitar tahun 1939-1940 dengan nama Jembatan Wilhelmina. sebenarnya dulu jembatan ini sangat fenomenal di sumsel untuk jaman nya, namun seiring berjalan nya waktu, jembatan ini seperti dilupakan. saat ini jembatan tersebut masih digunakan, dan masih berfungsi dengan baik.
jembatan ogan
jembatan ogan. sumber: koleksi pribadi
 5. lomba perahu bidar
lomba perahu bidar merupakan event tahunan di Palembang, biasa diadakan saat perayaan HUT RI atau HUT Kota Palembang setiap tanggal 17 Juni setiap tahunnnya, namun untuk menemukan lomba perahu Bidar ini tidak lah sulit, sebab kalo Anda beruntung, setiap sabtu/minggu datang saja ke wilayah keramasan, biasanya anak muda sekitar sering bermain lomba perahu bidar di sore hari, Anda bisa melihatnya dari Jembatan Keramasan atau di Jembatan sebelum simpang musi II.
lomba perahu bidar palembang
lomba perahu bidar. sumber: koleksi pribadi
 6. Masjid Agung Palembang dan titik 0 km
Masjid Agung Palembang atau Masjid Sultan Mahmud Badaruddin I didirikan sekitar abad ke-18, masjid ini didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yaitu Jaya Wikrama. Dahulu Jembatan ini pernah menjadi Jembatan terbesar di Indonesia. Daerah sekitar masjid agung palembang ini juga dijadikan titik 0 km palembang. saat ini sudah didirikan Tugu 0 km Kota Palembang tepat didepan masjid ini.
masjid agung palembang dan tugu 0 km palembang
masjid agun palembang dan tugu 0 km

masjid agung palembang desember 2017
masjid agung palembang. sumber: koleksi pribadi
 7. masjid Cheng Ho
masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho atau yang lebih dikenal dengan Masjid Cheng Ho terletak di daerah Jakabaring. Masjid ini diresmikan pada tahun 2006. Nuansa Tionghoa jelas teras di masjid ini.
masjid cheng ho 2017
masjid cheng ho palembang. sumber: koleksi pribadi
 8. Monpera
Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat Ampera diresmikan pada tahun 1988. monumen ini didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur saat pertempuran melawan penjajah. didalam monumen ini terdapat banyak senjata dan peninggalan sejarah lainnya yang menggambarkan perjuangan rakyat palembang untuk melawan penjajah.
monumen perjuangan rakyat ampera
monpera. sumber: koleksi pribadi
 9. museum balaputera dewa
Museum balaputera dewa terletak di seberang rumah sakit khusus mata palembang (saya lupa nama jalan nya), didalam museum ini banyak tersimpan peninggalan kerajaan sriwijaya. selain itu di dalam museum ini juga terdapat Rumah Limas yang pernah dijadikan gambar uang pecahan 10.000.
museum balaputra dewa palembang
museum balaputra dewa. sumber: koleksi pribadi

rumah adat palembang
rumah limas. sumber: koleksi pribadi
 10. Taman Purbakala Sriwijaya
Taman Purbakala Sriwijaya juga terletak di daerah gandus. menurut saya didalam nya tidak banyak yang bisa dilihat. didalam nya ada replika kapal Cheng Ho. menurut saya tempat ini bagus untuk dijadikan tempat foto prewedding, karena banyak tempat-tempat menarik untuk foto model didalam nya.
taman purbakala sriwijaya palembang
taman purbakala sriwijaya. sumber: koleksi pribadi
 11. Tugu Iwak Belido
Tugu Iwak Belido terletak tepat didepan Benteng Kuto Besak. Tugu Iwak Belido merupakan Tugu yang masih bisa dibilang baru. Tugu Iwak Belido diresmikan sekitar tahun 2017.
tugu iwak belido benteng kuto besak
tugu iwak belido. sumber: koleksi pribadi
12. Kambang Iwak
terletak di Jl. Kambang Iwak, Palembang. Kambang Iwak merupakan Kolam yang di sekelilingnya dibangun Jogging Trek. Luas Kambang Iwak adalah sekitar 5 hektare.

