berkunjung ke museum zainal songket palembang

toko zainal songket
gambar I. Zainal Songket Palembang. sumber: Indonesiakaya.com
jadi tempo hari saya iseng berkunjung ke Zainal Songket, saya datang kesana karena saya dapat informasi disana ada disimpan beberapa kain songket dari abad 18. Zainal Songket adalah nama salah satu tempat jualan kain songket khas palembang, sesuai namanya tokonya, pemilik zainal songket namanya adalah Zainal Arifin.
pemilik zainal songket
gambar II. pemilik zainal songket. sumber: weddingku.com
saya tidak tahu kapan toko ini mulai buka, yang jelas terkenal aja kalo di Palembang, hha... Alamat Zainal Songket sendiri berada di Jalan Ki Gede Ingsuro No.173, 32 Ilir, Ilir Bar. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30135, lengkap tu alamatnya aku kasih, soalnya copas dari google. Sebenarnya ada banyak toko songket lainnya disekitaran Zainal Songket, karena Zainal Songket memang berada kawasan pengrajin songket berada. Kalo bingung dimana Zainal Songket berada, lokasi nya tu kalo dari Benteng Kuto Besak, misal Anda menghadap ke sungai musi saat di Benteng Kuto Besak, maka hadap kanan saja dan jalan aja terus lurus ke arah pasar Sekanak, sampe pasar sekanak jalan lagi, ntar pasti ketemu zainal songket di kiri jalan (hha..bercanda, capek kalo jalan kaki, bisa 2-3 kiloan dari Benteng Kuto Besak.

oh iya, ada yang belum tahu kain songket? kain songket adalah kain khas palembang, biasanya ditenun, kalo dulu katanya sih dipake nya cuma sama bangsawan atau orang kerajaan, tapi seiring berjalannya waktu, semua bisa pakai. untuk harga kain songket sendiri bervariasi, di Zainal Songket kalo ga salah dapat informasi, harganya berkisar dari Rp 700.000,- hingga Rp 30.000.000,- an. oke lah skip cerita songket nya, tujuan ane ke Zainal Songket adalah untuk motret songket yang katanya ada dari abad ke-18, emejing..

Di Zainal Songket, selain jualan songket, di bawah tokonya juga ada museum songketnya, nah kali ini saya akan menginfokan beberapa kain songket yang aku potret di Museum Zainal Songket:

koleksi museum zainal songket
gambar III. koleksi museum zainal songket. sumber: pribadi
 diatas adalah baju kebaya dan sepertinya alat-alat pernikahan adata palembang, saya ga tahu namanya apa aja, hha..
alat pembuat songket
gambar IV. alat pembuat songket. sumber: pribadi

songket limar mentok tahun 1732
gambar V. songket limar mentok tahun 1732. sumber: pribadi

songket limar Tetes Mider
gambar VI. songket limar Tetes Mider. sumber: pribadi

songket lepus bintang rakam tahun 1810
gambar VII. songket lepus bintang rakam tahun 1810. sumber: pribadi

meja makan taplak kain songket
gambar VIII. meja makan taplak kain songket. sumber: pribadi

songket koleksi zainal songket
gambar IX. kain songket koleksi zainal songket. sumber: pribadi

songket limar sumping
gambar X. songket limar sumping. sumber: pribadi

songket lepus cik sina
gambar XI. songket lepus cik sina. songket lepus cik sina. sumber: pribadi

museum zainal songket
gambar XII. museum zainal songket. sumber: pribadi

songket koleksi museum zainal songket palembang
gambar XIII. songket koleksi museum zainal songket palembang. sumber: pribadi

songket koleksi zainal songket
gambar XIV. songket koleksi zainal songket. sumber: pribadi

songket koleksi zainal songket
gambar XV. songket koleksi zainal songket. sumber: pribadi

songket koleksi zainal songket
gambar XVI. songket koleksi zainal songket. sumber: pribadi

songket tertua tahun 1701
gambar XVII. songket tertua di museum zainal songket palembang tahun 1701. sumber: pribadi
 nah, gambar diatas adalah songket tertua yang ada di museum zainal songket palembang. sayangnya songket nya sudah disimpan dalam lemari kaca, jadi tidak bisa saya foto secara baik. songket tersebut katanya sih dari tahun 1701, untuk motifnya sendiri saya tidak tahu nama motifnya apa.

koleksi museum zainal songket palembang
gambar XVIII. koleksi museum zainal songket palembang. sumber: pribadi

songket lepus bintang tahun 1757
gambar XIX. songket lepus bintang tahun 1757. sumber: pribadi
 selain menyimpan kain soengket tua, di toko zainal songket juga terdapat tempat pembuatan songket itu sendiri. tempat pembuatan songket berada di lantai bawah juga, ada beberapa orang pekerja disana, berikut adalah beberapa foto para pengrajin songket di Zainal Songket Palembang:

pengrajin songket zainal songket palembang
gambar XX. pengrajin songket. sumber: pribadi

pengrajin songket
gambar XXI. pengrajin songket. sumber: pribadi
 untuk pengerjaan songketya sendiri saya tidak tahu, karena saya agak malu bertanya, hha..inilah kadang tantangan nya ketika mendatangi suatu tempat untuk mengambil foto, mungkin orang yang melihat foto ini akan berkata "ah fotonya biasa aja!" memang benar menurutku juga foto-fotonya biasa aja, tapi yang luar biasa adalah perjuangan untuk datang kesana. sebab itu adalah toko songket, museum songket itu terletak satu lokasi dengan tokonya, jadi kebanyakan orang yang datang kesana, adalah untuk membeli songket, nah sekalian lihat museum nya, sementara aku terbalik, aku hanya ingin mengambil gambar, bukan membeli. jadi pas datang kesana, mereka langsung bilang, "silahkan pak dilihat-lihat songketnya!" terus aku bilang "maaf mbak, saya hanya mau lihat museumnya, boleh?" mbaknya menjawab "boleh". mungkin hal itu terlihat biasa saja, tapi aku orangnya agak pemalu, jadi agak segan aja kalo cuma foto-foto, hha.. tapi untungnya penampilan saya sopan dan gak kayak anak alay, jadi saya dikira wartawan atau wisatawan gitu, hha..padahal saya mah asli dari palembang. mbaknya nanya, "darimana mas?" saya jawab "dari batam mbak" oh wisatawan mungkin gitu kali ya pikir mbaknya, langsung saja si pemilik menyuruh asisten nya untuk mengantarku keliling musem zainal songket. oh iya, masuk museum zainal songket itu gratis loh, hanya saja kita agak sungkan masuk kalo ga beli, secara itu toko songket, hha..museum nya itu hanya sambilan aja menurutku, jadi museum zainal songket itu eksklusif menurutku, ntahlah kenapa tidak dibuat terpisah dari tokonya, ntah si empunya memang ingin membuat nya eksklusif, atau memang belum terpikirkan untuk memisahkan museum itu dari tokonya (maksudku bangunan museum nya dibuat di tempat berbeda).

okelah sekian dulu sharenya, postingan ini hanya sekedar mengedukasi masyarakat mengenai jenis-jenis kain songket, see you!



0 Response to "berkunjung ke museum zainal songket palembang"

Post a Comment

Pengalaman menginap di hotel bil baturaja

Hotel bil baturaja Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya menginap di hotel bil baturaja. Mungkin ada yang bingung Apa itu Hotel ...