Melihat isi dalam masjid agung palembang

Masjid agung palembang
Masjid agung palembang. Sumber: pribadi
Sebagai seorang muslim yang tinggal di palembang, tidak afdol rasanya jika belum pernah sholat di Masjid Agung Palembang. Masjid dengan arsitektur gabungan tiga budaya ini (arab, china dan melayu) sudah berdiri sejak masih jaman kesultanan palembang, jadi sudah lama sekali. Untuk mengetahui sejarahnya, silahkan cari tempat lain saja, karena saya hanya akan membahas beberapa bagian isi dalam masjid.
Untuk masuk ke masjid agung palembang, biaya parkir nya Rp 2.000,- biaya nitip sepatu Rp 2.000,- juga. Letak masjid agung palembang terletak tidak jauh dari jembatan ampera dan terletak di dekat titik 0 km kota palembang. Ada yang tahu titik 0  km kota palembang? Menurut informasi yang aku dapat, titik 0 nya adalah kantor pos, dan kantor pos terletak tepat di depan masjid agung palembang.
Atap masjid agung palembang
Atap masjid agung palembang. Sumber: pribadi
Masjid agung palembang memiliki beberapa bangunan yang terpisah-pisah. Satu bagian bangunan utama, disamping kanan nya (dekat tempat berwudhu) ada satu bangunan tempat sholat khusus wanita, serta ada satu bangunan di sisi kiri dan belakang bangunan utama, biasa digunakan untuk sholat jumat atau ibadah dalam jumlah jamaah besar lainnya.
Bangunan utama masjid agung palembang
Bangunan utama masjid. Sumber: pribadi
Bangunan utama masjid agung palembang didominasi oleh warna hijau dan kuning emas dengan berbagai ukiran khas palembang, pada mimbar dan tempat sholat imam juga demikian. Sajadah di bangunan utama ini menurutku sangat lembut dan tebal membuat Anda merasa sangat nyaman diatas sajadah tersebut, selain itu pendingin ruangan di bangunan utama ini juga sangat dingin, sudah beberapa kali aku sholat di masjid agung palembang ini, dan AC nya selalu ngebul, ada asap-asapnya gitu, hhe..
Mimbar dan tempat sholat imam masjid agung palembang
Mimbar dan tempat imam. Sumber: pribadi

Mimbar masjid agung palembang
Mimbar. Sumber: pribadi

Tempat imam masjid agung palembang
Tempat imam. Sumber: pribadi
Selain tempat sholat dan mimbar yang dihiasi kaligrafi, jendela bangunan utama juga terbilang unik, penutup jendela nya dibuat ada ukiran-ukiran nya gitu, seperti ini:
Tempat imam masjid agung palembang
Ukiran jendela. Sumber: pribadi
Pintu masuk bangunan utama masjid agung palembang
Pintu masuk bangunan utama. Sumber: pribadi

Bedug masjid agung palembang
Bedug masjid agung. Sumber: pribadi

Sedangkan untuk lampunya menggunakan lampu gantung seperti ini:
Lampu gantung masjid agung palembang
Lampu gantung. Sumber: pribadi
Gambar diatas adalah lampu gantung di bangunan utama.
Saya punya sedikit cerita mengenai bangunan utama ini yang merupakan bangunan awal masjid agung palembang yang berbentuk bujur sangkar. Saya punya om, yang kata dia kalo sholat jumat di masjid agung palembang tidak dapat di bangunan utama, rasanya tidak afdhol, gitu katanya (ybs sudah berusia sekitar 50 tahun-an). Perlu Anda ketahui jika Anda ingin sholat jumat di masjid agung palembang dan kebagian di bangunan utama, berarti Anda harus datang ke masjid agung palembang sekitar pukul setengah 11, jika Anda datang lebih dari situ, tidak mudah untuk dapat sholat jumat di bangunan utama ini. Saat sholat jumat, di masjid agung palembang biasanya akan banyak orang berjualan, mulai jual makanan, minyak wangi, peralatan sholat, kurma, dsb. Jadi ada banyak aktifitas di masjid agung palembang ini saat tiba hari jumat (sayangnya aku tidak punya foto-foto sholat jumat nya 😥).

Oke lanjut ke bangunan kedua. Oh iya, perlu diketahui masjid agung palembang ini tiga lantai di bangunan kedua nya, berbeda dengan bangunan utama yang hanya satu lantai. Di lantai kedua juga terdapat perpustakaan. Untuk bangunan kedua, warna dan arsitektur bangunan sangat kontras dengan bangunan utama. Di bangunan kedua masjid agung didominasi oleh warna putih dan arsitektur bangunan bergaya modern.
Tangga naik lantai 2 masjid agung palembang
Tangga naik lantai 2. Sumber: pribadi
 Ada dua buah tangga di bangunan tersebut di sisi kiri dan kanan bangunan kedua. Kedua tangga nya dibuat melingkar.
Perpustakaan masjid agung palembang
Perpustakaan masjid agung palembang. Sumber: pribadi

Masjid agung palembang
Lantai 1 bangunan kedua. Sumber: pribadi
Di bangunan kedua ini biasanya tidak terlalu ramai seperti bangunan utama, hanya ada beberapa orang yang sholat atau sekedar mengaji disini. Bangunan kedua sisi kanan ada tempat sholat khusus wanita. Sesuai namanya, tempat sholat ini memang khusus wanita, tapi ntah kenapa pas saya hunting di masjid agung palembang ini ada juga pria yanh sholat di tempat sholat khusus wanita ini.
Masjid agung palembang
Tempat sholat wanita. Sumber: pribadi
Disamping tempat sholat wanita inilah berada tempat wudhu. Selain tempat wudhu di sebelah tempat sholat wanita, ada juga tempat wudhu di sekeliling air mancur di dekat parkiran dan ada juga tempat wudhu disekitar tempat penitipan sendal. Di dekat tempat wudhu samping tempat sholat khusus wanita, ada ruangan pengurus masjid. Kalau aku tidak salah lihat, bacaan nya "Yayasan Masjid Agung Palembang" di depan ruangan pengurus masjid agung palembang. Oh iya lupa, saat sholat idul fitri dan idul adha, biasanya sholat ied di masjid agung palembang ini bisa sampe ke dekat ampera jamaah nya, jadi jalan raya sudah digarisin putih sebagai tanda shaf.
Lampu gantung dan langit-langit bangunan kedua terlihat sangat modern, ini penampakan nya:
Lampu gantung bangunan kedua masjid agung palembang
Lampu gantung bangunan kedua. Sumber: pribadi

Langit-langit masjid agung palembang
Langit-langit bangunan kedua. Sumber: pribadi
 Ada sedikit cerita mengenai langit-langit masjid agung palembang ini. Fotoku ini pernah dimuat di harian kompas loh. Silahkan cek di instagram ku di @rahmatandriansa kalo ga percaya, hhe..
Sajadah bangunan kedua masjid agung palembang
Sajadah masjid agung. Sumber: pribadi
Okelah sekian dulu share nya, semoga bermanfaat

0 Response to "Melihat isi dalam masjid agung palembang"

Post a Comment

memotret menggunakan flash

Memotret menggunakan flash eksternal. Sumber: pribadi kali ini saya akan berbagi mengenai cara memotret menggunakan flash, flash yang di...