Masjid agung palembang

Masjid agung palembang
Masjid agung palembang. Sumber: pribadi

Masjid Agung Palembang

Sebagai seorang muslim yang tinggal di palembang, tidak afdol rasanya jika belum pernah sholat di Masjid Agung Palembang. Masjid yang menjadi kebanggan warga sumatera selatan ini sudah berdiri sejak masih jaman kesultanan palembang, jadi sudah lama sekali. Masjid ini dibangun oleh Sultan Mahmud badaruddin I Jayo Wikramo pada tahun 1738 dan selesai pada tahun 1748. 

Bangunan ini sudah masuk dalam bangunan cagar budaya nasional indonesia. Arsitektur nya menggabungkan tiga gabungan budaya yaitu arab, china dan melayu/indonesia. Masjid tersebut menjadi salah satu bangunan masjid tertua di indonesia, negara indonesia patut berbangga sebab hingga kini masjid tersebut masih berdiri kokoh dan megah. 

Masjid ini pernah mengalami renovasi pada tahun 2000 dan baru selesai hingga tahun 2003. 
Untuk masuk kesini, biaya parkir nya Rp 2.000,- biaya nitip sepatu Rp 2.000,- juga. Letaknya tidak jauh dari jembatan ampera dan terletak di dekat titik 0 km kota palembang. Ada yang tahu titik 0  km kota palembang? Menurut informasi yang aku dapat, titik 0 nya adalah kantor pos, dan kantor pos terletak tepat di depan masjid. 
Atap masjid agung palembang
Atap masjid agung palembang. Sumber: pribadi

Masjid Jayo wikramo ini memiliki beberapa bangunan yang terpisah-pisah. Satu bagian bangunan utama, disamping kanan nya (dekat tempat berwudhu) ada satu bangunan tempat sholat khusus wanita, serta ada satu bangunan di sisi kiri dan belakang bangunan utama, biasa digunakan untuk sholat jumat atau ibadah dalam jumlah jamaah besar lainnya. 
Bangunan utama masjid agung palembang
Bangunan utama masjid. Sumber: pribadi

Ruang utama didominasi oleh warna hijau dan kuning emas dengan berbagai ukiran khas palembang, pada mimbar dan tempat sholat imam juga demikian. Sajadah di ruang utama ini menurutku sangat lembut dan tebal membuat Anda merasa sangat nyaman diatas sajadah tersebut, selain itu pendingin ruangan di bangunan utama ini juga sangat dingin, sudah beberapa kali aku sholat disini, dan AC nya selalu ngebul, ada asap-asapnya gitu, hhe.. 
Mimbar dan tempat sholat imam masjid agung palembang
Mimbar dan tempat imam. Sumber: pribadi

Mimbar masjid agung palembang
Mimbar. Sumber: pribadi

Tempat imam masjid agung palembang
Tempat imam. Sumber: pribadi
Selain tempat sholat dan mimbar yang dihiasi kaligrafi, jendela bangunan utama juga terbilang unik, penutup jendela nya dibuat ada ukiran-ukiran nya gitu, seperti ini:
Tempat imam masjid agung palembang
Ukiran jendela. Sumber: pribadi
Pintu masuk bangunan utama masjid agung palembang
Pintu masuk bangunan utama. Sumber: pribadi

Bedug masjid agung palembang
Bedug masjid agung. Sumber: pribadi

Sedangkan untuk lampunya menggunakan lampu gantung seperti ini:
Lampu gantung masjid agung palembang
Lampu gantung. Sumber: pribadi

Gambar diatas adalah lampu gantung di ruang utama. 
Saya punya sedikit cerita mengenai ruang utama yang merupakan bangunan awal masjid berbentuk bujur sangkar. Saya punya om, yang kata dia kalo sholat jumat di masjid Sultan Mahmud Badaruddin I Jayo Wikramo tidak dapat di bangunan utama, rasanya tidak afdhol, gitu katanya (ybs sudah berusia sekitar 50 tahun-an). 

Perlu Anda ketahui jika Anda ingin sholat jumat disini dan ingin kebagian di bangunan utama, berarti Anda harus datang sekitar pukul setengah 11, jika Anda datang lebih dari situ, tak mudah untuk dapat sholat jumat di ruang utama. Saat sholat jumat biasanya akan banyak orang berjualan, mulai jual makanan, minyak wangi, peralatan sholat, kurma, dsb. Jadi ada banyak aktifitas disini saat tiba hari jumat. 

Oke lanjut ke ruang kedua. Oh iya, perlu diketahui masjid ini  terdiri dari tiga lantai di bangunan kedua nya, berbeda dengan ruang utama yang hanya satu lantai. Di lantai kedua juga terdapat perpustakaan, serta warna dan arsitekturnya sangat kontras dengan ruang utama. ruang kedua didominasi oleh warna putih dan arsitektur bangunan bergaya eropa. 
Tangga naik lantai 2 masjid agung palembang
Tangga naik lantai 2. Sumber: pribadi
 Ada dua buah tangga di bangunan tersebut di sisi kiri dan kanan bangunan kedua. Kedua tangga nya dibuat melingkar.
Perpustakaan masjid agung palembang
Perpustakaan masjid agung palembang. Sumber: pribadi

Masjid agung palembang
Lantai 1 bangunan kedua. Sumber: pribadi

Di ruang kedua biasanya tidak terlalu ramai seperti ruang utama, hanya ada beberapa orang yang sholat atau sekedar mengaji disini. Pada sisi kanan ada tempat sholat khusus wanita, tapi ntah kenapa pas saya hunting disini ada juga pria yanh sholat di tempat sholat khusus wanita. 
Masjid agung palembang
Tempat sholat wanita. Sumber: pribadi

Disamping tempat sholat wanita inilah berada tempat wudhu. Selain tempat wudhu di sebelah tempat sholat wanita, ada juga tempat wudhu di sekeliling air mancur di dekat parkiran dan ada juga tempat wudhu disekitar tempat penitipan sendal. 

Di dekat tempat wudhu samping tempat sholat khusus wanita, ada ruangan pengurus masjid. Saat sholat idul fitri dan idul adha, biasanya sholat ied di masjid tersebut bisa sampe ke dekat ampera jamaah nya, jadi jalan raya sudah digarisin putih sebagai tanda shaf. Sholat ied disini juga biasanya selalu diliput oleh media nasional indonesia.

Lampu gantung dan langit-langit ruang kedua terlihat sangat modern, penampakan nya sebagai berikut: 
Lampu gantung bangunan kedua masjid agung palembang
Lampu gantung bangunan kedua. Sumber: pribadi

Langit-langit masjid agung palembang
Langit-langit bangunan kedua. Sumber: pribadi

Ada sedikit cerita mengenai langit-langit masjid. Fotoku pernah dimuat di harian kompas loh. Silahkan cek di instagram ku di @rahmatandriansa kalo ga percaya, hhe.. 
Sajadah bangunan kedua masjid agung palembang
Sajadah masjid agung. Sumber: pribadi
Okelah sekian dulu share nya, semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Masjid agung palembang"