mengunjungi sungai suci bengkulu

Sungai suci bengkulu
Sungai suci bengkulu. Sumber: pribadi
Pernah ke pura tanah lot bali? Pura yang terletak diatas pulau karang di tengah laut, nah di bengkulu juga ada tempat hampir serupa tapi tak sama, namanya sungai suci berada di bengkulu tengah tepat nya di desa pasar pedati, kecamatan pondok kelapa, bengkulu tengah. Perbedaan tanah lot dengan sungai suci yang paling mendasar pertama jika tanah lot adalah pulau karang/batu, sungai suci menurutku adalah pulau tanah. Kedua jika tanah lot diatas nya berdiri pura, di sungai suci diatasnya berdiri penjual es degan dan pop mie, sedih memang diatas pulau seindah sungai suci ini seharusnya tidak perlu ada penjual es degan, mereka cukup berjualan di pinggir pulau saja, tidak usah memaksa untuk mendirikan pondok nya diatas pulau tanah ini.
Sungai suci bengkulu
Sungai suci dilihat dari kejauhan. Sumber: pribadi
Terus terang aku sudah beberapa kali mengunjungi sungai suci bengkulu ini, aku selalu ingin kembali kesini karena keindahan tempat nya yang luar biasa dan suara deburan ombak nya yang tidak ada di tempat lain di bengkulu.

Sungai suci sendiri terletak sekitar 15 km dari pusat kota bengkulu atau sekitar 25 km dari bandara fatmawati soekarno, jika Anda menggunakan sepeda motor kesini mungkin akan memakan waktu 45 menitan dari kota bengkulu dan lorong tempat masuk sungai suci ini ada dua (bisa masuk langsung ke sungai suci atau masuk tempat wisata wahana surya karena kedua nya berada di tempat yang berdekatan) dan berada di sisi kiri jalan jika Anda dari kota bengkulu. Aku sudah beberapa kali kesini selalu berjalan menyusuri jalan di kawasan pantai panjang, benteng fort marlborough, pantai tapak paderi, wilayah persawahan, dan terus menyusuri jalan sepanjang pinggir samudera hindia ini sampai keluar ke bengkulu tengah dan tiba di sungai suci.
Sungai suci bengkulu
Jembatan gantung di sungai suci. Sumber: pribadi
 Saat mengunjungi sungai suci bengkulu, Anda akan ditawarkan sensasi menaiki jembatan gantung untuk ke tengah pulau sendiri. Foto diatas aku ambil dari pulau sebelah nya untuk memperlihatkan jembatan gantung. Sungai suci sendiri sebenarnya terdiri dari beberapa pulau kecil, hanya saja yang paling cantek (logat melayu) memang pulau yang terpisah dari daratan bengkulu diatas, sementara pulau lainnya masih menyatu dengan bengkulu. Untuk menggunakan jembatan gantung diatas Anda harus membayar sebesar Rp 5.000,-. Biaya yang saya keluarkan saat mengunjungi sungai suci pada tanggal 2 Maret 2018 adalah sebagai berikut. Pertama masuk gerbang lorong masuk desa pasar pedati Rp 3.000,- parkir motor Rp 2.000,- naik jembatan gantung Rp 5.000,- beli dogan sama pop mie Rp 25.000,- (kalo ga salah), jadi murah banget ya! So, jangan lupa Anda harus mengunjungi sungai suci bengkulu.
Sungai suci bengkulu
Sungai suci bengkulu. Sumber: pribadi
Sebenarnya jika Anda datang ke sungai suci, maka Anda bisa datang ke dua tempat wisata sekaligus sebab tidak jauh dari sungai suci ini ada wahana wisata lainnya yang namanya wahana surya. Wahana surya sendiri sebenarnya adalah kebon kelapa di pinggir samudera hindia (hati-hati kejatuhan kelapa saat wisata kesini), tapi sudah dikelola swasta, sehingga sudah ada waterboomnya, trampolin nya, flying fox nya, bioskop nya, bebek2an, ATV-nya dan banyak lagi lainnya. Ntar deh kapan-kapan aku ceritain (Insya Allah) pengalaman ku kesana.
Sungai suci bengkulu
Ombak sungai suci bengkulu. Sumber: pribadi
Ombak di sungai suci ini bisa dikatakan sangat luar biasa kenceng, maklum saja sungai suci ini langsung berbatasan dengan samudera hindia, jadi laut yang difoto diatas itu samudera hindia loh,.. sangat tidak disarankan untuk berfoto terlalu dekat dengan air, karena tidak bisa diprediksi ombak yang muncul. Sepengetahuanku sudah sering orang terbawa ombak disini, jadi berhati-hati! Keselamatan Anda ada ditangan Anda sendiri karena menurutku di sungai suci ini belum ada regu penyelamat dan tu laut belum ada pagarnya, kebayang kan kalo lu keseret ombak, lu bisa langsung pindah, pindah alam maksudnya, hha...
Sungai suci bengkulu
Pengunjung sungai suci. Sumber: pribadi
Si bapak dan anak yanh ada di foto diatas adalah wisatawan dari curup, mereka baru saja berobat ke rumah sakit di bengkulu dan menyempatkan mampir bersama keluarganya di sungai suci. Pekerjaan si bapak adalah jualan keliling dan sering ngampas di daerah kebun teh kabawetan dan berdasarkan info dari Beliau lah aku jadi berani naik motor ke kebun teh kabawetan (maklum saja daerah sana agak rawan di benakku), kata si Bapak, "sudah tidak seperti dulu kok! Daerah kepala curup yang dulu hampir tiap hari selalu ada begal sekarang juga sudah tidak ada lagi mas!".
http://www.vegabadai.ml/2018/04/pengalaman-pergi-ke-kebun-teh-kabawetan.html?m=1
Sungai suci bengkulu. Sumber: pribadi
Menurut sejarah, saat bung karno diasingkan di bengkulu, Beliau sering mandi disini, mungkin itu kali ya kenapa diaebut sungai suci karena bung karno sering mandi disini, mandi kan berarti membersihkan diri/menyucikan diri. (Jujur aku tidak tahu kenapa disebut sungai suci, tapi kalo bung karno sering mandi disini itu berdasarkan fakta sejarah).

Sepertinya tulisan ku sudah ngalar ngidul kemana-mana ya! Okelah kembali ke topik mengunjungi sungai suci bengkulu. Jalan masuk objek wisata sungai suci seluruhnya sudah diaspal, sehingga aksesnya tidak sulit. Di objek wisata sungai suci ini juga banyak penjual makanannya, jadi ngga usah takut kelaparan kesini! Yang penting bawa duit aja.

Okelah sekian dulu share pengalaman mengunjungi sungai suci bengkulu, insya Allah kalo aku masih rajin menulis akan aku tulis pengalaman ku lainnya berwisata di bengkulu, so terus pantengin blog ku ya vegabadai.ml

0 Response to "mengunjungi sungai suci bengkulu"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...