13. Pulau Kemaro
Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di palembang. Pulau Kemaro bisa diakses menggunakan getek (perahu) yang berlabuh di bawah Jembatan Ampera. Tarif satu perahu nya kalo saya tidak salah adalah 200.000 rupiah, jadi usahakan untuk pergi secara rombongan.

14. Hutan Wisata Punti Kayu
Hutan Wisata Punti Kayu terletak di tengah-tengah kota Palembang. Hutan tersebut berfungsi sebagai paru-paru kota. luas hutan wisata punti kayu adalah seluas lebih kurang 39 hektare dan diresmikan pada tahun 1985. Hutan wisata ini, selain terdapat banyak Flora dan Fauna, juga cocok untuk dijadikan tempat foto model/prewedding.

15. Kampung Arab 13 Ulu
Kampung Arab 13 Ulu atau yang lebih dikenal dengan Kampung Arab Al-Munawwar terletak di Kelurahan 13 Ulu, Palembang. Di kampung Arab ini memang banyak didiami oleh warga negara indonesia keturunan arab yang tinggal di palembang. Arsitektur rumah di Jalan Al-Munawwar ini masih terlihat kuno dan mempertahankan bentuk-bentuk rumah lama.

16. Goa Jepang dan rumah pertahanan jepang talang semut
Goa Jepang terletak di belakang pasar km5, sementara rumah pertahanan jepang talang semut terletak di sebelah Aula gereja imanuel talang semut. Goa Jepang konon katanya bisa tembus hingga RS Charitas, namun sayang semua itu tinggal mimpi, Goa nya sudah buntu karena tertutup sampah, sementara itu rumah pertahanan jepang talang semut tidak jauh beda nasibnya dengan goa jepang. Andai saja pemerintah tahu, hal ini bisa dijadikan objek wisata potensial kota palembang.

17. Benteng Kuto Besak
Benteng Kuto Besak terletak di samping jembatan Ampera. saya rasa ini tidak usah dijelaskan, karena sudah sangat ngetop

18. Palembang Bird Park
Palembang Bird Park terletak di jakabaring, tepatnya di samping Opi Mall palembang. sesuai namanya, didalamnya terdapat banyak burung.

19. Amanzi Waterfun
Amanzi Waterfun merupakan tempat wisata rekreasi keluarga. merupakan waterboom, terletak di daerah km 12.

20. Bukit Siguntang
Bukit Seguntang atau kadang disebut juga Bukit Siguntang adalah sebuah bukit kecil setinggi 29—30 meter dari permukaan laut yang terletak sekitar 3 kilometer dari tepian utara Sungai Musi dan masuk dalam wilayah kota Palembang

21. Kawah Tengkurep
Makam kawah tengkurep adalah makam keluarga Sultan Mahmud Badarudin. Makam ini terletak di simpang tiga boom baru, konon, pintu di kawah tengkurep ini tidak mempunyai engsel. Makam ini banyak dikunjungi oleh peziarah maupun murid-murid untuk menambah wawasannya.

22. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II
Museum ini terletak di samping benteng kuto besak. Museum ini meyimpan arca-arca kuno diantaranya Ganesha, Amarawati dan Udha di era Sriwijaya, berbagai macam perabotan tradisional kesultanan Palembang serta sketsa yang menggambarkan perjuangan rakyat Palembang dalam usahanya mengusir penjajah Belanda

sekian dulu tulisan kali ini, semua yang ditulis diatas terletak di kota palembang, berhubung 2018 akan diadakan asian games di Palembang, semoga agan sista sekalian bisa menjadikan tulisan ini referensi wisata kota palembang.

Posting Komentar untuk "tempat wisata di palembang tahun ini"