Mengunjungi benteng fort marlborough bengkulu

Benteng marlborough bengkulu
Pintu masuk Benteng marlborough. Sumber: pribadi
Kali ini saya akan berbagi pengalaman saat saya mengunjungi benteng fort marlborough bengkulu. Benteng fort marlborough berdiri pada tahun 1719 dibangun oleh East India Company (EIC) sebagai benteng pertahanan inggris, benteng ini pernah beberapa kali gonta-ganti penguasanya, mulai dari inggris, belanda, pernah jadi markas polri (1948) dan terakhir difungsikan sebagai markas TNI-AD (1977) sebelum akhirnya diberikan ke Depdikbud untuk menjadi cagar budaya. Saya sudah beberapa kali ke Benteng ini, pagi pernah, siang pernah, sore pernah cuma yang belum pernah pas malam, hha..
Benteng marlborough bengkulu
Penampakan bagian dalam benteng. Sumber: pribadi
Seluruh foto yang aku keluarkan ditulisan kali ini adalah saat kunjunganku pada tanggal 03 Maret 2018. Secara garis besar di dalam benteng ini ada penjara, ada kuburan orang inggris (saat inggris pernah datang ke bumi raflesia), ada meriam, dan ruangan-ruangan lainnya. Terus terang saja sudah beberapa kali aku kesini tapi aku tidak berani masuk ke seluruh ruangan benteng ini, suasana kekejaman masa lalu di benteng ini sepertinya sangat terasa, ruangan-ruangan nya agak gelap lembab gimana gitu. Benteng ini jika dilihat dari udara maka akan berbentuk kura-kura.
Benteng marlborough bengkulu
Benteng fort marlborough dari udara. Sumber: probengkulu.com
Mengunjungi benteng fort marlborough bengkulu ini bisa hari apa saja menurutku, karena sudah beberapa kali aku kesana selalu buka terus, tapi saya belum coba masuk benteng ini saat hari senin (takutnya seperti museum yang senin tutup). Harga karcis masuk nya Rp 10.000,- per orang dan kalo bawa motor biaya parkirnya Rp 2.000,- (kalo mobil ga tahu).
Benteng marlborough bengkulu
Makam orang inggris. Sumber: pribadi
Benteng marlborough bengkulu
Prasasti. Sumber: pribadi

Benteng marlborough bengkulu
Prasasti. Sumber: pribadi
Saat masuk di pintu gerbang pertama (tempat beli karcis) Anda akan disambut dengan dua buah pintu yang tertulis bacaan diatas, pintu nya terbuat dari batu. Setelah masuk dari pintu ini, maka Anda akan disambut tiga buah makam (sepertinya orang penting di masa nya) yaitu makam charles murray (meninggal 07 Januari 1808), makam residen thomas parr (meninggal 23 Desember 1807), dan makam robert hamilton (meninggal 15 Desember 1793). Oh iya aku lupa, benteng marlborough ini dua lantai dan terletak di pinggir samudera hindia masih satu jalan dengan pantai panjang atau tepat nya berada di Jalan Benteng, kelurahan kebun keling, kecamatan teluk segara, kota bengkulu, bengkulu 38119. Jika Anda dari bandara fatmawati soekarno tidak lah sulit untuk menuju benteng fort marlborough, Anda tinggal naik taksi kesini atau grab (di bengkulu ada grab loh) dan memakan waktu sekitar 30 menit-an lah dari bandara. Perlu diketahui bersama, Kota bengkulu kota yang nyaman, bebas dari macet, bebas dari polusi udara yang menyebabkan siang harinya saat cuaca cerah pasti langitnya birtu.
Benteng marlborough bengkulu
Ruangan benteng marlborough. Sumber: pribadi
Bangunan benteng marlborough didominasi warna hitam dan putih. Saya tidak tahu bangunan ini bahan perekat nya apa, jelas bangunan ini sudah berusia tua sebab dibangun tahun 1719 (hitung aja sendiri sudah berapa usia nya).
Benteng marlborough bengkulu
Pintu masuk bangunan utama. Sumber: pribadi
Gambar diatas merupakan pintu gerbang masuk bangunan utama benteng marlborough, maklum saja namanya juga benteng (fungsinya untuk pertahanan) jadi pintu nya berlapis-lapis. Sebenarnya tepat di tempat aku berdiri motret foto diatas ada pintu masuk kayu yang sudah dilapis besi dan super berat banget. Aku pernah mencoba menutupnya, kuat sih kuat tapi lumayan juga, hha..
Benteng marlborough bengkulu
Pohon didalam benteng. Sumber: pribadi
Untuk fasilitas nya sendiri benteng marlborough ini bisa dikatakan dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat, tong sampah dimana-mana dan ada toilet juga.
Benteng marlborough bengkulu
Bagian dalam benteng. Sumber: pribadi
Oke sekian dulu berbagi pengalaman nya, silahkan mengunjungi benteng marlborough bengkulu, salah satu wisata sejarah yang ada di kota bengkulu bumi raflesia.

0 Response to "Mengunjungi benteng fort marlborough bengkulu"

Post a Comment

Candi ijo: candi tertinggi di jogja

siluet candi ijo. sumber: pribadi Berbicara mengenai candi, jogja tentu menjadi salah satu daerah dengan jumlah candi yang banyak, salah...