berwisata ke kampung kapitan

Berwisata ke kampung kapitan
Kampung kapitan. Sumber: pribadi
Kampung kapitan adalah nama salah satu komplek perkampungan yang menurut sejarah dulu merupakan tempat perkampungan cina pada masa nya.
Kampung kapitan ini sendiri terletak di wilayah 7 ulu, palembang. Akses ke kampung kapitan sendiri tidaklah sulit, pertama Anda bisa masuk dari wilayah pasar 7 ulu atau yang lebih enak Anda bisa masuk dari wilayah belakang restoran kampung kapitan yang terletak di pinggir sungai musi seberang benteng kuto besak.
Saran ku jika Anda ingin berwisata ke kampung kapitan, sebaiknya saat ada event saja, karena jika tidak ada event sepertinya tidak ada apa-apa disini, hanya beberapa rumah tua yang katanya sudah berusia lebih kurang 400 tahun.
Berwisata ke kampung kapitan
Sejarah kampung kapitan. Sumber: pribadi
Saat berwisata ke kampung kapitan, maka Anda akan menemui papan sejarah kampung kapitan seperti gambar diatas. Jika tidak terbaca saya akan menuliskannya ulang untuk Anda.

Legenda Kampung Kapitan
Kampung kapitan merupakan komplek perumahan seluas 165,9 x 85,6 meter, berada di tengah pemukiman padat di tepi sungai musi dan tepat berseberangan dengan Benteng Kuto Besak. Kampung kapitan adalah pemukiman khas etnis cina dan keluarganya.

Bangunan inti dari kediaman kapitan ini meliputi tiga buah rumah yang terdiri dari 2 buah rumah tinggal yang mengapit rumah utama tempat diadakannya pesta dan pertemuan.

Saat ini bangunan yang berusia lebih kurang 400 tahun itu sayangnya berada dalam kondisi agak kurang terurus, baik di bagian luar maupun dalam interior bangunannya. Peninggalan kuno yang masih dapat ditemui hanyalah meja abu, altar sembahyang dan beberapa foto kapitan.

Awal munculnya kampung kapitan adalah pada saat runtuhnya kerajaan sriwijaya pada abad XI dan munculnya Dinasti Ming (cina) pada abad XIV. Pada masa itu kerajaan cina membentuk lembaga dagang yang salah satunya berpusat di palembang, sehingga banyak pedagang cina yang kemudian menetap dan menikah dengan gadis palembang. Salah satu kepala kantor dagang cina yang terkenal adalah Liang Taow Ming.

Di masa kolonial belanda mengangkat perwira cina berpangkat mayor untuk mengatur wilayah 7 ulu yang dikenal dengan mayor temenggung dan mayor putih. Setelahnya jabatan itu diwariskan turun temurun kepada pewarisnya hingga akhirnya dijabat oleh Tjun Kie Cuan (1830) dan kemudian diteruskan oleh putranya yaitu Tjun Ham Hin yang diangkat menjadi kapitan cina pada tahun 1855

Semula kampung kapitan ini merupakan komplek pemukiman yang terdiri atas beberapa bangunan. Namun, saat ini yang tersisa hanyalah 2 bangunan rumah, bekas gudang (rumah karet), jalan menuju dermaga dan tembok keliling. Kedua rumah yang tersisa berbentuk rumah panggung yang dipadukan dengan gaya kolonial.

Palembang,    oktober 2011
PNPM Mandiri pariwisata tahun 2011
Kota Palembang

Okelah diatas adalah sejarah nya, kembali ke berwisata ke kampung kapitan. Untuk berwisata ke kampung kapitan Anda tidak perlu membayar karcis masuk, Anda hanya perlu membayar parkir apabila membawa kendaraan. Akses kesini bisa menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil atau motor atau bisa juga menggunakan getek (sejenis perahu bermesin tempel) dari Benteng Kuto Besak yang letaknya berseberangan dengan kampung kapitan.

Berwisata ke kampung kapitan
Bermain di kampung kapitan. Sumber: pribadi

Berwisata ke kampung kapitan
Bermain di kampung kapitan. Sumber: pribadi
Gambar-gambar diatas adalah anak-anak yang memainkan permainan tradisional di kampung kapitan. Jujur saja ini hanya terjadi saat ada event saja. Foto-foto diatas aku ambil saat berwisata ke kampung kapitan bulan maret 2018 kalo tidak salah saat perayaan imlek. Aku sudah beberapa kali kesana, jika tidak ada event maka tidak akan ada hal-hal yang seperti diatas, kampung kapitan cenderung sepi, biasanya lokasi ini dijadikan tempat pemotretan model.
Berwisata ke kampung kapitan
Motor, sepeda dan baju kapitan. Sumber: pribadi

Berwisata ke kampung kapitan
Barang koleksi kapitan. Sumber: pribadi

Berwisata ke kampung kapitan
Koleksi kapitan. Sumber: pribadi

Berwisata ke kampung kapitan
Koleksi kapitan. Sunber: pribadi
Nah diatas adalah koleksi-koleksi kapitan yang ada di dalam rumah. Ketika Anda berwisata ke kampung kapitan saat ada event, Anda juga bisa menemui banyak penjual makanan disini, berbagai pertunjukan juga sering digelar disini seperti tarian, drama dan sebagainya.
Berwisata ke kampung kapitan
Pengnjung kampung kapitan. Sumber: pribadi

Berwisata ke kampung kapitan
Pengunjung kampung kapitan. Sumber: pribadi
Anak-anak diatas meminta foto kepadaku saat aku masuk kedalam rumah dan aku jadi lupa untuk memotret altar sembahyang nya. Background tempat anak-anak diatas berpose adalah altar sembahyang yang kumaksud.
Berwisata ke kampung kapitan
Lorong masuk kampung kapitan. Sumber: pribadi
Gambar diatas adalah lorong masuk kampung kapitan yang dari arah belakang restoran kampung kapitan.

Berwisata ke kampung kapitan
Tampak depan rumah kampung kapitan. Sumber: pribadi
Nah, gambar diatas adalah tampak depan rumah kedua dari bangunan utama (foto pertama diatas). Nah biasanya disekitar sini banyak orang melakukan sesi foto model.

Okelah sekian dulu share pengalaman berwisata ke kampung kapitan. Menurutku tidak terlalu banyak yang bisa dieksplor saat berwisata ke kampung kapitan, kampung kapitan adalah rumah tua peninggalan kapitan cina.


0 Response to "berwisata ke kampung kapitan"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...